Satu Talenta Bisa Lebih Baik

RHEMA HARI INI
Lukas 16 : 10   “Barangsiapa setia dalam perkara-perkara kecil, ia setia juga dalam perkara-perkara besar. Dan barangsiapa tidak benar dalam perkara-perkara kecil, ia tidak benar juga dalam perkara-perkara besar.”
Saat ini, orang tua punya kecenderungan untuk memasukkan anak ke berbagai kursus baik itu yang berbau akademik hingga seni budaya dan olahraga. Namun terkadang hal itu hanya diikuti oleh ambisi orang tua saja tanpa memperhatikan minat dan keinginan si anak sehingga berbagai kursus tersebut hanya berhasil membuat lelah si anak saja. Psikolog LPT UI, Wita Mulyani, mengatakan bahwa sebelum memasukkan anak ke sebuah tempat kursus, orang tua harus melihat potensi tumbuh kembang dan hobi anak. Pasalnya, saat usia Sekolah Dasar (SD) anak-anak justru menunjukkan jelas minatnya dan jujur mengatakan apa yang disukainya. Ia mengakui bahwa selama ini anak-anak yang kursus di banyak tempat dengan beragam bidang sering merasa tertekan. Ada bidang tertentu yang disukainya tapi sisanya adalah hal-hal yang tidak disukai sehingga berakibat anak-anak mengalami stress usia dini. “Sekali lagi, agar kursus tersebut membawa pengaruh bagi anak, pilih yang sesuai minat dan bakat saja. Jadi jangan kebanyakan les juga,” tandasnya. Fokus pada satu kursus dan mendalaminya sampai ahli adalah lebih berguna daripada mengikuti banyak kursus namun kemampuan yang didapat hanya setengah-setengah.

Demikian juga dengan diri kita. Tuhan telah memberikan setiap kita kemampuan/talenta masing-masing. Tuhan mau supaya setiap kita bisa fokus memaksimalkan talenta tersebut, bukannya menggunakannya setengah-setengah saja. Fokus pada satu talenta sampai ke tingkat maksimalnya akan membawa kita menjadi ahli dalam mengembangkannya dan menyukakan hati TUHAN Sang Pemberi Talenta. Tidak salah memiliki banyak talenta, namun itu berarti kita juga harus mengembangkan semua talenta itu 100%, bukan ala kadarnya. Hari ini, marilah kita benar-benar mulai sungguh-sungguh mengembangkan talenta itu untuk berbuah maksimal bagi Tuhan.

RENUNGAN
Lebih baik punya 1 talenta tapi HEBAT SEKALI, dibandingkan punya 5 talenta tapi tidak ada yang hebat!

APLIKASI
1. Mari ambil waktu mengevaluasi diri kita, bagaimana kita mengembangkan talenta yang sudah Tuhan percayakan? Apakah kita mengembangkannya dengan maksimal atau ala kadarnya ?
2. Bagaimana langkah Anda supaya Anda bisa menjadi ahli dalam mengembangkan talenta Anda?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa, mampukan kami mengembangkan talenta kami seperti yang Engkau mau. Jadikan kami pengelola talenta dan berkat yang sesuai dengan apa yang Engkau inginkan. Tuntun kami ya Tuhan dengan Roh-Mu yang Kudus. Dalam Nama Tuhan Yesus Kristus kami berdoa. Amin!