Instruksi Yang Jelas Untuk Terobosan Besar [RESIKA]

BACAAN HARI INI

Mazmur 31:1-25

RHEMA HARI INI

Mazmur 31:4-5 Sebab Engkau bukit batuku dan pertahananku, dan oleh karena nama-Mu Engkau akan menuntun dan membimbing aku. Engkau akan mengeluarkan aku dari jaring yang dipasang orang terhadap aku, sebab Engkaulah tempat perlindunganku.

Bagai kegelapan yang tiba-tiba menyergap saat mati lampu, tidak ada yang dapat menduga kapan suatu musibah datang. Tahun 1998 adalah salah satu sejarah kelam bagi bangsa kita, Indonesia. Kerusuhan terjadi di berbagai kota. Di masa-masa itulah, di suatu pagi di kota Solo, atas petunjuk Tuhan, GBI Keluarga Allah mengadakan aksi sosial bagi masyarakat sekitar. Siapa sangka, siang harinya kerusuhan pecah. Di mana-mana terjadi kekacauan dan pembakaran. Namun, saat massa rusuh menghampiri gedung gereja, masyarakat sekitar maju dan membentengi gereja. Mereka mengusir massa dan menyuruh mereka lewat saja. Gereja kita pun diluputkan.

Hari minggunya, sementara gereja lain tutup, Keluarga Allah tetap mengadakan ibadah. Jemaat yang datang separuh dari biasanya. Namun, dari minggu ke minggu, kursi-kursi mulai terisi penuh dengan cepat. Gereja mengalami pertumbuhan pesat. Di tengah kegelapan, justru terjadi pertobatan jiwa besar-besaran dan terang kemuliaan Tuhan dinyatakan.

Hari-hari ini pun, meski dalam bentuk berbeda, kekelaman kembali meliputi bangsa kita Indonesia. Bahkan tak pernah dalam sejarah umat manusia, seluruh bumi diliputi kegelapan yang menyeluruh. Tak ada yang siap menghadapinya dan ketakutan melumpuhkan berbagai sektor hidup kita. Inilah kenyataan yang mau tak mau harus kita hadapi. Namun, sebagai anak Tuhan, kita harus menyadari ‘kenyataan’ lainnya. Bahwa di balik realitas jasmani, ada realitas rohani. Justru di tengah kegelapan paling pekatlah, terang kemuliaan Tuhan akan bersinar semakin nyata. Tanyakan instruksi-Nya yang jelas bagi kita dan bangkitlah menjadi terang bagi sekitar kita. Kerjakan mandat-Nya dengan taat. Bebaskan bangsa kita dari kegelapan. Percayalah, Tuhan masih pegang kendali. Dia tahu akhir cerita babak kehidupan bumi yang satu ini. Dia akan menuntun kita keluar dari jaring-jaring kekelaman yang dipasang musuh dan menegakkan kita di tanah yang lapang. Sebab Dia adalah Allah yang setia dan berlimpah kebaikan-Nya. (MV.L)

RENUNGAN

ROH KUDUS bisa memberi INSTRUKSI YANG JELAS supaya kita mengalami TEROBOSAN BESAR.

APLIKASI

1.    Kegelapan atau kekuatiran apakah yang meliputi Anda hari-hari ini?
2.    Mengapa Anda perlu mendapatkan instruksi yang jelas dari Roh Kudus atas kondisi yang Anda alami?
3.    Bagaimana Anda bisa mendapatkan instruksi yang jelas dari Tuhan?

DOA UNTUK HARI INI

Bapa yang baik, kegelapan boleh meliputi bumi ini, tapi kami percaya, terang-Mu akan datang atas kami. Kami serahkan segala kecemasan dan ketakutan kami ke dalam tangan-Mu. Kami percaya, Engkaulah yang memelihara dan melindungi kami. Bangkitkanlah kami, Tuhan, untuk menjadi terang-Mu di mana pun kami berada saat ini. Biarlah di tengah kegelapan dan keputusasaan, orang-orang bisa menemukan terang-Mu yang membawa pengharapan serta kedamaian ke dalam hidup mereka. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.