Mengundang Roh Kudus Masuk Dalam Keluarga [RESIKA]

BACAAN HARI INI
Roma 8:18-30

RHEMA HARI INI
Roma 8:28 Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.

Bukan dengan nama singa yang mempunyai kemampuan berburu paling mematikan, sehingga dijuluki raja hutan, atau elang yang sanggup terbang dengan kecepatan ratusan kilometer per jam, Tuhan Yesus seringkali menyebut umat-Nya sebagai domba. Domba adalah hewan yang lemah dan sangat tergantung pada gembalanya. Untuk dapat bertahan hidup, domba perlu instruksi, perlindungan dan pemeliharaan gembalanya. Dan Sang Gembala yang dimaksud adalah Tuhan Yesus, yang telah menganugerahkan Roh-Nya yang Kudus dalam hati setiap kita yang percaya.

Roh Kudus itulah yang menolong, memberi kita petunjuk dan hikmat dalam setiap langkah kehidupan kita. Jika kita belajar untuk dengar-dengaran dan taat pada tuntunan Roh Kudus, niscaya kita akan selalu berjalan dalam kebenaran. 2 Timotius 1:14 berkata, “Peliharalah harta yang indah, yang telah dipercayakan-Nya kepada kita, oleh Roh kudus yang diam di dalam kita.” Dan keluarga kita adalah harta terindah yang telah Tuhan anugerahkan dan percayakan kepada kita.

Seperti halnya barang berharga dan bernilai tinggi, tentu diperlukan perawatan yang spesial dan tidak sembarangan. Untuk itulah kita perlu bantuan Roh Kudus. Jika hanya mengandalkan kekuatan, ide dan pengertian kita yang terbatas, maka kita akan dengan segera menemui kegagalan. Sebab keluarga terdiri dari berbagai individu yang masing-masing begitu unik dan kompleks. Untuk itu kita perlu mengundang Roh Kudus untuk masuk dalam keluarga kita. Dia akan dengan senang hati menolong kita memelihara dan merawat keluarga yang telah Tuhan percayakan pada kita. Dengan hikmat dari Roh Kudus, keluarga sesulit apapun, akan bisa dipulihkan kembali. Sukacita, damai sejahtera, kesehatan, berkat keuangan bahkan umur panjang, akan Tuhan tambahkan bagi keluarga kita saat kita bersungguh-sungguh menanggapi panggilan-Nya sebagai penjaga dan penyelamat keluarga.

RENUNGAN
Agar kita bisa MERAWAT KELUARGA dengan PERTOLONGAN ROH KUDUS, kita perlu MENGUNDANG-NYA MASUK dalam keluarga kita.

APLIKASI
1. Bagaimana cara Anda merawat keluarga Anda selama ini? Sudahkah Anda mengundang Roh Kudus untuk masuk dalam keluarga Anda?
2. Petunjuk dan hikmat apa yang Anda dapatkan dari Roh Kudus untuk merawat keluarga Anda?
3. Sudahkah Anda mentaatinya? Apa yang terjadi dalam keluarga Anda saat Anda mentaati hikmat dan petunjuk dari Roh Kudus?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa, terimakasih Engkau telah mengingatkan kamu betapa pentingnya hadirat-Mu dalam keluarga kami. Kami mau mengundang Roh Kudus untuk masuk dalam keluarga kami. Sebab hanya dengan pertolongan Roh Kuduslah keluarga kami akan menerima pemulihan. Masuk dan bekerjalah ya Roh Kudus, kami siap mendengar dan mentaati petunjuk-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus Kristus kami berdoa. Amin.