Daya Tahan Tanpa Batas [RESIKA]

BACAAN HARI INI
Kisah Para Rasul 20:17-39

RHEMA HARI INI
Kisah Para Rasul 20:22 Tetapi sekarang sebagai tawanan Roh aku pergi ke Yerusalem dan aku tidak tahu apa yang akan terjadi atas diriku di situ

Dalam kitab Perjanjian Baru, khususnya injil Matius, Markus, Lukas dan Yohanes, ada sesosok karakter yang penuh dengan kuasa. Lembut, penuh belas kasihan, selalu siap untuk menolong dan melayani. Dia kuat dalam berdoa, cakap dalam memuridkan dan yang terutama, sosok ini SANGAT TANGGUH. Walaupun Dia tahu apa yang menanti di depan-Nya sangat menakutkan dan sebetulnya tidak tertanggungkan dalam tubuh manusia-Nya, namun tak sekalipun Dia undur dari kehendak Bapa-Nya. Di dera dan di siksa sampai diluar peri kemanusiaan, Dia tetap tak bergeming. Hingga para penyiksa-Nya heran dan takut sendiri, melihat-Nya seolah memiliki daya tahan tanpa batas. Ya, Dialah Tuhan kita Yesus Kristus.

Begitupun dengan rasul Paulus, meskipun ia tahu bahwa ia akan menghadapi penjara dan sengsara jika ia terus nekat memberitakan injil, tapi Paulus tidak pernah menyerah ataupun undur selangkahpun. Ia bahkan menyongsong semua itu dengan KEKUATAN PENUH. Hatinya tak menjadi ciut dan ketakutan tidak bisa melumpuhkannya, dengan gagah Paulus menghadapi semua resiko dan tantangan dalam pemberitaan injil. Rahasia kekuatan dan daya tahan Yesus dan Paulus adalah karena mereka melewati semua itu sebagai TAWANAN ROH. Dalam bahasa Inggris ditulis ‘BOUND IN THE SPIRIT’ atau terikat dalam roh. Baik Yesus maupun Paulus memiliki keterikatan yang sangat kuat dengan Roh Kudus. Tak heran mereka tidak gentar menghadapi segala kesengsaraan yang menunggu di depan mereka.

Kita tidak tahu sampai kapan krisis ini akan berlalu. Melihat dan memprediksi gejala-gejala yang ada, bisa jadi yang menanti di depan kita lebih parah lagi. Tapi kabar baiknya adalah, Roh yang sama, yang telah memberi Yesus maupun Paulus kekuatan dan ketahanan tanpa batas, telah dicurahkan dan tinggal dalam kita semua yang percaya kepada-Nya. Saat kita menyadari dan percaya pada Roh Kudus, maka kuasa dan kekuatan-Nya yang tanpa batas akan termanifestasi secara nyata dalam hidup kita. Berusahalah untuk menerima kepenuhan Roh Kudus sampai di level ‘bound in the spirit’. Dalam keterikatan kita dengan Roh Allah, kita tidak akan gentar. Dengan penuh keberanian kita akan menghadapi masa depan, sebab kita tahu kita akan bertahan dan keluar sebagai pemenang bersama dengan Tuhan.

RENUNGAN
Hanya saat kita TERIKAT DALAM ROH, maka kita bisa memiliki DAYA TAHAN TANPA BATAS.

APLIKASI
1. Bagaimana hubungan Anda dengan Roh Kudus saat ini?
2. Apa yang dimaksud terikat dengan Roh Kudus atau menjadi tawanan Roh?
3. Apa langkah yang akan Anda ambil agar Anda semakin terikat dengan Roh Kudus?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa, kami mengucap syukur atas Roh Kudus-Mu yang telah kau curahkan atas kami. Penuhi kami Bapa, penuh sampai meluber dengan Roh-Mu. Jadikan kami tawanan Roh Kudus-Mu, kami mau terikat erat kepada Roh-Mu seperti Paulus. Kami perlu keberanian, kekuatan dan daya tahan tanpa batas saat ini Bapa. Dan kami percaya, kami telah menerimanya. Terima kasih Bapa, di dalam nama Tuhan Yesus Kristus kami berdoa. Amin.