Salah Satu Kunci Agar Iman Tetap Kokoh

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Mazmur 68-69
Roma 8:1-21

BACAAN HARI INI

Roma 10:8-17

RHEMA HARI INI

Roma 10:17 Jadi, iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman Kristus.

Kesibukan yang meningkat beberapa waktu terakhir ini seolah-olah menguras habis stamina Fira. Ia pun sering merasa lelah, kurang enak badan, dan sakit. Teman-teman Fira menyarankan agar ia menjaga pola makan dan mengonsumsi vitamin C. Fira tahu bahwa vitamin C memang bermanfaat untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh maupun stamina. Ia juga menyadari selama ini ia sering makan tidak teratur dan makanan yang dikonsumsi pun tidak bergizi. Sehingga tubuhnya tidak mampu diajak kompromi dalam menembus panas, hujan, dan aktivitas tinggi yang ia lakukan setiap hari.

Kisah diatas menunjukkan kepada kita tentang betapa pentingnya mengisi tubuh dengan makanan sehat dan vitamin yang diperlukan, sehingga tubuh menjadi kuat. Sama halnya dengan iman. Rhema hari ini seperti menjadi panduan bagi kita, bahwa vitamin untuk iman adalah firman Tuhan. Iman bukanlah sesuatu yang otomatis muncul, melainkan iman timbul dan tumbuh dari pendengaran akan firman Tuhan. Tentu saja ini bukan berarti dengan kita cukup membaca dan mendengar firman Tuhan sekali, maka iman menjadi kokoh secara tiba-tiba. Akan tetapi, kita harus memiliki sebuah gaya hidup yang terus-menerus mendengar, membaca, dan merenungkan firman Tuhan siang dan malam.

Ibarat handphone, jika tidak pernah di-charge, maka energi yang dibutuhkan untuk menghidupkan handphone tidak akan timbul dan benda itu tidak akan bisa digunakan untuk keperluan sehari-hari. Ketika kita merenungkan firman Tuhan siang dan malam, Tuhan akan mengurapi firman tersebut menjadi rhema yang membuahkan iman untuk berkuasa. Dengan iman tersebut, kita bukan hanya dapat mengatasi apa pun juga yang terjadi dalam hidup kita, tetapi juga menjalankan mandat Tuhan untuk membebaskan bangsa kita. Ya, tidak mudah memang untuk menjalankan mandat seperti ini. Namun Tuhan telah mengutus kita, agar kita dapat memberitakan keselamatan-Nya kepada banyak orang, sehingga mereka boleh mendengar tentang Kristus dan percaya kepada-Nya.

RENUNGAN

Hanya orang yang tekun me-RECHARGE BATTERY IMAN dengan FIRMAN ALLAH, yang imannya akan TETAP KOKOH melalui apa pun juga.

APLIKASI

1. Menurut Anda apakah guna iman untuk hidup kita?
2. Bagaimana Anda selama ini mempertahankan dan menumbuhkan iman dalam hati Anda?
3. Hal-hal apa saja yang ingin Anda ubah setelah membaca renungan hari ini?

DOA UNTUK HARI INI

“Bapa, kami bersyukur untuk janji-janji-Mu yang Engkau berikan dalam hidup kami. Kami rindu janji-janji-Mu tergenapi dalam hidup kami. Ajar kami, ya Tuhan, untuk dapat terus mempertahankan dan mengokohkan iman kami, sehingga kami dapat melalui hari-hari kami dengan tetap bersemangat dan tidak menjadi lemah. Terima kasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”