Sekaranglah Waktunya Favor Tuhan

Renungan Keluarga Allah
Senin, 02 Januari 2017

BACAAN HARI INI

Pengkhotbah 3:1-11

RHEMA HARI INI

Pengkhotbah 3:11a Ia membuat segala sesuatu indah pada waktunya

Anda tentu pernah membaca kisah Naomi dan Rut. Karena kelaparan yang melanda tanah Israel, Naomi dan suaminya, beserta kedua anak lelaki mereka pindah ke tanah Moab. Selang beberapa waktu, suami Naomi meninggal dan kedua anak lelakinya menikah dengan perempuan Moab. Sepuluh tahun kemudian kedua anak lelaki Naomi juga meninggal sehingga Naomi beserta kedua menantunya kehilangan tulang punggung keluarga. Orpa kembali ke rumah orang tuanya, tetapi tidak demikian dengan Rut. Ia memutuskan untuk mengikuti Naomi kembali ke tanah Israel. Ia bahkan berkata kepada Naomi,” Bangsamu akan menjadi bangsaku, dan Allahmu menjadi Allahku.” Kemudian, untuk menghidupi Naomi dan dirinya, Rut bekerja memungut sisa panenan di ladang Boas, kerabat Naomi. Setelah tahun demi tahun yang berat dan penuh tantangan, akhirnya Allah menurunkan perkenanan-Nya untuk Naomi dan Rut. Boas menebus harta milik suami Naomi dan kedua anak lelaki Naomi. Boas juga memperistri Rut. Naomi bahkan menimang seorang cucu lelaki bernama Obed di usia tuanya. Tidak sampai di situ saja. Anugerah-Nya jauh lebih besar dari yang dapat mereka bayangkan. Obed menjadi kakek dari raja Daud. Nama Rut pun dicatat dalam silsilah Yesus Kristus (Mat. 1:5).

Kesetiaan Naomi kepada Allah di tanah Moab dan perlakuan baik Naomi kepada Rut, yang hanyalah seorang asing di mata orang Israel, telah menarik perkenanan Allah dalam hidup Naomi. Demikian juga dengan kesetiaan Rut kepada Allah dalam segala situasi, meskipun Rut bukan orang Israel asli, dan kasih Rut kepada Naomi ini telah menarik perkenanan Allah dalam hidup Rut. Dan pada waktu-Nya, Allah memulihkan kehidupan kedua orang wanita yang setia ini.

Anda mungkin mengalami kepahitan hidup, seperti Naomi; atau terpisah dari akar kehidupan lama, seperti Rut. Janganlah menyerah. Tetaplah setia mengikut Tuhan. Tetaplah setia mengasihi-Nya. Pemulihan pasti terjadi. Tahun ini adalah tahun perkenanan-Nya untuk kita. Nantikan dan terima anugerah-Nya yang jauh melebihi akal pikiran kita.

RENUNGAN

SCHEDULE TUHAN DI TAHUN 2017 ini adalah MEMBERIKAN FAVOR-NYA kepada kita!

APLIKASI

  1. Situasi sulit apakah yang Anda alami di tahun 2016?
  2. Apakah Anda tetap setia mengikuti dan mengasihi-Nya dalam situasi sulit tersebut?
  3. Percayakah Anda bahwa Tuhan akan memberikan favor-Nya kepada Anda di tahun 2017 ini? Apa yang dapat Anda lakukan selama menantikan waktu-Nya tiba?

DOA UNTUK HARI INI

“Bapa yang baik, terima kasih karena Engkau selalu beserta kami dalam segala situasi. Engkaulah sumber kekuatan kami. Mampukan kami, Tuhan, untuk terus tinggal di dalam Engkau. Kami percaya perkenanan-Mu turun atas kami tahun ini. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Mazmur 119