Serupa Dengan Yesus Dalam Kasih

BACAAN HARI INI
1 Yohanes 4:7-21

RHEMA HARI INI
1 Yohanes 4:16 Kita telah mengenal dan telah percaya akan kasih Allah kepada kita. Allah adalah kasih, dan barangsiapa tetap berada di dalam kasih, ia tetap berada di dalam Allah dan Allah di dalam dia.

Emmanuel Kant melakukan perjalanan dengan berkuda melewati hutan Polandia ke negeri asalnya Silesia. Di tengah jalan, ia dihadang segerombolan perampok yang meminta semua barangnya. Kant menyerah, Kant memberikan semua yang dimilikinya. Para perampok itu berulangkali bertanya, “Apa kamu sudah memberikan semuanya?” Setiap kali Kant menjawab, “Sudah semuanya.” Akhirnya perampok itu membiarkan ia pergi, tetapi mengancam akan membunuh, jika ia menceritakan perbuatan mereka. Setelah berjalan beberapa puluh meter, Kant merasakan sesuatau yang keras menghantam tulang keringnya, ia jadi teringat bahwa ia telah menjahit lempengan emas dalam lipatan jubahnya beberapa tahun yang lalu. Seketika ia bergegas kembali ke perampok tadi dan berkata, “Saya tidak sengaja, saya terlalu takut sehingga tidak dapat mengingat dengan baik, ini ambillah emas di jubah saya.” Yang membuat Kant terkejut, tak seorangpun dari para perampok itu bergerak untuk merobek jubahnya. Bahkan salah satu dari perampok itu turun dari kudanya dan mengulurkan kembali kantong uangnya, yang lain mengembalikan Alkitabnya, dan yang lain lagi membantu dia duduk di pelana kudanya yang sudah diberikannya pada perampok itu. Pada akhirnya, para perampok itu meminta berkat darinya sebelum ia beranjak pergi.

Tindakan Kant membuat gerombolan perampok merasa tertempelak, mereka tidak tahan dengan Kuasa Allah yang bekerja lewat perbuatan penuh Kasih itu. Mereka takluk kepada Kant tanpa syarat. Mengasihi sesama seperti diri sendiri adalah hukum kedua yang Tuhan perintahkan untuk kita lakukan. Dengan kemampuan sendiri pasti kita tidak akan bisa mengasihi sesama dengan kasih Agape, hanya dengan bergaul akrab dengan Yesus, mengerti dan mengenang pengorbanan Yesus yang rela mati ganti kita semua, akan membuat kita serupa dengan Yesus. Pada gilirannya akan juga dapat mengasihi orang-orang disekitar kita dengan kasih yang tanpa syarat, Kasih yang Tuhan sudah tunjukkan pada kita semua, Kasih Agape.

RENUNGAN
Bergaul dengan Yesus, maka akan serupa dengan Yesus. SERUPA DENGAN YESUS, berarti menjadi pribadi yang PENUH DENGAN KASIH AGAPE!

APLIKASI
Coba Anda lihat, bagaimana hubungan Anda dengan Tuhan saat ini ?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa semakin hari kami mau semakin serupa denganMu agar kami juga dipenuhi dengan kasih agape. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Hose 9-11
Wahyu 3