TANGGUH ADALAH SEKALIPUN TAKUT TETAPI TIDAK MENYERAH [RESIKA]

BACAAN HARI INI
Roma 8:1-17

RHEMA HARI INI
Roma 8:15a Sebab kamu tidak menerima roh perbudakan yang membuat kamu menjadi takut lagi, tetapi kamu telah menerima Roh yang menjadikan kamu anak Allah.

Seekor siput hampir saja menyerah saat banjir menerjang. Serbuan air yang cukup deras membuat siput itu hampir terbalik, ia ketakutan sekali tapi ia terus mempertahankan diri sekuat tenaga. Siput itu sangat lelah karena cangkangnya sungguh berat dirasa dalam terjangan air banjir. Sampai akhirnya siput terdampar di tanah kering. Akan tetapi hidupnya belumlah aman. Ancaman binatang yang lapar dan lebih besar darinya, juga injakan kaki manusia tetap ada. Tapi berkat kekuatan cangkangnya, siput itu berhasil selamat dari tikaman binatang, dan kegigihannya merayap terus untuk mencari tempat yang aman membuatnya selamat dari manusia yang tidak sengaja menginjaknya.

Seperti kisah siput diatas, sama halnya dengan hidup manusia. Perjalanan hidup kita memang tidaklah mudah. Ada begitu banyak tantangan yang berat, bahkan kita harus melewati arus yang sama sekali tidak kita inginkan. Ada saat-saat dimana keadaan seakan memaksa diri kita untuk menyerah. Terlebih dalam situasi seperti saat ini, dimana pandemi yang menyerang seluruh dunia sangat berdampak dalam hidup kita. Namun jutsru dalam kondisi seperti inilah iman yang kita miliki adalah kekuatan kita satu-satunya.

Kita tidak diciptakan untuk menyerahkan hidup kita pada dunia. Kita tidak dirancang untuk mudah takut dan menyerah. Miliki keyakinan akan kekuatan Roh Kudus sebagai sumber ketahanan kita. Ketahanan atas finansial kita, atas keluarga kita, atas kesehatan kita, atas apapun dalam segala aspek kehidupan kita. Sekalipun dalam menghadapi tantangan, kita mungkin merasa takut dan khawatir, namun jangan sekalipun kita menyerah. Tetaplah berusaha dan bersandar sepenuhnya pada Tuhan. Inilah yang dinamakan TANGGUH. Percaya bahwa Roh Kudus yang ada di dalam kita lebih besar dari roh apapun yang ada di dunia ini. Dan lihatlah bagaimana kekuatan dari sorga akan memampukan kita mengatasi segala sesuatu.

RENUNGAN
TANGGUH bukan berarti tidak takut, tetapi tangguh adalah SEKALIPUN TAKUT tetapi TIDAK MENYERAH.

APLIKASI
1. Hal apa yang saat ini membuat Anda merasa takut dan khawatir?
2. Apa yang Anda rasakan ketika Anda memilih untuk percaya pada kekuatan Roh Allah yang ada dalam diri kita?
3. Langkah-langkah apa yang Anda ambil agar Anda menjadi seorang yang tangguh dan tidak mudah menyerah?

DOA UNTUK HARI INI
Tuhan Yesus kami sungguh bersyukur atas Roh Kudus yang Engkau berikan di tengah kami. Kami percaya oleh karena kekuatan Roh-Mu lah kami akan tampil sebagai pribadi yang tangguh dan tidak mudah menyerah sekalipun kami menghadapi berbagai tantangan. Terima kasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.