Menangkap Instruksi Tuhan Dengan Jelas [RESIKA]

BACAAN HARI INI
Yohanes 10:22-39

RHEMA HARI INI
Yohanes 10:27 Domba-domba-Ku mendengarkan suara-Ku dan Aku mengenal mereka dan mereka mengikut Aku,

Ada seorang anak muda yang bersahabat karib dengan seorang pengkhotbah tua. Suatu hari anak muda ini kehilangan pekerjaannya dan tidak tahu lagi harus berbuat apa. Akhirnya ia memutuskan untuk mencari sahabatnya. Sesampainya di ruang belajar si pengkhotbah, anak muda ini menceritakan tentang masalah yang tengah dihadapinya dengan suara yang makin lama makin keras karena luapan emosi. Ia berkata,”Saya sudah berdoa memohon pada Tuhan agar menolong saya, tapi Dia tidak menjawab saya. Tolong kamu saja yang berdoa untuk saya, karena mungkin Tuhan hanya mau bicara pada hamba-Nya.” Si pengkhotbah tua itu menjawab dengan suara yang sangat pelan. Anak muda yang tidak bisa mendengar dengan jelas lalu bertanya,”Apa yang kamu katakan?” Si pengkhotbah itu kembali mengulangi kata-katanya dengan sama pelannya. Anak muda itu lalu mendekat dan duduk di bangku sebelahnya karena ia tak juga dapat menangkap perkataan sahabatnya itu. “Apa katamu? Maaf, saya tadi belum mendengarnya.” Dengan lembut, si pengkhotbah memegang pundak anak muda itu, ”Sahabatku, Allah kadang-kadang menjawab kita dengan bisikan. Jadi kita perlu menghampiri-Nya lebih dekat lagi agar kita dapat mendengar-Nya dengan jelas.”

Kisah di atas menceritakan bahwa Allah bukan tidak mendengar atau tidak mau menjawab kita, namun terkadang Dia berbicara dengan sangat lembut. Kita ini semua adalah domba-dombaNya, yang bisa mendengar suara Gembala kita. Bukan cuma pendeta atau hamba Tuhan yang bisa mendengar suara-Nya, tapi semua domba-domba Tuhan. Ketika kita menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat dan menjadikan-Nya Gembala Agung dalam hidup kita, saat itulah roh kita dilahirkan kembali. Telinga roh kita diperbaharui dan diberi kemampuan untuk menangkap suara Tuhan.

Terkadang kita begitu sulit untuk menangkap instruksi dari Tuhan karena kita seperti domba yang ribut mengembik karena ketakutan atau gelisah, sehingga tidak bisa mendengar suara Gembala kita. Jadilah domba yang mau dengar-dengaran Firman Tuhan, duduk tenang dan diam dekat Sang Gembala Agung. Maka kita akan bisa mendengar dan menangkap instruksi yang jelas dari-Nya. Tuhan Yesus memberkati. (ABU)

RENUNGAN
Jadilah domba yang MAU DENGAR-DENGARAN firman Tuhan, maka kita bisa menangkap INSTRUKSI YANG JELAS dari Tuhan.

APLIKASI
1.    Apakah Anda sudah membuka hati dan menerima Tuhan Yesus sebagai Juruselamat dan Gembala Agung Anda?
2.    Apa yang membuat Anda seringkali tidak bisa menangkap instruksi dari Gembala Agung kita?
3.    Bagaimana usaha Anda untuk dengar-dengaran dengan Tuhan?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa, Engkau adalah Gembala kami yang baik. Kau selalu memberikan yang terbaik bagi kami domba-dombaMu. Kami mau terus belajar percaya sepenuhnya pada-Mu dan hanya mendengar suara-Mu, Gembala Agung kami. Terima kasih Bapa, di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.