Selalu Ada Kesempatan Kedua Bagi Anak-Anaknya

BACAAN HARI INI
1 Yohanes 1:5-10

RHEMA HARI INI
1 Yohanes 1:9 Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan.

Ada seorang suami yang memiliki kebiasaan pulang sangat larut malam. Istrinya yang jengkel membuat aturan, bila ia pulang lewat jam 11 malam, maka pintu akan dikunci. Si suami yang menganggap remeh aturan istrinya ini, tetap saja pulang terlambat. Akibatnya ia tidak bisa masuk ke rumah dan terpaksa tidur di kursi teras. Si suami berpikir daripada harus tidur di luar kedinginan, lebih baik ia pulang pagi sekalian. Dan hal ini sungguh-sungguh dilakukannya.

Sang istri marah bukan kepalang, lalu memberitahu suaminya, jika tidak bisa berubah, si istri akan pulang saja ke rumah orangtuanya. Istrinya memberi waktu untuk suaminya berubah, dan sementara menunggu, pintu tidak akan dikunci dan dibiarkan terbuka selama suaminya belum pulang. Si suami jadi berpikir kalau semalaman pintu tidak dikunci dan dibiarkan terbuka, bagaimana jadinya kalo ada pencuri atau perampok masuk ke rumah? Ia tidak ingin sesuatu yang buruk terjadi pada anak dan istrinya. Akhirnya ia selalu pulang tepat waktu. Si istri pun menyambut respon suaminya dengan gembira dan memberinya kesempatan kedua untuk membangun lagi keharmonisan yang sempat hilang dalam hubungan mereka.

Jika kita sebagai manusia saja bisa memberi kesempatan kedua bagi anak-anak kita atau orang yang kita kasihi, terlebih lagi Bapa kita. Inilah bedanya kita dengan Lucifer, baginya tidak ada ampun dan tidak ada kesempatan kedua. Tapi bagi kita anak-anakNya, selalu ada kesempatan kedua selama kita mau meresponinya dengan benar. Inilah salah satu bentuk abundant grace dari Tuhan, kita semua diangkat jadi anak-anak Allah. Jangan sampai kita menyia-nyiakan anugerah yang sangat mahal dan luar biasa ini. Segera akui jika ada dosa atau kesalahan yang kita lakukan. Minta pengampunan dan bertobat sungguh-sungguh dengan tidak mengulangi lagi kesalahan kita. Maka Bapa kita yang setia dan adil, akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan. Dia akan mengubah kesalahan kita menjadi keajaiban.

RENUNGAN
Tuhan selalu memberikan KESEMPATAN KEDUA selama kita mau MERESPONI-NYA DENGAN BENAR.

APLIKASI
1.    Pernahkah Anda memberi kesempatan kedua pada orang yang berbuat kesalahan? Apa alasan Anda memberinya kesempatan sekali lagi?
2.    Apa yang Anda rasakan, mengetahui bahwa kita adalah anak-anak Allah yang mendapat anugerah yang begitu melimpah?
3.    Apa komitmen Anda untuk tidak menyia-nyiakan abundant grace dari Tuhan?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa kami yang baik, sungguh anugerah yang luar biasa kami boleh memanggil-Mu Bapa. Ajar kami selalu agar kami bisa menjadi anak-anak yang menyenangkan hati-Mu. Terima kasih Bapa, atas pengampunan yang selalu Kau beri. Juga kesempatan untuk memperbaiki kesalahan kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa dan mengucap syukur. Amin.