Seperti Mengasihi Diri Sendiri

BACAAN HARI INI
Markus 12:28-34

RHEMA HARI INI
Markus 12:31 Dan hukum yang kedua ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. Tidak ada hukum lain yang lebih utama dari pada kedua hukum ini.”

Thomas Samson adalah seorang penambang dari Wales. Setiap hari, ia bekerja keras dengan jam kerja panjang dalam pertambangan – kehidupannya terus-menerus berada dalam bahaya – hanya untuk memperoleh penghasilan yang tidak memadai. Suatu hari, mandor pertambangan itu menemui dia dan berkata, ”Thomas, saya telah menemukan pekerjaan yang lebih mudah bagimu di atas tanah. Pekerjaanmu akan lebih sedikit dan penghasilanmu akan lebih banyak. Apakah kamu tertarik?” ”Oh ya,” kata Thomas, ”Saya sangat tertarik, Pak. Tapi, maukah Anda mempertimbangkan untuk memberikan pekerjaan itu kepada sahabat saya Tregony? Dia tidak sekuat saya dan dia tidak bisa bekerja sekeras saya. Saya takut bekerja di bawah dalam pertambangan akan mempersingkat hidupnya dan saya akan kehilangan sahabat saya. Mungkinkah ia mendapatkan pekerjaan itu?” Si mandor terharu akan kemurahan hati Thomas dan memberikan pekerjaan itu kepada Tregony. Thomas terus bekerja keras, dan ketika posisi di atas tanah lain terbuka, si mandor sekali lagi mendekati Thomas tentang pekerjaan itu. Kali ini, ia menerima tawaran tersebut. Thomas dan Tregony bekerja saling berdampingan selama dua dekade.

Tuhan Yesus juga mengajarkan hal ini bahwa kita harus mengasihi sesama kita seperti kita mengasihi diri kita sendiri. Thomas tadi bisa saja mengambil pekerjaan yang lebih mudah dan tidak memberikan kepada sahabatnya apalagi gaji atau hasilnya lebih besar. Namun hal itu tidak ia ambil karena ia memiliki kasih yang besar kepada sesamanya seperti ia mengasihi dirinya sendiri.

Mari kita praktekkan hal ini dalam hidup kita. Mintalah Tuhan terus memenuhi hati kita dengan kasih agape agar kita dimampukan mengasihi sesama kita seperti kita mengasihi diri kita sendiri.

RENUNGAN
Mintalah Tuhan memenuhi hidupmu dengan KASIH AGAPE, sebab hanya dengan kasih agape kita bisa MENGASIHI SESAMA manusia seperti diri kita sendiri.

APLIKASI
Tulis apa saja yang ingin Anda minta kepada Tuhan agar Anda tetap mampu mengasihi orang lain disekitar Anda ?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa penuhi kami dengan kasiMu aga kami terus mampu mengasih sesama kami. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Mikha 4-5
Wahyu 12