Sebab Segala Sesuatu Adalah Dari Dia

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Ayub 3-4
Kisah Para Rasul 7:44-60

BACAAN HARI INI

Roma 11:17-36

RHEMA HARI INI

Roma 11:36 Sebab segala sesuatu adalah dari Dia, dan oleh Dia, dan kepada Dia: Bagi Dialah kemuliaan sampai selama-lamanya!

Pada sebuah penutupan Olimpiade atau perlombaan, kita sering menyaksikan atlet yang berhasil maupun yang gagal memperoleh medali. Seringkali mereka yang menang dan memperoleh medali emas tampak begitu bahagia dan bangga atas prestasi yang mereka peroleh. Namun, yang lebih membanggakan, beberapa diantara mereka banyak yang terbuka menyatakan puji syukur dan apresiasi yang begitu indah kepada Tuhan di tengah arena publik. Mereka dapat melihat dan menyadari bahwa bakat dan pencapaian yang mereka raih adalah anugerah pemberian dari Tuhan. Tidak sedikit yang ketika diwawancara mencetuskan rasa syukur kepada Tuhan atas bakat yang mereka miliki dan atas keberhasilan yang mereka raih.

Kita perlu belajar dari mereka bahwa dalam keberhasilan, mereka tidak lupa bahwa itu semua bukan karena diri mereka sendiri. Sama halnya dengan Paulus, dalam Roma 11:36 Paulus berkata, “Sebab segala sesuatu adalah dari Dia, dan oleh Dia, dan kepada Dia: Bagi Dialah kemuliaan sampai selama-lamanya.” Paulus sendiri mengalami begitu banyak proses dalam hidupnya, ketika ia diikat dalam penjara, terbelenggu dan sendiri, tetapi ia tetap melihat anugerah Tuhan yang luar biasa dalam hidupnya. Ketika tidak ada orang yang mendampinginya, Paulus tetap memuji Tuhan. Bahkan dalam keadaan baik pun, Paulus tetap memuliakan Tuhan.

Berkaca dari kisah-kisah di atas, sadari bahwa bisa dipakai sebagai perabot emas Tuhan untuk melakukan perkara-perkara besar dan menyatakan kemuliaan-Nya, semua tidak lepas dari anugerah Tuhan. Jangan lepaskan perasaan kagum kita kepada Tuhan, bagaimana Tuhan membentuk dan memperlengkapi kita sejak kita lahir. Kita yang dahulu tidak berdaya, tidak sanggup, tidak mampu, sekarang telah dimampukan. Semua bukan karena kekuatan kita sendiri. Jangan sampai di tengah keberhasilan dan kesuksesan kita, kita merasa hebat dan punya segalanya. Kembalikanlah segala keberhasilan kita, kesuksesan kita, hanya untuk kemuliaan Tuhan.

RENUNGAN

Setelah KEMULIAAN TUHAN dinyatakan dalam hidup kita, jangan lupa untuk MENGEMBALIKAN kemuliaan KEPADA TUHAN.

APLIKASI

1. Jika kembali melihat hidup Anda sejauh ini, apa sajakah kebaikan Tuhan dalam hidup Anda selama ini?
2. Bagaimana sikap Anda selama ini atas segala keberhasilan maupun kegagalan yang Anda alami dalam hidup Anda?
3. Komitmen dan langkah apa yang harus Anda ambil untuk dapat mengembalikan kemuliaan kepada Tuhan?

DOA UNTUK HARI INI

“Bapa, terima kasih untuk semua kebaikan-Mu dalam hidup kami. Kami ada sampai saat ini, semua karena kemurahan-Mu. Kami rindu untuk dapat memuliakan-Mu dalam setiap langkah hidup kami, dan mengembalikan segala kemuliaan bagi nama-Mu saja, ya Tuhan. Terima kasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”