SEORANG IMAM PERLU MENGUATKAN DENGAN SENGAJA

RHEMA HARI INI

1 Tawarikh 19:13 Kuatkanlah hatimu dan marilah kita menguatkan hati untuk bangsa kita dan untuk kota-kota Allah kita. TUHAN kiranya melakukan yang baik di mata-Nya.”

Bapak Anto dan istrinya, Ibu Widya, memiliki usaha sebuah warung. Sama seperti halnya usaha rintisan lainnya, dulu pada saat awal dibuka, pelanggan mereka belum begitu banyak. Tentu saja kondisi itu menjadi pergumulan bagi Bapak Anto dan Ibu Widya. Saban hari mereka mencari ide bagaimana agar warung mereka bisa dikenal banyak orang. Pergumulan itu selalu mereka bawa dalam mezbah doa keluarga. Selain itu Bapak Anto juga selalu mengingatkan agar tidak lupa berdoa sebelum membuka dan sesudah menutup warung. Bahkan meskipun pada saat itu mereka belum punya banyak pelanggan, Bapak Anto tidak pernah jemu memberikan semangat kepada keluarganya untuk terus bersama-sama mengembangkan warung itu. Bapak Anto sangat percaya bahwa warung itu adalah sebuah anugerah dari Tuhan yang pasti akan mendatangkan berkat untuk banyak orang.

Di tengah kepungan ribuan pasukan Bani Amon dan orang Aram, Yoab menyemangati Abisai, adiknya, untuk menguatkan hatinya dan berani berjuang demi bangsanya. Dalam situasi yang sangat menegangkan, Yoab berharap Tuhan selalu pegang kendali atas hidup mereka. Dengan kepercayaan itu kedua kakak beradik itu berusaha menyusun strategi dan sepakat untuk saling membantu menghadapi serbuan bani Amon dan orang Aram.

Setiap keluarga pasti mengalami pergumulan dan menghadapi berbagai ujian. Dalam situasi seperti itu, seorang suami dan ayah, yang merupakan imam dalam keluarga, perlu dengan sengaja menguatkan orang-orang yang ada di rumah untuk menghadapi setiap tantangan. Ia harus tahu dan hadir di saat-saat yang penting bagi keluarga, bukan malah cuek dan bahkan mengeluarkan kutuk yang bisa memperlemah hati keluarga. Karena itu jika kita adalah seorang ayah dan suami, kita harus berusaha untuk meluangkan waktu bersama keluarga. Milikilah telinga untuk mendengarkan dan hati yang selalu terbuka untuk mencari solusi bersama atas beban yang ada. Mari ajak semua anggota keluarga untuk membangun mezbah keluarga. Mari kita rajin memperkatakan firman Tuhan agar bisa saling menyemangati, bisa saling menguatkan, bisa saling menghibur, sehingga keluarga kita bisa semakin bertumbuh dan berbuah bagi kemuliaan nama Tuhan.

RENUNGAN

Sebagai imam dalam keluarga, kita perlu dengan sengaja MENGUATKAN ORANG-ORANG yang ada DI RUMAH KITA.

APLIKASI

1. Bagaimana arti dengan sengaja menguatkan, bagi Anda?
2. Dalam kondisi seperti apa Anda perlu dengan sengaja memberikan dorongan semangat dan kekuatan bagi orang-orang di rumah Anda?
3. Apa saja contoh menguatkan dengan sengaja, yang pernah Anda lakukan bagi keluarga Anda?

DOA UNTUK HARI INI

“Bapa, berikanlah kami hati yang saling mengasihi dalam keluarga kami. Beri kami hati yang peduli terhadap semua orang yang ada di rumah kami. Agar semangat saling menolong, mendukung dan menguatkan, senantiasa ada di tengah-tengah kami. Terima kasih Bapa. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!