SAAT API ROH KUDUS TURUN (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Keluaran 21-22
Matius 19

RHEMA HARI INI
Roma 12:11 Janganlah hendaknya kerajinanmu kendor, biarlah rohmu menyala-nyala dan layanilah Tuhan.

Narya baru saja lulus kuliah saat pandemi mulai melanda. Krisis pun terjadi di mana-mana. Banyak yang terpaksa tutup usaha dan lowongan kerja menjadi langka. Otomatis, Narya kesusahan mencari pekerjaan. Sudah tak terhitung berapa banyak surat lamaran yang telah ia kirimkan, tetapi tak ada satu pun panggilan wawancara yang diterimanya. Ditambah lagi, usaha rumah makan milik ibunya terpaksa harus ikut gulung tikar. Hal itu membuat Narya semakin tertekan. Ia mulai merasa putus asa dan kehilangan semangat.

Sampai suatu hari, Dila, temannya, mengenalkannya kepada Tuhan Yesus. Narya dibimbing untuk menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat dalam hidupnya. Ia juga diajak masuk ke dalam komsel yang dipimpin Dila. Di sana Narya bertumbuh. Ia mengalami lahir baru dan hal itu membuatnya sangat berapi-api dalam Tuhan. Kini Narya tidak lagi merasa patah semangat. Ia bangkit kembali untuk mencari pekerjaan. Namun kali ini, ia tidak hanya mengandalkan kekuatannya sendiri, melainkan berjalan bersama dengan Tuhan. Sampai akhirnya, Tuhan pun memberikannya pekerjaan yang terbaik dan di lingkungan yang tepat bagi Narya.

Saat ada api Roh Kudus yang turun atas kita, tidak bisa tidak, roh kita akan terbakar. Saat roh kita menyala-nyala dalam Tuhan, tidak hanya kehidupan rohani kita saja yang bertumbuh, tetapi juga aspek kehidupan kita lainnya juga akan ikut bertumbuh. Oleh karena itu, biarkan api Tuhan turun atas kita dan menyalakan api dalam hidup kita. Itulah yang Tuhan inginkan, yaitu agar kita bisa berapi-api dalam kehidupan kita, dan nama Tuhan yang dipermuliakan melalui hidup kita.

RENUNGAN
Saat API ROH KUDUS TURUN atas kita, roh kita akan TERBAKAR dan MENYALA-NYALA kembali dalam Tuhan.

APLIKASI
1. Sudahkah Anda berapi-api dalam Tuhan? Mengapa Anda merasa demikian?
2. Menurut Anda, Apakah yang sering kali menjadi penyebab padamnya api roh kita?
3. Renungkanlah, bagaimana sekiranya Anda dapat membangkitkan kembali api roh Anda?!

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan, terima kasih untuk Roh Kudus-Mu yang telah Engkau utus bagi kami. Turunlah atas setiap kami, ya Roh Kudus. Lawat dan bakarlah hati kami. Berikanlah kami api yang baru, agar kami bisa kembali menyala-nyala dalam-Mu dan dapat menjadi saksi-Mu bagi sekeliling kami. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”