MEMUJI DAN MENYEMBAH TUHAN DALAM SEGALA KEADAAN [RESIKA]

BACAAN HARI INI
Mazmur 103:1-22

RHEMA HARI INI
Mazmur 103:2 Pujilah TUHAN, hai jiwaku, dan janganlah lupakan segala kebaikan-Nya!

Bagas sejenak terdiam melihat rekannya, Bayu, terbaring lemah di ranjang rumah sakit. Sesekali ia mendekatkan segelas air, supaya Bayu dapat mencelupkan jarinya lalu mengoleskan sedikit air ke bibirnya yang kering. Pascaoperasi Bayu memang diharuskan puasa total selama 24 jam. Bagas pun hanya bisa menyemangati agar Bayu menjalani semuanya demi kesembuhannya. Melihat kondisi rekannya yang terbaring lemah seperti itu, Bagasi juga merasa diingatkan Tuhan betapa sering kali ia kurang bersyukur untuk makanan dan minuman yang setiap hari dikonsumsi olehnya, juga kesehatan yang Tuhan berikan setiap kali Bagas bangun tidur, sehingga masih dapat beraktivitas kembali.

Ayat renungan dalam rhema hari ini merupakan perkataan Daud yang diunjukkannya di hadapan Allah, dimana Daud mengingatkan dirinya agar senantiasa memuji Tuhan dan jangan sampai melupakan segala kebaikan yang pernah diterimanya. Kata “segala” menunjukkan bahwa kebaikan Tuhan berlaku dalam segala sesuatu yang kita alami, baik hal yang terlihat besar maupun yang sederhana. Dalam hal buruk maupun hal yang baik yang terjadi dalam hidup kita. Seperti dalam ilustrasi sebelumnya, perkara makan dan minum contohnya, terkadang hal ini diabaikan sehingga orang percaya pun tak lagi berdoa sebelum makan. Ketika Pascaoperasi, betapa pun orang ingin sekadar meneguk segelas air, namun ia harus menahan sebelum dokter mengizinkannya minum.

Bila kita merenungkan sejenak, dan melihat perjalanan hidup kita sampai hari ini, dan ketika kita mulai mencermati setiap momen yang terjadi dalam kehidupan kita, sebenarnya ada banyak alasan bagi kita untuk bersyukur dan memuji nama-Nya. Karena kita semua tahu bahwasannya rancangan Tuhan atas hidup kita pastilah selalu yang terbaik. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk belajar agar tetap bisa memuji dan menyembah Tuhan dalam segala keadaan. Karena dalam keadaan apapun, Tuhan selalu menyatakan kebaikan-Nya atas kita. Jadi, sudahkah kita membalasnya dengan bersyukur, berterima kasih, dan memuji nama-Nya dalam segala keadaan?

RENUNGAN
Belajarlah untuk TETAP BISA memuji dan menyembah Tuhan DALAM SEGALA KEADAAN.

APLIKASI
1. Menurut Anda, mengapa Anda harus belajar untuk memuji dan menyembah dalam segala keadaan?
2. Sudahkah Anda melakukannya dalam kehidupan Anda sehari-hari?
3. Apa yang Anda rasakan ketika Anda selalu memuji dan menyembah Tuhan dalam segala keadaan?

DOA UNTUK HARI INI
Tuhan Yesus, terima kasih atas anugerah-Mu, kebaikan-Mu dan kemurahan-Mu yang begitu berlimpah bagi kami. Ampuni kami jika selama ini kami masih sering tidak bersyukur dan masih selalu bersungut-sungut. Kami rindu agar kami dapat senantiasa memuji dan menyembah-Mu dalam segala keadaan kami. Terima kasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.