Saatnya Dukungan Ilahi Dinyatakan

BACAAN HARI INI
2 Korintus 6:1-10

RHEMA HARI INI
2 Korintus 6:2 Sebab Allah berfirman: “Pada waktu Aku berkenan, Aku akan mendengarkan engkau, dan pada hari Aku menyelamatkan, Aku akan menolong engkau.” Sesungguhnya, waktu ini adalah waktu perkenanan itu; sesungguhnya, hari ini adalah hari penyelamatan itu.

Hidup yang paling berkualitas adalah saat kita ada dalam dukungan dan perkenanan Tuhan. Itulah yang dialami oleh Yusuf. Kita bisa melihat bahwa dukungan Tuhan bukan hanya ditunjukkan saat ia tanpa masalah, tapi terlebih saat Yusuf ada dalam kesulitan. Karena iri hati, Yusuf hendak di bunuh oleh kakak-kakaknya. Tapi karena Tuhan menjagainya, ia diluputkan. Tuhan bisa saja membawanya kembali ke rumah orangtuanya, tapi dukungan Tuhan justru membawanya ke negeri yang jauh sebagai budak. Secara manusia tentu saja itu suatu hal yang buruk. Tapi sebagai budak pun, Yusuf adalah budak yang sukses, berhasil dan berkelimpahan karena Tuhan menyertainya. “The Lord was with Joseph, and he [even though a slave} became a successful and prosperous man;” (Genesis 39:2 AMP).

Yusuf kembali mendapat tantangan, tanpa melakukan kesalahan, ia dimasukkan ke dalam penjara karena istri majikannya. Secara manusia penyertaan Tuhan sepertinya hilang. Tapi lagi-lagi kasih karunia Tuhan membuat Yusuf menjadi orang kepercayaan kepala penjara. Apapun yang ia kerjakan selalu berhasil. Bahkan ketika ia dilupakan oleh juru minum raja, dukungan Ilahi membuat rencana Tuhan atas hidup Yusuf digenapi. Tuhan promosikan Yusuf menjadi perdana menteri Mesir. Ia dipakai Tuhan luar biasa menjadi dampak dan berkat bagi bangsa-bangsa.

Seringkali kita keliru mendefinisikan arti dukungan Tuhan, yaitu saat dimana kita ada dalam kondisi semuanya baik. Tapi ternyata, justru saat dalam kondisi terburuk, dukungan Tuhan lebih lagi dinyatakan. Dia menyertai dan melakukan hal-hal ajaib bagi kita sehingga kita mampu dan berhasil melalui masa-masa yang tidak baik. Memang seringkali Tuhan ijinkan hal-hal buruk terjadi. Tapi jika kita mau melewatinya bersama Tuhan, sama seperti Yusuf, dukungan-Nya justru akan membawa kita semakin dekat dengan rencana Tuhan yang besar. Karena itu berserulah. Ini saatnya dukungan Ilahi dinyatakan dalam hidup kita. Jangan berjuang sendiri, tapi mintalah kekuatan dari Tuhan. Tetap percaya, berserah, tetap melakukan yang terbaik, sehingga apapun kondisinya, anugrah melimpah tetap menjadi milik kita. Kita akan menjadi seorang yang selalu berhasil, berkemenangan dan berkelimpahan dalam segala hal. Puji nama Tuhan! (L.A.)

RENUNGAN
Inilah saatnya ANUGERAH MELIMPAH datang dan DUKUNGAN ILAHI dinyatakan dalam hidup kita!

APLIKASI
1.    Menurut Anda, apakah dukungan Ilahi itu? Dalam kondisi apakah dukungan itu kita dapatkan?
2.    Dalam hal apa saja Anda rasakan dukungan Tuhan dalam hidup Anda?
3.    Sharingkan dengan keluarga rohani atau orang terdekat Anda tentang dukungan Tuhan yang telah Anda alami dan dapatkan.
DOA UNTUK HARI INI
Tuhan Yesus, terimakasih atas perkenanan dan dukungan-Mu dalam hidup kami. Kami tahu Engkau selalu ada dan selalu turut bekerja dalam segala sesuatu. Ajarkan kami untuk terus hidup dalam perkenanan-Mu, ya Tuhan supaya hidup kami bisa menjadi kesaksian bagi banyak orang dan nama-Mu dipermuliakan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami sudah berdoa. Amin!