Sebab Dia Bangkit, Maka Aku Menang

Renungan Keluarga Allah
Sabtu, 02 April 2016

BACAAN HARI INI

1 Petrus 1:3-12

RHEMA HARI INI

1 Petrus 1:3 Terpujilah Allah dan Bapa Tuhan kita Yesus Kristus, yang karena rahmat-Nya yang besar telah melahirkan kita kembali oleh kebangkitan Yesus Kristus dari antara orang mati, kepada suatu hidup yang penuh pengharapan,

Felik dari Noya, adalah seorang bangsawan Kristen yang saleh. Pada suatu ketika ia harus berhadapan dengan musuh-musuh salib Kristus yang menghendaki kematiannya, sehingga terpaksalah Felik meninggalkan purinya dan mencari pelindungan di tempat lain karena musuh-musuhnya terlalu kuat. Namun di tempat yang baru inipun ia tidak aman, sehingga ia harus melarikan diri lagi untuk menyelamatkan nyawanya. Musuh-musuhnya tidak mau melepaskan Felik begitu saja, dan terus mengadakan pengejaran yang intensif. Akhirnya Felik terpojok dan tersudut di suatu lembah di mana kelihatannya tidak ada lagi jalan keluar baginya. Dalam keadaan hampir putus ada dan kelelahan, Felik masuk ke dalam sebuah gua untuk mencari perlindungan seraya berdoa kepada Tuhan. Ia merasakan kelelahan secara fisik maupun mental. Hampir saja ia ingin menyerah. Ketika ia melihat keluar gua, ia terkejut karena menyadari bahwa ia baru saja merusak sarang laba-laba yang tadinya memenuhi mulut gua tersebut. Ia berfikir tentulah hal ini nanti dengan mudah dapat dilihat oleh para pengejarnya, sebab mereka melihat sarang laba-laba yang rusak. Namun apa daya, tenaganya telah habis dan ia hanya berserah saja kepada Tuhan.

Lalu, apakah yang terjadi? Tidak lama kemudian laba-laba yang telah rusak sarangnya itu tiba-tiba dengan lincahnya mulai menenun kembali sarangnya, sehingga tak lama kemudian seluruh permukaan gua itu sudah tertutup kembali dengan sarang laba-laba yang indah. Felik tertegun dengan pemandangan yang baru saja dilihatnya. Kalau laba-laba yang kecil saja tidak menyerah dan tetap bangkit kembali untuk membuat sarang lagi setelah sarangnya di rusak, masakan ia yang punya kekuatan yang jauh lebih besar daripada laba-laba, mau menyerah begitu saja? Saat itulah imannya dibangkitkan kembali. Ia percaya bahwa Tuhan yang sudah bangkit dari kematian pasti akan menjamin kemenangannya. Ketika para pengejar Felik tiba di tempat itu, mereka sama sekali tidak curiga terhadap gua tersebut karena di mulut gua itu terpampang sarang laba-laba yang masih utuh dan kuat, sebagai tanda bahwa tidak ada orang yang masuk ke gua itu. Sementara dari dalam gua, Felik dari Noya bersyukur atas perlindungan Tuhan yang luar biasa bagi hidupnya.

Kebangkitan Kristus adalah jaminan kemenangan kita. Ia yang tak terkalahkan oleh maut, tidak mungkin terkalahkan oleh apapun juga di dalam dunia ini. Kuasa kebangkitan-Nya itulah yang saat ini bekerja di dalam hidup kita. Maka, kita tidak perlu takut, gentar, atau putus asa, sebab kebangkitan-Nya menjamin kita menang di setiap area hidup kita.

RENUNGAN

Kebangkitan Kristus adalah DASAR IMAN kita, JAMINAN KESELAMATAN kita, SUMBER KUASA dan mujizat yang terbesar bagi hidup kita!

APLIKASI

  1. Bagaimana kuasa kebangkitan Kristus memberikan pengaruh bagi hidup Anda?
  2. Apakah yang akan Anda lakukan dengan kuasa kebangkitan Kristus yang bekerja dalam hidup Anda?

DOA UNTUK HARI INI

Kami bersyukur untuk kuasa kebangkitan-MU yang Engkau kerjakan dalam hidup kami Ya Tuhan. Kami percaya, kebangkitan-Mu menjamin kami menang di dalam setiap pergumulan dan tantangan yang datang dalam hidup kami. Terimakasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Yeremia 51-52