SEGERA BERBALIK JIKA ADA DOSA DAN BERDAMAI DENGAN ROH KUDUS

RHEMA HARI INI

Mazmur 51:12 Jadikanlah hatiku tahir, ya Allah, dan perbaharuilah batinku dengan roh yang teguh!

Seorang pengemudi truk secara tidak sengaja menyerempet sebuah mobil hingga spionnya patah. Pemilik mobil tersebut adalah Maddy Barber, seorang presenter sekaligus penyiar radio di Singapura. Maddy sempat marah melihat spion mobilnya patah. Namun supir truk yang tidak sengaja menyerempet itu, meninggalkan sebuah catatan pada selembar kertas berisi permintaan maaf dan kesanggupan untuk bertanggung jawab. Setelah dicari, supir truk bernama Wang Yaowen, ternyata seorang warga baru di Singapura. Bukan menuntut ganti rugi, Maddy justru memberi hadiah kepada Wang Yaowen dengan membelikan tiket pesawat terbang bagi istri dan dua anaknya dari China ke Singapura, juga biaya hidup mereka selama di Singapura. “Ada ketulusan dan kejujuran dalam surat bapak Wang, dan rasa tanggung jawab penuh tanpa banyak alasan.” kata istri Maddy.

Ketika raja Saul berbuat kesalahan dan melanggar perintah Tuhan, ia mempunyai banyak alasan untuk membela diri. Tetapi berbeda halnya dengan Daud, yang setelah diingatkan oleh nabi Nathan, segera menyadari dosa dan kesalahannya. Daud menyesal dan berdoa meminta ampun. Daud mengambil respon untuk segera berdamai dengan Roh Kudus dan berbalik mengejar upaya untuk menyenangkan hati Roh Kudus. Sehingga Tuhan akhirnya luluh oleh penyesalan Daud dan memulihkan keadaannya.

Ya, walaupun Tuhan sudah menguduskan kita dengan darah-Nya, namun tetap saja sebagai manusia kita tidak luput dari berbagai godaan. Ada kalanya kita lengah dan jatuh ke dalam dosa sehingga mendukakan hati Roh Kudus. Bila hal ini terjadi, segera ambil langkah yang tepat untuk berdamai dengan Roh Kudus. Akui segala kesalahan dan dosa kita, minta ampun dan bertobat, berjanji untuk tidak lagi mengulangi kesalahan kita. Ambil sikap yang benar seperti Daud yang melakukan segala upaya untuk menunjukkan betapa kita sangat mencintai dan membutuhkan kehadiran Roh Kudus dalam hidup kita. Sikap hati yang benar akan diresponi dengan senang hati oleh Tuhan, sebab sesungguhnya Roh Kudus terlebih rindu tetap ada dalam hati kita dan memimpin setiap langkah hidup kita. Dia sangat mencintai kita, dan akan terus mencintai kita.

RENUNGAN

Saat menyadari dosa, ambilah respons BERDAMAI DENGAN ROH KUDUS dan berbalik MENYENANGKAN HATI-NYA.

APLIKASI

1. Apa yang Anda rasakan ketika Anda lengah dan jatuh dalam dosa atau berbuat kesalahan?
2. Respon bagaimana yang seharusnya Anda lakukan setelah menyadari akan dosa dan kesalahan Anda?
3. Langkah awal apa yang akan Anda lakukan untuk berdamai dengan Roh Kudus dan berbalik menyenangkan hatinya?

DOA UNTUK HARI INI

Bapa, kami meminta ampun atas setiap kesalahan dan dosa, baik yang kami sadari maupun tidak dengan sengaja. Janganlah mengambil Roh-Mu yang Kudus dari hidup kami, sebab kami sangat membutuhkan kehadiran-Nya dalam hidup kami. Kami berjanji akan memperbaiki kesalahan kami dan melakukan apa yang menyenangkan hati Roh Kudus. Terimakasih Bapa, di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!