Bahan Sharing Kelompok Sel Keluarga Allah, 01 Januari 2023

01 JANUARI 2023

S1 = SEMBAH PUJI
Sembah Puji (20 Menit)
2 lagu Pengagungan – 2 Lagu sesuai tema Firman Tuhan (silakan pilih 2 lagu berikut):
1. Bangkit dan Menjadi Terang (KA Worship)
2. FirmanMu Tuhan, P’lita Bagi Kakiku
3. Kemuliaan Besar
4. Berkaryalah Roh Kudus

S2 = SUASANA/ICE BREAKER (10 Menit)
Setelah melakukan ice breaker, jangan lupa menjelaskan pelajaran yang bisa dipetik dari ice breaker yang sudah dilakukan.
Judul: BERSINAR BAGI TUHAN
Petunjuk: Pemimpin menyediakan 3 batang lilin, sebatang kapur tulis, tiga buah kursi. Pemimpin permainan membagi para anggota menjadi 3 kelompok dengan jumlah yang sama banyaknya. Kemudian ia memberikan sebatang lilin kepada setiap kelompok. Setelah itu pemimpin membuat sebuah garis lurus menuju ke kursi dan pada ujung yang lain setiap kelompok berdiri dengan berbaris. Anggota pertama dari setiap kelompok diminta untuk membawa lilin yang sedang menyala menuju kursi. Lalu mereka berjalan mengelilingi kursi itu dan kembali lagi ke tempat semula. Setelah itu mereka memberikan lilin kepada orang kedua dari masing-masing kelompok. Demikianlah seterusnya sampai semua orang mendapat giliran. Jika pada waktu berjalan lilin itu mati, maka mereka harus mulai lagi dari orang yang pertama. Kelompok yang paling cepat menyelesaikan tugasnya dan membawa kembali lilin tersebut dengan tidak mati, itulah yang menjadi pemenangnya.
Tujuan: Mengajarkan kepada setiap anggota agar menerapkan Matius 5:16: “Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan semua orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang disurga.”

S3 = SHARING APLIKASI FIRMAN TUHAN (50-60 Menit)
GOL : Semua yang hadir melakukan dan mengalami kebenaran Firman Tuhan.
Pertanyaan : Apa tema kotbah dan pelajaran-pelajaran yang disampaikan minggu lalu?

2023 THE YEAR TO ARISE AND SHINE #1
2023 TAHUN BANGKIT JADI TERANG #1
WALKING WITH THE LIGHT – BERJALAN DENGAN TERANG

TIDAK ADA START/AWAL YANG LEBIH BAIK KETIMBANG KITA MEMULAINYA BERSAMA DENGAN TUHAN.

I. TAHUN 2023 ADALAH TAHUN BANGKIT JADI TERANG!
a. Tahun 2023 akan menjadi tahun yang sangat terang buat anak-anak Tuhan dan gereja Tuhan!
b. TAHUN YANG GELAP VS TAHUN YANG TERANG.
 Keluaran 10:21-23 21 Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: “Ulurkanlah tanganmu ke langit, supaya datang gelap meliputi tanah Mesir, sehingga orang dapat meraba gelap itu.” 22 Lalu Musa mengulurkan tangannya ke langit dan datanglah gelap gulita di seluruh tanah Mesir selama tiga hari. 23 Tidak ada orang yang dapat melihat temannya, juga tidak ada orang yang dapat bangun dari tempatnya selama tiga hari; TETAPI PADA SEMUA ORANG ISRAEL ADA TERANG DI TEMPAT KEDIAMANNYA.

II. AYAT RHEMA UNTUK TAHUN 2023.
a. Yesaya 49:5 Maka sekarang firman TUHAN, yang membentuk aku sejak dari kandungan untuk menjadi hamba-Nya, untuk mengembalikan Yakub kepada-Nya, dan supaya Israel dikumpulkan kepada-Nya — maka aku dipermuliakan di mata TUHAN, dan Allahku menjadi kekuatanku —, firman-Nya:
 Mazmur 139:16
b. Yesaya 49:6 “Terlalu sedikit bagimu hanya untuk menjadi hamba-Ku, untuk menegakkan suku-suku Yakub dan untuk mengembalikan orang-orang Israel yang masih terpelihara. Tetapi Aku akan membuat engkau menjadi terang bagi bangsa-bangsa supaya keselamatan yang dari pada-Ku sampai ke ujung bumi.”
 Artinya Tuhan sudah menyiapkan satu porsi yang jauh lebih besar untuk anda semuanya!
 Tuhan juga berkata: Aku akan membuat engkau menjadi terang bagi bangsa-bangsa supaya keselamatan yang dari padaKu sampai ke ujung bumi!
– Tahun 2023 ini terang dalam hidupmu akan semakin bersinar dan semakin waktu akan semakin bersinar terang!

III. BAGAIMANA KITA BISA MENGALAMI 2023 SEBAGAI TAHUN BANGKIT JADI TERANG?
1. JANGAN TAKUT DENGAN GELAP.
 Ketakutan hanya akan melumpuhkan.
 Mazmur 27:1-6, 13-14
 Yesaya 42:16
– Pertama, Tuhan mau memimpin kita di tahun 2023 ini.
– Kedua, Tuhan mau membawa kita berjalan di jalan-jalan yang tidak mereka kenal.
– Ketiga, Tuhan berjanji akan membuat kegelapan di depan kita menjadi terang!
– Keempat, Tuhan membuat tanah yang berkeluk-keluk menjadi tanah yang rata.
2. KITA HARUS TERUS BERJALAN BERSAMA SANG TERANG!
 Yohanes 8:12
 Belajar dari Daud ketika dia sedang menghadapi masalah akibat Ziklag dibakar oleh Amalek.
– DI TENGAH MASALAH DAN KEGELAPAN, JANGAN SAMPAI KITA SALAH AMBIL RESPON!
 Perhatikan bahwa firman Tuhan berkata: barangsiapa mengikut Aku, dia tidak akan berjalan dalam kegelapan.
– Kita yang harus mengikuti Tuhan dan bukan Tuhan yang harus mengikuti kita.
– “mengikut” dalam bahasa aslinya artinya “properly to be in the same way with (specifically as a disciple)” atau ada di jalan yang sama dengan tepat, khususnya sebagai murid.
– Kalau anda mengenal firman Tuhan, maka sepanjang hidup anda akan ada pelita dan terang bagi setiap jalan hidup saudara.
3. MEMPERSIAPKAN EKSTRA MINYAK SEJAK AWAL TAHUN.
 Keluaran 27:20
– Di tengah dunia yang semakin gelap, kita butuh lampu dan pelita kita tetap menyala.
– Dan supaya lampu dan pelita kita tetap menyala, kita butuh minyak yang melimpah.
 Pelita yang menyala bicara tentang kondisi manusia roh kita yang berkobar.

PERTANYAAN: Visi serta rhema apakah yang Anda dapatkan dari Tuhan untuk tahun 2023 ini? Lalu bagaimana cara Anda meresponinya? Sharingkan!
APLIKASI: Setelah mengerti kebenaran firman Tuhan hari ini, maka langkah dan komitmen seperti apakah yang akan Anda lakukan sehingga janji Tuhan di tahun 2023 ini tergenapi atas hidupmu? Tulis dan sharingkan!

DOA PROFETIK SESUAI FIRMAN (5-10 Menit)
DOA SYAFAAT PROFETIK (10 Menit)
Pemimpin doa mengajak dan menggerakkan anggota kelompok sel untuk berdoa profetik;
1. Bagi bangsa dan negara kita Indonesia
2. Gereja kita, rhema Yesaya 60 digenapi, visi 1 juta jiwa diselamatkan
3. Gembala sidang dan hamba-hamba Tuhan serta pelayan Tuhan Keluarga Allah
4. Kesatuan dan kekudusan jemaat dan seluruh pelayan Tuhan
5. Kegerakan JANJI IMAN supaya jemaat meresponi sehingga menerima anugerah Tuhan
6. Visi membangun PUSAT KEGERAKAN ROH KUDUS GLOBAL
7. Visi 1 juta murid, 100.000 komsel, 1.000 gereja lokal
8. Permohonan doa anggota kelompok sel

KESAKSIAN:

SUKACITAMU DATANG
Shalom Keluarga Allah, perkenalkan saya Maya Ester dan suami saya Slamet Riyadi. Kami rindu menyaksikan cinta kasih Tuhan yang luar biasa yang terjadi dalam kehidupan kami. Diawali dari tahun 2019 Tuhan ijinkan kami untuk pindah dari tempat kost kami karena kami tidak bisa membayarnya dan kami hanya diberi jangka waktu satu minggu pada saat itu supaya kami bisa meninggalkan tempat kost itu. Puji Tuhan, Tuhan tunjukkan pada kami dan kami saat itu mendapatkan satu rumah yang disediakan bisa bayar bulanan yaitu dengan harga yang nilainya itu tiga kali lipat dari tempat kost kami yang lama yang segera kami harus pindah itu. Disitu kami bersyukur Tuhan sudah cukupkan semuanya, tiba-tiba kami bisa membayar kos itu dengan tiga kali lipat dari yang dulunya kami tidak bisa bayar, pada saat itu saya dan suami saya belum bekerja.
Berjalannya waktu akhirnya di Desember 2019 saya mendapat pekerjaan yaitu di jasa cleaning online, pada saat itu juga suami saya juga mendapatkan pekerjaan di salah satu perusahaan di Surabaya, dan itu adalah mujizat Tuhan, itu adalah kado natal buat kami berdua. Saya juga mengalami pemulihan keluarga yang terjadi pada saya. 20 tahun yang lalu saya meninggalkan rumah karena saya lebih percaya dan saya lebih mengikuti Tuhan Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat saya, saat itu orangtua saya tidak mengizinkan saya. Akhirnya saya harus diusir, saya keluar dari rumah. Saat itu saya masih baru lulus SMA, jadi sejak saat itu saya tidak pernah pulang kembali ke rumah, juga tidak ada komunikasi lagi antara saya dan bapak saya karena ibu sudah meninggal.
Disitu ada firman Tuhan yang mengatakan, “datang kepada orangtuamu.” Sedang saya itu menangis, “Tuhan, Engkau tahu apa yang terjadi padaku dan keluargaku.” Dan saya ingat pada saat itu ada air mata yang mengatakan, “sukacitamu datang.” Saat itu saya percaya, saya tangkap pada waktu saya ibadah itu, dan Pak Obaja katakan, “mari anak-anak, datang kepada orang tuamu.” Saat itu saya mengambil langkah, saya dan keluarga mengambil langkah untuk saya datang menemui bapak saya. Sebelum saya melakukan itu, saya bertemu dulu dengan Ps. Maria Epfy supaya mau mendoakan saya sebelum saya bertemu dengan keluarga saya. Disitu, selesai ibadah, saya selesai pelayanan, saya ketemu dengan Ps. Epfy, saya berdoa, saya minta didoakan, pertemuan kami penuh dengan sukacita, karena saya percaya sukacita saya sudah datang saat itu. Setelah kami berdoa, kami pergi berangkat ke Gresik, ke tempat bapak saya, dan puji Tuhan saat pertemuan itu benar-benar sukacita Tuhan itu datang, saat itu seperti tidak ada terjadi masalah antara kami di 20 tahun yang lalu. Padahal saya menikah pun saya tidak mendapat ijin, saya tidak mendapat restu karena saya tidak bisa berkomunikasi lagi. Disitu Tuhan Yesus itu luar biasa, di saat kita mau melangkah, kita mau buka pengampunan, Tuhan juga buka jalan. Dan mujizat Tuhan tidak berhenti sampai disitu saja, di Januari 2022, Tuhan ijinkan kami memiliki mobil mujizat. Dengan mobil itu, kami bersehati kami gunakan untuk pelayanan penjemputan karena semua itu adalah milik Tuhan, bukan milik kami. Karena kebaikan Tuhan yang begitu luar biasa, dari saya yang bukan apa-apa, semua itu sudah Tuhan pulihkan. Sampai saat ini, kami tidak tahu lagi apa yang bisa kami lakukan untuk menyenangkan hati Tuhan.
Kami hanya mau taat dan setia melakukan apa yang menjadi perintah Tuhan. Bukan disitu saja, dan Yesus juga mengizinkan saya untuk bisa punya usaha laundry, dan itu berkat Tuhan yang kesekian kalinya Tuhan sudah berikan kepada kami sekeluarga.
Mari saya ajak bapak ibu saudara sekalian, tangkap rhema Tuhan yang ada di dalam gereja Keluarga Allah, lakukan apa yang menjadi bagian kita, percaya Tuhan Yesus sanggup memulihkan semuanya, dari yang tidak ada menjadi ada. Terima kasih, Tuhan Yesus memberkati.

Narasumber Kesaksian : Bp. Slamet Riyadi/Ibu. Maya Ester – KA Surabaya

S4 = SASARAN RENCANA (15 Menit)
KKS mengevaluasi dan merencanakan pertemuan komsel berikutnya. KKS mendorong setiap anggota untuk mensupport dan ambil bagian dalam kegiatan dan program yang sedang dijalankan di gereja kita.

DOA PENUTUP (5 MENIT)

Download PDF