SELALU MENCARI KESEMPATAN

BACAAN HARI INI
Lukas 10:25-37

RHEMA HARI INI
Keesokan harinya ia menyerahkan dua dinar kepada pemilik penginapan itu, katanya: Rawatlah dia dan jika kaubelanjakan lebih dari ini, aku akan menggantinya, waktu aku kembali.”
Lukas 10:35

Ketika dokter Shaw melihat ketiga pria yang berdiri di hadapannya, air matanya menetes. Shaw adalah seorang dokter misionaris dari organisasi Bala Keselamatan yang baru saja tiba di India. Kaki dan tangan ketiga pria penderita lepra ini terbelenggu. Belenggu itu bahkan mengiris sampai menembus kulit daging mereka.

“Tolong lepaskan rantai mereka.”

“Itu tidak aman,” protes si penjaga.”Orang-orang ini adalah penjahat yang berbahaya dan juga penderita lepra.”

“Saya yang bertanggung jawab! Mereka sudah cukup banyak menderita,” tegas dokter Shaw. Ia segera mengambil kunci dari tangan si penjaga, dengan hati-hati membuka belenggu, dan mengobati pergelangan kaki dan tangan mereka yang terluka.

Dua minggu kemudian, dokter Shaw harus mengadakan perjalanan keluar kota. Ia meninggalkan istri dan anak-anaknya dengan rasa khawatir karena keamanan tempat tersebut yang kurang baik. Setelah berhasil diyakinkan oleh istrinya bahwa semua akan baik-baik saja, malam itu dokter Shaw berangkat. Malam pun berlalu dengan aman, tanpa gangguan. Keesokan paginya, istri dokter Shaw terkejut ketika ia mendapati tiga pria berbaring di teras rumahnya. Hatinya penuh dengan ucapan syukur karena ketiga pria berpenyakit lepra tersebut menjaga rumahnya sepanjang malam.

Anda pasti pernah membaca kisah orang Samaria yang baik hati (Lukas 10:25-37). Apa sebenarnya yang membedakan orang Samaria tersebut dengan Imam dan orang Lewi? Jawabannya adalah cara pandang mereka terhadap masalah. Imam dan orang Lewi melihat korban perampokan sebagai suatu masalah yang harus dihindari sedangkan orang Samaria melihatnya sebagai suatu kesempatan untuk berbuat baik. Tidak heran orang Samaria ini mendapatkan pujian dari Tuhan Yesus. Hanya orang-orang yang memiliki sikap dan perbuatan seperti orang Samaria inilah yang dapat dipakai Tuhan masuk dalam unlimited harvest. Keadaan apa yang saat ini Anda anggap sebagai suatu masalah? Ubah cara pandang tersebut dan pakai masalah itu sebagai suatu kesempatan yang Tuhan berikan untuk berbuat baik, melayani, menyalurkan kasih Tuhan, serta menjadi berkat. Amin. Tuhan Yesus memberkati.

RENUNGAN
Mereka yang bisa dipakai menjadi PENUAI DALAM UNLIMITED HARVEST adalah mereka yang selalu MENCARI KESEMPATAN untuk menolong, melayani, dan menjadi berkat bagi orang-orang di sekelilingnya.

APLIKASI
1. Jika Anda melihat orang lain sedang kesusahan, apakah Anda lebih sering turun tangan untuk menolong atau pura-pura tidak tahu ?
2. Selama Anda hidup, apa kesempatan menabur yang paling berkesan ?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa, kami mau menjadi bagian dalam tuaian jiwa-jiwa. Kami mau terus berbuat baik dan melayani agar kami dapat Engkau pakai.
Amin

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Hakim-Hakim 4-6
Kisah Para Rasul 24