ROH KUDUS TIDAK BISA DI LOGIKAKAN

RHEMA HARI INI

Roma 11:33 O, alangkah dalamnya kekayaan, hikmat dan pengetahuan Allah! Sungguh tak terselidiki keputusan-keputusan-Nya dan sungguh tak terselami jalan-jalan-Nya!

Tiga tahun setelah kematian suaminya dan enam bulan setelah meninggalnya sang ayah penginjil kenamaan Billy Graham, Anne Graham Lotz baru tahu kalau dirinya menderita kanker payudara. Namun Anne berkata dalam sebuah wawancara, bahwa ia tak pernah merasa tertekan dan kesepian karena harus menghadapinya seorang diri. Karena Anne merasakan bahwa Tuhan memberinya kekuatan untuk menghadapi penyakitnya. Roh Kudus lah yang senantiasa menemani dan sumber kekuatannya. Uniknya, Anne berkata, kalau seandainya suami dan ayahnya masih hidup, ia tidak yakin bahwa ia menyadari kehadiran Roh Kudus dalam hidupnya. Justru dalam kesendiriannya, Roh Allah bekerja menyatakan diri-Nya dalam hidup Anne.
Bagi sebagian orang Roh Kudus adalah pribadi yang tidak eksis atau tidak nyata. Bahkan dari kalangan orang Kristen pun, ada yang tidak terlalu percaya dengan kuasa Roh Kudus. Konsep tentang Roh Kudus dianggap terlalu mengada-ada dan tidak bisa di logikakan. Tak bisa dipungkiri, memang sejak kecil, kita semua diajarkan untuk berpikir secara logika. Berpikir secara ilmu pasti, bahwa 1+1 sama dengan 2. Mau sembuh ya harus minum obat, mau kaya ya harus kerja keras. Masih banyak lagi pengajaran lain yang semuanya secara logika manusia memang tidak salah, bahkan sangat benar.
Tapi kita seringkali lupa bahwa otak kita sangatlah terbatas. Kita hanya bisa menerima, apa yang bisa kita lihat oleh mata. Kita lupa, bahwa udara yang kita hirup juga tidak bisa kita lihat. Roh kita juga tak bisa kita lihat. Tetapi dampaknya sungguh nyata kita rasakan. Tanpa udara kita tidak dapat hidup dan tanpa Roh, tubuh kita hanyalah sekumpulan daging yang tak bisa berbuat apa-apa. Roh Kudus memang tidak terlihat tapi Dia nyata dan berkuasa sebab Roh Kudus adalah Pribadi Tuhan yang Tritunggal. Ketika kita menangis saat berdoa, kita manifestasi saat KKR, kita menerima kesembuhan dari penyakit yang belum ada obatnya, kita tidak takut, kesepian ataupun berduka walau sedang dalam pergumulan yang sangat berat. Ini baru sebagian dari pekerjaan Roh Kudus yang nyata dan sangat mungkin kita alami. Oleh karena itu, kita tidak perlu bingung memikirkan Roh Kudus secara logika, sebab firman Tuhan pun berkata, bahwa hikmat dan pengetahuan Allah memang tak bisa terselami oleh pikiran kita yang terbatas. Hiduplah oleh iman, maka kita akan melihat kuasa Tuhan dinyatakan. Tuhan Yesus memberkati. (ABU)

RENUNGAN

Roh Kudus TIDAK BISA DILOGIKAKAN sebab Dia adalah PRIBADI TUHAN yang TRITUNGGAL.

APLIKASI

1. Pernahkah Anda mencoba melogikakan Roh Kudus? Apa yang Anda dapatkan?
2. Secara pribadi, percayakah Anda bahwa Roh Kudus adalah pribadi yang nyata? Mengapa?
3. Pernahkah Anda mengalami karya Roh Kudus secara nyata? Dalam kesempatan apakah itu?

DOA UNTUK HARI INI

Bapa, meskipun kami tidak bisa memikirkan secara logika tentang kuasa dan karya-Mu atas hidup kami, namun kami mau percaya dengan segenap hati kami. Bahwa Roh Kudus adalah seorang pribadi yang nyata, yang selalu menemani serta menjadi penolong dalam hidup kami. Terimakasih Bapa, di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!