Roh Yang Bekerja

BACAAN HARI INI
1 Korintus 2:1-5

RHEMA HARI INI
1 Korintus 2:4-5 Baik perkataanku maupun pemberitaanku tidak kusampaikan dengan kata-kata hikmat yang meyakinkan, tetapi dengan keyakinan akan kekuatan Roh, 5 supaya iman kamu jangan bergantung pada hikmat manusia, tetapi pada kekuatan Allah.

Sekelompok pelayan-pelayan Tuhan di sebuah kota sedang membicarakan kemungkinan mengundang D.L. Moody untuk melayani kebaktian peginjilan massal di kota itu. Seorang pengerja muda yang tidak setuju dengan rencana itu, berdiri dan berkata, “Kenapa mesti Moody? Apakah ia punya hak monopoli atas Roh Kudus?” Suasana menjadi hening. Lalu seorang hamba Tuhan tua yang saleh menanggapi, “Tidak! Ia tidak memonopoli Roh Kudus; tetapi Roh Kuduslah yang memonopoli Moody!” Perkataan ini benar, terbukti dengan dampak pelayanan yang sudah dihasilkan oleh D.L. Moody selama hidupnya. Ia telah membawa ribuan orang untuk percaya dan menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamatnya. Padahal, kalau kita melihat latar belakang kehidupan D.L. Moody, sebenarnya ia bukanlah orang yang mengenyam pendidikan tinggi. Dia baru saja berusia empat tahun saat ayahnya, seorang tukang batu bata, meninggal. Akibatnya, pendidikan yang diperoleh Moody mungkin hanya setara dengan pendidikan hingga kelas lima Sekolah Dasar zaman sekarang. Tetapi karena Moody menyerahkan hidupnya untuk sepenuhnya dikuasai oleh Roh Kudus, maka Roh Kuduslah yang berkarya nyata di setiap pelayanannya. Bukan kotbahnya yang bagus yang menjamah hati orang-orang yang mendengarkan kotbahnya, tetapi kuasa Roh Kuduslah yang mengerjakannya.

Perkataan kita yang sederhana, jika diurapi dengan kuasa Roh Kudus, akan sanggup menjamah dan mengubahkan hati orang-orang yang mendengarnya. Memberi wejangan panjang lebar kepada anak-anak kita itu baik, tetapi tidak akan berguna banyak kalau kita tidak berbicara dalam otoritas dan kuasa Roh Kudus. Menasehati atau memberikan arahan kepada bawahan Anda di kantor itu baik, tetapi akan menjadi efektif jika Anda melakukannya dalam pengurapan Roh Kudus. Menceritakan tentang Tuhan Yesus kepada orang yang belum percaya itu sangat baik, tetapi perubahan hati orang itu hanya bisa terjadi jika Roh Kudus bekerja melalui perkataan kita.

Hari ini, bangunlah persekutuan yang intim dengan Roh Kudus. Sapalah Dia sebagai Pribadi yang pertama yang Anda temui di pagi hari. Bangun roh Anda dengan berkata-kata dalam bahasa roh. Libatkanlah Dia dalam segala sesuatu yang Anda kerjakan. Pakai lidah bibir Anda untuk memuji serta bersyukur atas segala kebaikan dan anugerah-Nya. Mintalah Roh Kudus untuk mengubahkan logos dari Firman Tuhan yang Anda baca menjadi rhema yang akan menjadi pegangan hidup Anda untuk sepanjang hari itu. Maka tanpa kita sadari, kuasa dan pengurapan Roh Kudus itu akan memenuhi hidup kita, sehingga termanifestasikan kepada sekeliling kita, dan apa saja yang kita lakukan sepanjang hari akan bisa menjadi berkat bagi orang lain.

RENUNGAN
Hanya kuasa Roh Kudus yang sanggup MENJAMAH DAN MENGUBAHKAN hati manusia.

APLIKASI
1. Langkah apa yang akan Anda lakukan untuk dipenuhi dengan kuasa dan pengurapan Roh Kudus ?

DOA UNTUK HARI INI
Kami menyadari ya Tuhan, bahwa sesungguhnya diluar Engkau tidak ada sesuatupun yang baik dan berarti yang bisa kami lakukan. Karena itu saat ini kami mohon Engkau memenuhi hidup kami, kami butuh pengurapan-MU yang akan membuat kami bisa melakukan hal-hal yang berkenan di hati-Mu dan seturut dengan kehendak-MU. Terimakasih Tuhan, amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Mazmur 1-2, 15, 22-24,47, 68