Roh Kudus Adalah Roh

RHEMA HARI INI
2 Korintus 1:22 “memeteraikan tanda milik-Nya atas kita dan yang memberikan Roh Kudus di dalam hati kita sebagai jaminan dari semua yang telah disediakan untuk kita.”

Laksamana Sir Thomas William memegang komando sebuah kapal yang secara rutin melintasi Atlantik. Perjalanannya membawanya melihat Ascension Island, yang hampir sepanjang waktu tidak dihuni. Pulau itu dikunjungi hanya sekali setahun untuk tujuan mengumpulkan kura-kura. Pulau itu hampir tidak terlihat di garis cakrawala pada suatu kali tatkala mereka melintas, namun Sir Thomas merasakan suatu desakan besar untuk mengarahkan kapalnya ke arah pulau tersebut. Semakin ia dekat ke pulau itu, semakin kuat desakan yang ia rasakan ketika ia memberi perintah untuk menujukan kapal ke pulau itu. Perwira letnannya dengan hormat menjelaskan bahwa perubahan perjalanan seperti itu akan sangat menunda mereka, walaupun demikian Laksamana itu tetap pada keputusannya. Desakan dalam hatinya yang disadarinya adalah suara Roh Kudus didalam dirinya, sangat kuat. Ketika kapal itu mendekat ke pulau tersebut, awak kapalnya melihat sebuah bendera putih. “Itu pasti sebuah isyarat.” Sir Thomas menyimpulkan. Benar saja, saat kapal itu mendekati pantai, mereka menemukan enam belas orang, yang terdampar di pulau itu berhari-hari sebelumnya. Mereka kelaparan dan hampir melepaskan harapan untuk diselamatkan. Roh Kudus menyelamatkan enam belas orang itu lewat Sir Thomas.

Dalam doa, kita dipanggil untuk menyerahkan kemudi jiwa kita kepada Tuhan, agar Ia dapat menyetir kita ke arah berkat-berkat-Nya, atau kepada kesempatan-kesempatan untuk memberkati orang lain.
Roh Kudus ada dalam hati setiap orang percaya, saat kita membiasakan diri berkomunikasi dengan-Nya, Roh Kudus juga akan mulai sering berkata-kata dalam hati kita, membangun hidup Rohani kita, menuntun kita dalam setiap pemecahan persoalan, menguatkan dalam setiap kelemahan kita, adalah satu kerugian kalau kita tidak pernah membiasakan diri untuk berkomunikasi dengan-Nya. Mari mulai belajar mendengar suara Roh Kudus dalam hati kita, dan patuhi apa yang Roh Kudus katakan, Tuhan akan memberkati kita. Amin, Tuhan Yesus memberkati.

RENUNGAN
Kita harus menyadari bahwa ROH KUDUS ADALAH ROH. Dia akan berkata-kata dalam roh kita dan bisa didengarkan dengan telinga roh/telinga hati kita.

APLIKASI
1. Seberapa peka anda dengan suara Roh Kudus, evaluasi ?
2. Apa langkah anda agar makin hari anda makin peka dengan Roh Kudus?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa kami tahu bahwa Engkau adalah Roh, kami mau terus melatih kepekaan kami agar setiap langkah, kami dapat mendengar apa yang ingin Engkau sampaikan. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN :
Imamat Pasal 17-18
Matius Pasal 27 ayat 27-44