Sampai Firman Itu Hidup

BACAAN HARI INI
Mazmur 1:1-6

RHEMA HARI INI
Mazmur 1:2-3 “Tetapi yang kesukaannya ialah Taurat TUHAN, dan yang merenungkan Taurat itu siang dan malam. Ia seperti pohon, yang ditanam di tepi aliran air, yang menghasilkan buahnya pada musimnya, dan yang tidak layu daunnya; apa saja yang diperbuatnya berhasil.”

Dr. Alexander Maclaren (Presiden Baptist Union of Great Britain) dianggap sebagai ekspositor (orang yang membuat paparan tujuan pada satu tulisan) Alkitab paling handal pada masanya. Ia menyatakan bahwa yang membuatnya dapat menjalankan profesinya dengan baik adalah kebiasaan yang tidak pernah dilanggarnya, yaitu menghabiskan waktu selama 1 jam setiap hari bersama Tuhan.

Di saat-saat khusus tersebut, Maclaren duduk di kursi tuanya. Terlihat Alkitab besar terpangku di atas lututnya. Sesekali ia membalik halaman demi halaman dan duduk diam dengan tangan menutupi seluruh wajah. Kadang kala, ia mengizinkan orang lain masuk ke dalam ruang doanya, namun dengan syarat tidak diperbolehkan mengucapkan sepatah katapun.

“Ia membaca Alkitab seperti seseorang yang membaca surat cinta dari kekasih yang berada nun jauh disana,” tutur salah seorang asisten Maclaren.

Salah satu tokoh Alkitab yang begitu gemarnya merenungkan Firman Allah adalah Salomo. Tidak heran, jika kita baca kitab-kitab karangannya, terlihat sekali ada hikmat Allah di dalamnya. Bahkan, di masa pemerintahannya, Bangsa Israel mengalami masa paling makmur. Gaya hidup seperti Maclaren dan Salomo ini perlu untuk kita tiru, yaitu merenungkan Firman Tuhan. Saat kita tidak sekedar membaca, namun merenungkan Firman tersebut berkali-kali, bahkan mengimajinasikannya, maka saat itulah Roh Kudus akan bermanifestasi dan membuat Firman itu hidup. Amin. Tuhan Yesus memberkati.

RENUNGAN
Firman Tuhan harus kita renungkan berulang-ulang dengan pertolongan Roh Kudus sampai Firman itu menjadi hidup dalam seluruh kehidupan kita.

APLIKASI
 Bagaimana cara membuat Firman Tuhan menjadi hidup dalam kehidupan kita ?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa, kami mau terus belajar merenungkan Firman-Mu sampai Firman itu hidup dalam kehidupan kami . Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Yesaya 37-38
Ibrani 11:20-40