SEKARANG TUHAN AKAN MENGUBAHKAN KEHIDUPAN YANG DULUNYA KELAM

BACAAN HARI INI

Mazmur 112:1-10

RHEMA HARI INI

Mazmur 112:4 Di dalam gelap terbit terang bagi orang benar; pengasih dan penyayang orang yang adil.

Bicara soal kehidupan yang kelam, salah satu tokoh Alkitab yang kenyang merasakan kelamnya hidup adalah Daud. Memang betul ia yang dipilih oleh Tuhan sendiri dan diurapi nabi Samuel untuk menjadi raja, tapi sebelum Daud menerima penggepanapan janji Tuhan, hidupnya penuh tantangan dan juga kesukaran. Niat mulianya untuk mengabdi pada raja Saul, justru beroleh balasan yang sangat mengecewakan. Karena iri dan takut, Saul justru mengejar-ngejar Daud seperti seorang buronan dan berusaha untuk membunuh Daud yang notabene adalah menantunya sendiri.

Jika kita ada di posisi Daud, akan sangat mungkin hati kita menjadi pahit dan kecewa. Kita sudah berjuang habis-habisan, maju berperang bertaruh nyawa untuk kerajaannya, kita sangat menghormatinya sebagai raja sekaligus mertua kita, tapi apa balasannya? Daud sampai terpaksa harus melarikan diri dan meninggalkan keluarga. Ia tinggal di padang gurun, di tempat-tempat perlindungan dan di pegunungan, jauh dari hidupnya yang nyaman untuk menghindari niat jahat Saul. Hidup Daud seperti sedang dalam kekelaman. Namun iman percaya Daud akan Tuhan dan janji-Nya tak pernah tergoyahkan. Dalam posisi yang sangat terjepit, Daud tetap bermazmur bagi Tuhan, Di dalam gelap terbit terang bagi orang benar; pengasih dan penyayang orang yang adil.

Matahari adalah salah satu benda langit yang sering dipakai untuk menggambarkan Tuhan. Saat terbit di pagi hari, sinarnya akan mengubah gelapnya malam menjadi terang benderang. Tuhan telah memberikan janji bahwa terang-Nya akan terbit atas kita di tahun kemuliaan-Nya ini. Terang Tuhan yang ajaib datang dan mengubahkan keadaan kita yang dulunya gelap dan kelam menjadi penuh kemuliaan Tuhan. Mungkin dahulu kita mengalami di tindas, dinista, dibenci dan di tinggalkan, namun percayalah janji Tuhan tak pernah gagal! Bukan nanti-nanti, bukan kelak, bukan entah kapan, tapi SEKARANG Tuhan berjanji akan mengubahkan segala keadaan kita. Semua hinaan, ejekan, perlakuan tidak adil dan kebencian yang dilontarkan pada kita akan berakhir! Karya Tuhan akan nyata dan terang-Nya akan mengubah jalan hidup kita. Di masa lalu mungkin kita dipermalukan oleh manusia, tapi di masa ini dan mendatang, Tuhan akan membuat kita dipermuliakan.

RENUNGAN

DAHULU kehidupan kita serba kelam, tetapi Tuhan berjanji bahwa SEKARANG Dia akan MENGUBAHKAN segala keadaan kita.

APLIKASI

1. Kekelaman apa yang sedang Anda hadapi saat ini?
2. Percayakah Anda bahwa sekarang Tuhan akan mengubahkan kehidupan Anda yang dulunya kelam menjadi hidup yang penuh kemuliaan?
3. Bagaimana sikap Anda dalam meresponi janji Tuhan ini?

DOA UNTUK HARI INI

Bapa, dengan iman kami terima pemulihan atas segala yang pernah hilang dari masa lalu kami. Kami mau bangkit dan menjadi terang sehingga kemuliaan-Mu terpancar dari setiap aspek hidup kami. Di dalam nama Tuhan Yesus Kristus kami berdoa. Amin.

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!