Selalu Ada Anugerah Dibalik Masa Sukar

BACAAN HARI INI
Keluaran 2:1-10

RHEMA HARI INI
Keluaran 2:5 “Maka datanglah puteri Firaun untuk mandi di sungai Nil, sedang dayang-dayangnya berjalan-jalan di tepi sungai Nil, lalu terlihatlah olehnya peti yang di tengah-tengah teberau itu, maka disuruhnya hambanya perempuan untuk mengambilnya.”

Pada tahun 1980, Pasific Northwest bergidik melihat kekuatan menghancurkan dari letusan Gunung Santa Helena. Hutan-hutan dimusnahkan oleh api, sungai-sungai penuh dengan abu, ikan dan kehidupan liar hancur, udara jadi beracun. Para reporter melaporkan prediksi-prediksi bahwa awan hujan asam akan terbentuk, dan bahwa pola cuaca dunia akan berubah secara permanen, masa depan bagi area itu tampaknya tanpa harapan. Namun demikian, kurang dari setahun setelah letusan, para ilmuwan yang mempelajari area itu mendapati bahwa walaupun sungai-sungai tersumbat oleh lahar, debu gunung berapi dan abu yang mengambang, ikan-ikan salmon dan steelhead dengan ajaib berhasil bertahan hidup dengan cara berenang ke aliran air alternatif ke hilir untuk bertelur. Beberapa jalur air yang mereka tempuh itu dalamnya kurang dari 15cm, hampir tidak cukup untuk menutupi tubuh mereka. Dalam waktu beberapa tahun, ladang, danau, dan sungai yang mengelilingi Gunung Santa Helena penuh dengan kehidupan. Air dan tanah tampaknya diperkaya oleh zat-zat bergizi yang disuplai oleh gunung meletus tersebut.

Ada kehidupan baru di masa sukar. Firaun memerintahkan bidan-bidan yang menolong orang Israel melahirkan untuk membunuh setiap bayi laki-laki yang dilahirkan, bahkan memerintahkan rakyat Mesir untuk melemparkan bayi laki-laki Israel ke dalam sungai Nil, hanya bayi perempuan yang boleh hidup. Istimewanya Tuhan kita, justru pada saat sukar itulah Musa dilahirkan, bahkan dijaga, dilindungi dan diadopsi sebagai anak dari putri Firaun, dan pada akhirnya Musa menjadi pemimpin dan membebaskan bangsa Israel dari perbudakan Mesir. Inilah Anugerah Tuhan.

Demikian juga masa sukar yang terjadi dalam hidup kita, seberat dan sesusah apapun masalah kita, sadarlah bahwa Anugerah Tuhan selalu tersedia bagi kita. Hutang yang semestinya menenggelamkan seluruh keuangan kita, sakit penyakit yang seharusnya tidak terobati, masalah rumah tangga yang yang seharusnya mengandaskan pernikahan kita, persaingan bisnis yang seharusnya membuat kita terpuruk, Itu semua bisa dipakai Tuhan untuk melakukan Mujizat, dan memberikan kemenangan yang gilang gemilang. Itulah rupa-rupa kesempatan yang Tuhan sediakan buat kita semua. jangan pernah menyerah di masa sulit, ada anugerah di masa sukar. Amin, Tuhan Yesus memberkati.

RENUNGAN
Bersyukurlah! Sebab selalu ADA ANUGERAH DI MASA SUKAR.

APLIKASI
1. Tuhan terus mengajarkan kepada setiap kita, mengucap syukurlah. Selidiki hati kita, apakah hal ini sudah kita lakukan dan jika belum, maukah kita ambil komitmen sungguh-sungguh mempraktekan hal ini.

DOA UNTUK HARI INI
Terimakasih Tuhan karena Engkau terus mengajarkan kepada kami untuk selalu bersyukur, kami mau praktekan hal itu ya Bapa karena kami yakin bahwa selalu ada anugerah dimasa sukar sekalipun. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN
2 Raja-raja 7-9
1 Korintus 14:1-20