Roh Yang Membangun Hubungan

BACAAN HARI INI
Yohanes 4:1-42

RHEMA HARI INI
Yohanes 4:24 “Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran.”

Banyak orang bertanya, “Aku tidak dapat melihat Tuhan, lalu bagaimana caranya aku berhubungan dengan-Nya?

Anda pernah jatuh cinta? Nah, seperti itulah rasanya saat Tuhan datang. Anda jatuh cinta pada Tuhan. Anda merasakan kasih mula-mula. Bagaimana cara mendapatkan kasih mula-mula? Sederhana, percaya saja pada-Nya dan undang Dia hadir. Di saat itulah, Anda menyatakan komitmen untuk membangun hubungan pertama kali dengan-Nya.

Anda pernah pacaran? Nah, seperti itu pula hubungan dengan Tuhan. Anda yang sudah menyatakan komitmen membangun hubungan tidak akan selamanya merasakan cinta seperti diawal pertemuan. Ada masa-masa dimana cinta itu tidak bergelora, entah karena kesibukan, ketidakcocokan, masalah, dan lain sebagainya. Untuk semua pasangan, masa-masa ini dapat diatasi jika ada komunikasi.

Sama dengan hubungan Anda dengan Tuhan. Saat Anda berkomitmen untuk membangun hubungan dengan-Nya, Anda pun harus membangun komunikasi dengan-Nya. Inilah pentingnya doa, firman, dan pujian penyembahan. Sia-sia saja Anda punya komitmen tanpa usaha untuk berkomunikasi.

Semakin dekat Anda dengan kekasih, semakin Anda kenal dengannya. Bahkan, Anda mungkin dapat mengenali suaranya di tengah keramaian, mengenal apa yang dia suka dan tidak suka, bahkan dapat menebak apa yang akan dia lakukan tanpa perlu bertanya. Demikian pula dengan hubungan Anda dengan Tuhan. Semakin intens komunikasi Anda dengan Tuhan, semakin Anda dapat membedakan mana suara Tuhan, suara hati kita sendiri, maupun suara iblis. Jadi, sebenarnya, tidak perlu ada kebingungan dan pertanyaan, “Apa kehendak Tuhan dalam hidupku?” atau “Apa yang akan Tuhan lakukan untuk masalah ini?” jika Anda mengenal Tuhan dengan baik, selayaknya kekasih Anda sendiri. Sesederhana itulah menyembah Tuhan. Sesederhana hubungan percintaan Anda dengan Tuhan. Tuhan Yesus memberkati.

RENUNGAN
Hanya dengan MANUSIA ROH kita, kita bisa berhubungan dengan TUHAN yang adalah ROH.

APLIKASI
• Deskripsikan hubungan Anda dengan Tuhan dalam satu kalimat.

DOA UNTUK HARI INI
Bapa, kami sadar bahwa hubungan dengan-Mu harus berdasarkan kasih. Saat itulah manusia Roh kami akan dapat berkomunikasi dengan Roh-Mu yang kudus. Bangkitkan Roh kami, Tuhan. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Kidung Agung 4-5
Lukas 24: 36-53