Meningkatkan Kepekaan Roh Dengan Membaca Firman Tuhan [RESIKA]

BACAAN HARI INI
Mazmur 119:176

RHEMA HARI INI
Mazmur 119:99 Aku lebih berakal budi dari pada semua PENGAJARKU, sebab peringatan-peringatan-Mu kurenungkan.

Ada sebuah nama di Alkitab yang terkenal karena kepandaiannya, ia adalah Daniel. Di kitab Daniel 1:20 disebutkan bahwa ia 10 kali lebih cerdas dari semua orang yang berilmu di seluruh kerajaan. Seperti yang kita baca dalam Alkitab, ada banyak mimpi-mimpi raja yang berhasil dibukakan artinya oleh Daniel. Bahkan raja sendiri pun kerap kali meminta nasehat dari Daniel karena kebijaksanaan dan pengertiannya. Sehingga tidak heran jika Daniel diberi posisi kedudukan yang tinggi dan terhormat di kerajaannya.

Sebenarnya, bagaimana caranya Daniel bisa sepandai itu? Apabila kita membaca firman Tuhan dengan mendetail dan sungguh-sungguh, maka kita akan menemukan kunci jawaban mengapa Daniel begitu cerdas dan berilmu. Jawabannya adalah karena Daniel berhubungan karib dengan Allah. Bahkan dikatakan setiap hari, 3 kali sehari ia berlutut dan berdoa. Sekalipun ia mendapatkan ancaman hukuman yang dapat merenggut nyawanya, ia tidak pernah gentar apalagi meninggalkan kehidupan doanya. Hubungannya yang dekat dengan Tuhan membuatnya memiliki roh yang peka. Sehingga ia dapat dengan jelas mendengarkan suara Tuhan dan mengerti instruksi yang Tuhan berikan.

Dalam hidup ini, seringkali kita dihadapkan pada pilihan-pilihan yang sulit yang membuat kita bergumul. Tetapi ingatlah bahwa kita memiliki Tuhan yang hidup yang sanggup membawa kita keluar dari setiap pergumulan kita. Namun, terlebih dahulu kita harus bisa mendengarkan suara-Nya sehingga kita bisa memahami setiap instruksi yang diberikan. Untuk itu tentu saja ada harga yang harus dibayar. Kalahkan kedagingan kita dan latihlah diri untuk disiplin membaca Firman Tuhan. Kalahkan kemalasan dan gangguan-gangguan untuk membangun hubungan dengan Tuhan. Sebab ketika kita mempunyai hubungan yang intim dengan Bapa, maka kepekaan roh kita untuk mengerti instruksi dari Tuhan akan meningkat dengan pesat. Kita akan bisa menangkapnya dengan jelas dan berjalan sesuai dengan tuntunan-Nya untuk meraih tanah perjanjian yang telah dijanjikan oleh Tuhan.

RENUNGAN
LATIHLAH DIRI kita untuk MEMBACA FIRMAN, maka KEPEKAAN ROH kita untuk MENGERTI INSTRUKSI TUHAN akan MENINGKAT dengan pesat.

APLIKASI
1. Sudahkah Anda dapat mendengar instruksi dari Tuhan dengan jelas?
2. Jika belum, coba periksalah bagaimana jam-jam doa dan membaca Firman Tuhan Anda selama ini?
3. Apa yang Anda rasakan saat Anda rajin membaca, merenungkan dan menjadi pelaku Firman Tuhan?

DOA UNTUK HARI INI
Tuhan, di masa-masa kegelapan seperti sekarang ini, kami membutuhkan instruksi dari-Mu lebih dari apapun. Kami mau memakai momen ini untuk lebih lagi duduk diam di bawah kaki-Mu. Berdoa serta membaca firman-Mu karena kami rindu memiliki roh yang peka sehingga kami dapat memahami dan melaksanakan setiap instruksi yang Engkau berikan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.