Segala Sesuatu Ada Masanya

f582013RHEMA HARI INI
Pengkhotbah 3:1 Untuk segala sesuatu ada masanya, untuk apapun di bawah langit ada waktunya.

Anda ingin menikmati salju? Sekarang kita bisa menikmati salju bukan hanya di musim dingin saja, tetapi setiap waktu! Ya, setiap waktu. Dengan teknologi yang sudah sangat canggih, musim pun bisa diangkut. Uni Emirat Arab dulu dikenal sebagai negeri gurun. Sampai kini juga demikian. Tapi dengan kemajuan teknologi, dan kemampuan ekonomi mereka yang luar biasa, salju pun bisa diada-adakan di padang gurun. Di mall The Emirates, mall terbesar di Dubai, bahkan diklaim sebagai mall terbesar di dunia, salju ada setiap musim. Ruangan seluas 22.500 meter persegi, tertutup penuh dengan salju. Aneka permainan ala salju tersedia disana. Bermain ski, snowboarding, tobogganing, atau hanya bermain salju. Apapun bisa Anda lakukan dengan keluarga Anda. Jangan khawatir dengan jaket, sepatu, sarung tangan dan bahkan helmet untuk pengaman anak-anak saat bermain ski, semua disediakan gratis. Bahkan para pengunjung bisa memilih dan membawa pulang sebuah sarung tangan dan kaos kaki secara gratis. Ski Dubai diklaim menjadi salah satu resor ski terbesar di dunia.

Dubai memang luar biasa, mereka bisa membuat ‘musim salju’ buatan di tengah-tengah padang gurun bahkan di segala musim. Namun tidak demikian dengan kehidupan nyata. Ayat yang menjadi renungan kita hari ini menyampaikan bahwa untuk segala sesuatu ada masanya, ada musimnya. Kita tidak bisa memaksakan diri untuk menikmati musim semi ketika sedang berada di tengah-tengah musim dingin. Kita tidak bisa memaksakan diri menanam, ketika sedang tiba waktunya musim menuai/memanen. Untuk segala sesuatu ada masanya. Memang Dubai bisa membuat musim salju di segala musim, tetapi biaya yang dikeluarkan untuk ‘memaksakan’ musim salju itu sangat tidak sedikit, dibutuhkan 3.500 barel minyak dikonsumsi setiap hari oleh generator listrik untuk menstabilkan temperatur -1° sampai -2° Celcius. Wow! Biaya yang tidak sedikit bukan? Untuk segala sesuatu ada masanya. Kalau kita memaksakan sebuah musim disaat yang tidak tepat, maka harus membuang banyak sekali energi bahkan kita bisa sangat frustasi kalau kita tidak bisa mengadakannya. Sedang berada di musim apa Anda saat ini? Percayalah bahwa musim yang sedang Anda hadapi saat ini ada akhirnya dan akan berganti dengan musim yang baru lagi. Serahkanlah hidup Anda kepada Tuhan dan percayalah bahwa Tuhan akan memberikan yang terbaik bagi hidup Anda.

RENUNGAN
Untuk segala sesuatu ada masanya.

APLIKASI
1. Renungkan, berada di masa/musim apa hidup Anda saat ini?
2. Apa yang Anda lakukan supaya bisa menghadapi musim yang sedang ada dalam hidup Anda saat ini dengan benar?

DOA UNTUK HARI INI
Tuhan, kami bersyukur untuk Firman-MU bahwa ada waktunya untuk segala sesuatu. Kami percaya kalau Engkau ijinkan kami masuk dalam musim pergumulan, maka suatu hari akan tiba waktunya musim dimana pergumulan kami dijawab Tuhan. Terimakasih Tuhan. Amin.