Semudah Membalik Telapak Tangan

Renungan Keluarga Allah
Minggu, 09 Oktober 2016

BACAAN HARI INI

Yeremia 32:1-44

RHEMA HARI INI

Yeremia 32:27 “Sesungguhnya, Akulah TUHAN, Allah segala makhluk; adakah sesuatu apapun yang mustahil untuk-Ku?

Raisa adalah seorang wanita yang sangat beruntung. Raisa memiliki seorang suami yang tampan, anak-anak yang lucu, rumah, mobil dan pekerjaan yang disukainya. Hampir setiap bulan Raisa melakukan perjalanan liburan yang menyenangkan bersama keluarga. Pada saat itu Raisa belum mengenal Tuhan dan tidak memiliki hubungan pribadi dengan Tuhan. Lalu Raisa menjadi sombong. Suatu ketika Raisa merasakan kehampaan yang luar biasa dalam hatinya dan hal ini membuatnya sangat gelisah. Raisapun berdoa supaya Tuhan menolongnya untuk mengusir kehampaan dari dalam hatinya. Dua minggu kemudian Raisa mengalami banyak hal yang berat dan menyakitkan dalam hidupnya. Raisa kehilangan pekerjaan, suaminya berselingkuh, dan anak-anaknya menjadi perebutan dua keluarga. Raisa terpaksa berpisah dengan keluarganya. Tragedi ini menyebabkan Raisa mendekat kepada Tuhan dan Raisa mulai mengenal siapakah Tuhan.

Raisa menjadi sadar bahwa Tuhan bisa melakukan apapun yang dikehendakiNya, di langit dan di bumi, di laut dan di segenap samudera raya (Mazmur 135:6). Tanpa ragu-ragu Raisa pun bertobat dan mendedikasikan hidupnya untuk Tuhan. Raisa belajar untuk memaafkan. Raisa mengikuti semua yang Tuhan perintahkan. Tidak mudah memang tetapi Raisa taat karena Raisa ingin menyenangkan hati Tuhan. Sejak saat itu, pemulihan demi pemulihan pun terjadi. Tuhan mengumpulkan Raisa kembali dengan anak-anak dan suaminya. Tuhan memberikan pekerjaan yang lebih baik untuk Raisa. Dan yang terpenting adalah keluarga Raisa satu-persatu menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamat.

Apakah ada di antara Saudara yang merasa bahwa kehidupan pernikahannya tidak dapat diselamatkan lagi, atau keadaaan keuangannya tidak mungkin diperbaiki lagi, atau kehidupannya tidak mungkin diperbarui lagi? Jangan menyerah. Keadaan Saudara saat ini sebenarnya adalah kesempatan emas bagi Saudara untuk duduk, diam dan belajar di kaki Tuhan. Pakailah kesempatan ini untuk melakukan kehendakNya dalam hidup Saudara. Pemulihan pasti terjadi. Kemenangan dan terobosan pasti menanti. Sebab Tuhan adalah Allah segala makhluk dan tidak ada sesuatupun yang mustahil bagiNya (Yeremia 32:27). Tuhan mampu mengubah keadaan kita semudah Dia membalik telapak tanganNya. Amin!

RENUNGAN

Semudah membalik telapak tangan, SEMUDAH ITU BAGI TUHAN untuk mengubah keadaan kita.

APLIKASI

  1. Situasi apakah dalam hidup Saudara yang membuat Saudara merasa sangat terpuruk dan tidak mampu untuk bangkit lagi?
  2. Sudahkah Saudara datang kepada Tuhan? Jika ya, apakah yang menjadi kehendakNya dalam hidup Saudara? Lakukan!
  3. Bagaimana akhirnya Tuhan membalikkan situasi Saudara menjadi situasi yang penuh kemenangan? Ceritakan!

DOA UNTUK HARI INI

“Tuhan Allah, yang berkuasa di langit atas, di bumi dan di bawah bumi, terima kasih atas segala pemberianMU yang baik kepada kami. Kami percaya bahwa segala situasi yang kami hadapi sekarang ini ada di bawah kendaliMU. Mampukan kami untuk melihat kehendakMU dalam hidup kami. Mampukan kami untuk terus mau dibaharui oleh Roh dan FirmanMU. Kami percaya bahwa Engkau membuka jalan dan terobosan bagi kami karena Engkau adalah Panglima kami. Di dalam Nama Yesus Kristus, kami sudah berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Bilangan 26-27