Roh Kudus Membuat Perencanaan Menjadi Kenyataan

ReKA (Renungan Keluarga Allah)
Hari #6
Sabtu, 23 Januari 2016

BACAAN HARI INI

Ayub 33:1-33

RHEMA HARI INI

Ayub 33:4 Roh Allah telah membuat aku, dan nafas Yang Mahakuasa membuat aku hidup.

AUDIO

Bong Chandra pemuda yang sukses menjadi pebisnis, pembicara, dan juga motivator populer asal Indonesia. Pada tahun 2010, ia mendapatkan gelar “motivator termuda se-Asia,” yakni ketika berusia 23 tahun. Kesuksesan ini tak diraih dengan mudah. Bong harus menempa dirinya dengan kerja keras.

Saat masih sekolah, Bong berempati atas terpuruknya ekonomi keluarganya sehingga kebutuhan sekolah diusahakannya sendiri. Ia lebih memilih kertas bekas dan memfotokopi buku pelajaran milik temannya ketimbang membeli baru. Beberapa alat tulis juga dibuatnya sendiri. “Saya menggunakan karet gelang untuk penghapus,” tuturnya.

Saat usianya menginjak 18 tahun, Bong memilih berjibaku membangun bisnis ketimbang bersenang-senang seperti remaja seusianya. Bong sadar motivasi perlu dipertahankan karena cemoohan berpotensi mengendurkan semangatnya. Beruntung, orang tuanya rajin memberi nasihat. Bong pun gemar membaca buku motivator dunia, seperti Donald Trump. Kegemaran ini memudahkannya memotivasi diri. Ia pun mulai menasihati temannya yang patah semangat.

Ia makin yakin akan kualitas bakatnya memotivasi orang. Bersama lima rekannya, Bong membuat event organizer untuk pelatihan motivasi. Dari situlah ia mulai mendapatkan berbagai kesempatan. Keberuntungannya terus bergulir. Pelan-pelan banyak tawaran mengajaknya berbisnis bersama sampai akhirnya Bong Chandra bisa menjadi seorang pebisnis muda yang sukses seperti saat ini.

Dengan pertolongan Tuhan, Bong Chandra yang dulunya dalam keadaan serba sulit hidupnya, akhirnya bisa bangkit menjadi orang sukses dan memuliakan nama Tuhan.

Demikian jugalah yang akan terjadi ketika kita membuat perencanaan dan pengaturan dibawah pimpinan Roh Kudus, maka Roh Kudus jugalah yang akan bergerak di tengah-tengah kita untuk mewujudkan apa yang sudah kita rencanakan menjadi kenyataan. Itu sebabnya, terus andalkan Roh Kudus dalam setiap perencanaan dan pengaturan yang kita lakukan, maka janji tahun kemenangan akan sungguh-sungguh menjadi kenyataan dalam hidup kita.

RENUNGAN

Ketika kita membuat perencanaan dan pengaturan dibawah pimpinan Roh Kudus, maka ROH KUDUS jugalah yang akan BERGERAK di tengah-tengah kita untuk mewujudkan apa yang sudah kita rencanakan menjadi kenyataan.

APLIKASI

Bagaimana Saudara akan melibatkan Roh Kudus dalam perencanaan yang Saudara buat?

DOA UNTUK HARI INI

Allah Roh Kudus, kami tahu hanya dengan kuasa dan pengurapan-MU maka segala sesuatu yang kami rencanakan sungguh-sungguh bisa menjadi kenyataan dan mendatangkan keberhasilan dalam hidup kami. Itu sebabnya hari ini kami mohon tuntunan-MU selalu menyertai hidup kami. Kami berjanji untuk mengembalikan segala pujian, kemuliaan dan hormat hanya bagi nama-MU saja Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Mazmur 134;146-150