SEMAKIN BERKOBAR DI TENGAH PENINDASAN

RHEMA HARI INI

Yesaya 1:31 Maka yang kuat menjadi seolah-olah kapas dan pekerjaannya menjadi seolah-olah bunga api; keduanya menimbulkan api dan tidak ada yang dapat memadamkan.

Hutan gambut yang terbuat dari dedaunan yang membusuk dan bahan organik lainnya bisa memiliki kedalaman akar sepanjang tiga hingga sepuluh meter. Bila terbakar, gambut yang mengering merupakan bahan bakar yang membuat api mudah menyebar dengan cepat. Melalui akar yang berada di bawah tanah, dalam sekejap seluruh lapisan bawah lahan gambut yang kering itu bisa menjadi titik-titik sumber panas. Ditambah lagi dengan hutan yang memiliki banyak kadar oksigen. Semakin besar kadar oksigen yang ada maka api pun akan menyala makin hebat dan makin luas. Upaya pemadaman yang hanya melakukan penyiraman dari atas, tidak akan membuahkan hasil karena sumber panasnya menyebar di kedalaman.

Ada tiga faktor penyebab kebakaran yang dikenal sebagai segitiga api. Ketiga faktor itu adalah bahan bakar, sumber panas, dan oksigen. Jika digabungkan, ketiga faktor itu akan menyebabkan api terus berkobar bahkan bisa semakin membesar. Dalam kasus kebakaran hutan gambut, ketiga faktor itu terpenuhi dari gambut yang mengering, akar gambut yang terbakar dan tersedianya oksigen yang sangat besar.

Kita bersyukur minggu ini kita baru saja menyelesaikan acara Unlimited Conference, yang sekaligus merayakan Ulang Tahun gereja kita yang ke 32. Kita percaya bahwa melalui acara ini, kita semua sudah menerima api baru yang sedang Tuhan nyalakan di tengah-tengah kita. Oleh karena itu marilah kita jaga api itu supaya tetap menyala berkobar-kobar. Setiap rhema yang sudah kita tangkap harus sungguh-sungguh tertanam dan berakar dalam hati kita. Mari terus nyalakan api firman, api doa dan api penyembahan kita. Semua ini akan menjadikan kita terus berada dalam hadirat Tuhan, sehingga api kita menjadi api yang tahan lama. Api yang mampu bertahan di tengah penindasan dan aniaya, bahkan bertambah besar dalam semua tantangan yang kita hadapi.

RENUNGAN

Api yang TAHAN LAMA dan dapat TETAP BERTAHAN di tengah penindasan akan menjadi api yang KOBARANNYA BERTAMBAH BESAR.

APLIKASI

1. Apakah yang dimaksud dengan api yang tahan lama?
2. Sudahkah Anda memiliki api yang tahan lama, atau api Anda justru tidak pernah bisa bertahan lama? Apakah penyebabnya?
3. Apa yang harus Anda lakukan agar memiliki api yang tahan lama?

DOA UNTUK HARI INI

“Bapa, kami rindu memiliki api yang tahan lama. Api yang nyalanya tidak mudah terpadamkan, dan justru tambah berkobar di tengah penindasan. Berkati komitmen kami untuk terus menyalakan api firman, api doa dan api penyembahan kami, sehingga kami dapat terus konsisten melakukannya. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!