Respon Positif Menghasilkan Kehebatan

BACAAN HARI INI

Habakuk 3:1-19

RHEMA HARI INI

Habakuk 3:17 Sekalipun pohon ara tidak berbunga, pohon anggur tidak berbuah, hasil pohon zaitun mengecewakan, sekalipun ladang-ladang tidak menghasilkan bahan makanan, kambing domba terhalau dari kurungan, dan tidak ada lembu sapi dalam kandang, 18 namun aku akan bersorak-sorak di dalam TUHAN, beria-ria di dalam Allah yang menyelamatkan aku.

Mahakarya Handel, yang berjudul The Messiah telah menginspirasikan jutaan orang selama berabad-abad. Tetapi tidak banyak yang tahu, bahwa George Frederick Handel menggubah The Messiah dalam waktu kurang lebih tiga minggu. Musiknya datang kepadanya dalam bentuk tangga nada. Ia menggubahnya dengan penuh semangat, seolah olah didorong oleh Sang Penggubah yang tidak kelihatan. Juga tidak banyak yang tahu bahwa Handel menggubah karyanya ketika penglihatannya kabur. Atau bahwa ia sedang menghadapi ancaman penjara karena hutangnya yang besar. Kebanyakan orang sulit mencipta di bawah tekanan, terutama ketika masalah fisik atau keuangan yang menjadi akar masalahnya. Tetapi Handel berhasil melakukannya. Ia menyatakan bahwa karyanya itu berhasil diselesaikannya berkat satu hal: sukacita.
Sebuah kutipan mengatakan bahwa ia merasa seolah-olah hatinya mau meledak dengan sukacita karena apa yang didengarnya dalam pikiran serta hatinya. Sukacitalah yang mendorongnya untuk menggubah, memaksanya mencipta dan ujung-ujungnya menemukan ekspresinya dalam “Hallelujah Chorus.” Handel sempat melihat karyanya menjadi tradisi yang diikuti serta karya yang populer. Ia terutama sangat senang melihat karyanya dipagelarkan untuk mengumpulkan dana amal. Di mana ada sukacita, Yesus Kristus diekspresikan.

Karya hebat dan orang hebat bukan dihasilkan dari situasi yang mudah. Karya hebat dan orang hebat justru seringkali lahir dari respon yang baik terhadap situasi buruk yang sedang terjadi. Ketika situasi hidup berjalan tidak sesuai dengan apa yang diharapkan, orang lemah akan mengeluh bahkan menyalahkan Tuhan, tetapi orang hebat akan terus bisa bersyukur dan percaya bahwa Tuhan sudah menyediakan rancangan yang terbaik. Hari ini, ambillah keputusan untuk selalu mengucap syukur atas segala sesuatu yang terjadi dalam hidup Anda. Jadilah orang hebat dalam anugerah dan kekuatan Tuhan!

RENUNGAN

Orang HEBAT lahir dari RESPON YANG BAIK terhadap segala hal buruk yang terjadi dalam hidupnya.

APLIKASI

Hal negatif apa yang perlu Anda responi secara positif hari ini?

DOA UNTUK HARI INI

Tuhan, ajar kami untuk selalu merespon positif terhadap segala sesuatu yang Engkau ijinkan terjadi dalam hidup kami. Kami percaya rancangan-MU itu terbaik bagi kami. Terimakasih Tuhan, amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN

I Samuel 13-14