Roh Membantu Dalam Kelemahan

Renungan Keluarga Allah
Sabtu, 14 Mei 2016

BACAAN HARI INI

Roma 8:18-30

RHEMA HARI INI

Roma 8:26 Demikian juga Roh membantu kita dalam kelemahan kita; sebab kita tidak tahu, bagaimana sebenarnya harus berdoa; tetapi Roh sendiri berdoa untuk kita kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan.

Seorang anak kecil yang berusia sekitar 10 tahun, berjalan lesu di sepanjang jalanan ibukota. Dia menyusuri setiap jalan-jalan yang ada dan berharap menemukan makanan diantara sampah-sampah yang dia jumpai. Anak ini adalah anak jalanan yang sudah berhari-hari tidak makan karena dia tidak memiliki uang dan sekarang dia tinggal sebatang kara. Anak ini tidak memiliki tujuan dalam perjalanannya, sementara hujan rintik-rintik mulai membasahi jalanan yang dia lalui. Dia pun berhenti, menangis dan menahan lapar yang sangat dirasakannya. Di tengah keramaian jalanan itu, dia ingat akan seseorang yang sering mendatanginya untuk memberinya sepotong roti. Dia adalah seorang kakak guru Sekolah Minggu yang sering berkata “Tuhan Yesus mengasihimu, Dia akan selalu mendengar doamu kalau kamu sungguh-sungguh meminta kepada-Nya”.

Tiba-tiba, bibirnya bergumam lirih, Tuhan Yesus, masuklah dalam hatiku, jadilah juruselamat pribadiku dan tuntunlah hidupku sesuai kehendak-Mu. Dalam nama Yesus aku sudah berdoa, amin. Anak ini merasakan kedamaian yang belum pernah dia rasakan. Dia biasanya menolak ketika kakak guru itu mengajak dia berdoa, tapi kakak itu tetap saja berdoa buat dia. Tanpa dia sadari, sebuah mobil berhenti dan seorang bapak tua turun dari mobil itu. Bapak itu bertanya, dimana keluargamu, dimana rumahmu, dan anak ini menjawab dia tidak memiliki siapa-siapa. Akhirnya anak tersebut diajak Bapak tua itu menuju ke suatu tempat, yaitu sebuah panti asuhan besar dan bapak itu adalah pemilik Panti tersebut. Anak ini lalu diberi makan dan diberitahu kalau mulai sekarang dia akan tinggal di rumah ini dengan teman-teman yatim piatu yang lain.

Ketika kita dalam kelemahan, seringkali kita terlalu fokus pada permasalahan yang kita hadapi. Kita lupa kalau kita memiliki Tuhan yang lebih besar dari apapun. Apapun yang terjadi dalam hidup kita, jangan sampai kita menjauh dari Tuhan. Bangun kembali manusia rohmu, mulai intim dengan Tuhan, sediakan waktu khusus untuk Tuhan dalam doa, pujian penyembahan dan ucapan syukur. Apabila kita memiliki hubungan intim dengan Tuhan, semua yang kelihatan sukar akan Tuhan permudah. Di dalam kelemahan kita, Roh Kudus akan selalu menguatkan kita. Roh Kudus akan menuntun kita membangun kehidupan kita. Bahkan ketika kita sendiri sudah tidak tahu bagaimana cara mengungkapkan perasaan/permasalahan kita, roh yang akan berdoa bagi kita. Karena itu, pergunakanlah bahasa roh kalau Anda sudah bisa dan mintalah karunia bahasa roh kalau Anda belum bisa berbahasa roh. Karena dengan bahasa roh itu, roh kita akan dibangun dan dikuatkan kembali (LEW).

RENUNGAN

Saat Anda lemah, gunakan BAHASA ROH dalam doa Anda, pasti roh Anda akan DIBANGUN DAN DIKUATKAN kembali.

APLIKASI

  1. Apakah Anda sudah dibaptis Roh Kudus dan bisa berbahasa roh?
  2. Sudahkah Anda mempergunakan bahasa roh dalam doa Anda setiap hari?
  3. Ketika Anda merasa lemah, apa yang pertama kali Anda lakukan?

DOA UNTUK HARI INI

Tuhan Yesus, terima kasih untuk Roh Kudusmu dalam hidupku, Roh Kudus yang membimbing, mengajar, mengingatkan akan segala hal. Ajari aku selalu membangun hubungan intim dengan Engkau,membangun manusia roh yang kuat bersama Engkau. Terima kasih Tuhan, dalam nama Yesus kami berdoa. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Matius 4
Lukas 4-5