Selalu Ada Yang Baik Ditengah Situasi Yang Tidak baik

BACAAN HARI INI
Mazmur 27:1-14

RHEMA HARI INI
Mazmur 27:13 Sesungguhnya, aku percaya akan melihat kebaikan TUHAN di negeri orang-orang yang hidup!

Tim dan Elisa Roberts adalah pasangan muda yang saling mencintai. Karena sudah beberapa tahun belum dikaruniai seorang anak, mereka memutuskan untuk mengadopsi seorang anak laki-laki yang mereka beri nama Matthew. Adopsi memiliki makna khusus bagi Elisa, karena ia dulu juga seorang anak adopsi. Namun setelah memiliki seorang anak adopsi pun, mereka masih memanjatkan doa untuk seorang anak biologis. Selama tahun-tahun penantian, doa Hana yang terdapat di dalam 1 Samuel 1:11, sering juga menjadi tangisan sedih Elisa Roberts. Akhirnya setelah 6 tahun masa penantian yang melelahkan, doa mereka menjadi kenyataan dalam bentuk seorang anak perempuan cantik yang lahir pada tanggal 29 Agustus 2007, yang mereka beri nama Bella. Namun, dua bulan kemudian, di suatu malam, Bella cilik ditaruh dan diselimuti di tempat tidur, hanya kali ini ia tidak bangun lagi – ia pergi ke surga. Laporan otopsi mengatakan bahwa ia telah meninggal dalam tidurnya karena infeksi kuman virus. Ada masa-masa dalam hidup kita ketika kita tergoda untuk percaya bahwa Allah itu tidak adil dan bahwa situasi di dalam hidup kita sungguh gelap. Bagi Elisa dan Tim, kepercayaan dan iman mereka di dalam Bapa sangat diuji dalam kondisi seperti ini. Tunggu dulu, tapi itu bukan akhir dari segalanya, janji Allah tetap mereka pegang dan meskipun melalui lembah kekelaman dan kegelapan, mereka akhirnya tetap mendapatkan sebuah sukacita ketika pada tanggal 29 November 2008 lahirlah anak laki-laki mereka yang diberi nama Justice. Dan untuk mengenang anak perempuannya yang meninggal, Tim dan Elisa mendirikan sebuah yayasan yang disebut Bella’s Springs yang didasarkan pada Mazmur 84:7-8. Yayasan ini telah menolong banyak anak-anak miskin di Vietnam dan Zimbabwe dengan berbagai hal seperti operasi jantung terbuka, dan masih banyak pelayanan yang lain lagi.

Ketika kita melihat kisah pasangan Tim dan Elisa, kita belum tentu bisa memiliki iman dan ketekunan seperti mereka yang patut untuk dikagumi dan dicontoh. Penantian mereka untuk seorang anak yang berakhir pada kematian yang tidak terduga sungguh akan mengiris hati orang tua manapun, namun pasangan ini tetap menantikan kebaikan Tuhan dan dengan tekun malah menjadikan hal ini sebagai sebuah pelayanan baru dengan mendirikan Yayasan Bella’s Springs. Maka ketika mereka bertekun di dalam lembah kekelaman, maka Tuhan juga akhirnya berkarya dengan sebuah rancangan yang termanis untuk keluarga tersebut.

Banyak kali, ketika kita diberkati dan dalam situasi yang penuh berkat, kelimpahan dan sukacita, terlebih mudah untuk berkata bahwa Tuhan itu baik dan janji-Nya tak berkesudahan. Namun ketika kita melalui masa kegelapan dan kekelaman, masih mampukah kita bertahan dan tetap percaya akan kebaikan-Nya? Banyak yang jatuh dengan kepahitan, kebimbangan dan keputusasaan, namun mereka yang tetap mengandalkan-Nya dan tetap bisa bersyukur di dalam situasi yang sulit, pasti janji Tuhan akan dinyatakan dan semuanya akan jadi indah pada waktu-Nya.

RENUNGAN
Tetaplah PERCAYA akan kebaikan Tuhan di tengah SITUASI TIDAK BAIK yang sedang kita alami, maka kita pasti akan MENERIMA JANJI TUHAN dalam hidup kita.

APLIKASI
Hal baik apa yang bisa Anda temukan dari situasi tidak baik yang saat ini sedang Anda alami ?

DOA UNTUK HARI INI
Tuhan kami percaya bahwa selalu ada hal baik di tengah situasi tidak baik seperti apapun yang sedang terjadi dalam hidup kami. Kami bersyukur kepada-Mu Tuhan. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Bilangan 1-2