Bahan Sharing Kelompok Sel Pekan #1 Januari 2022

S1 = SEMBAH PUJI
Sembah Puji (20 Menit)

2 lagu Pengagungan – 2 Lagu sesuai tema Firman Tuhan (silakan pilih 2 lagu berikut):
1. Tak Ada Tandingannya (KA Worship)
2. Ku Kan Memuji Menari (KA Worship)
3. Kekuatan-Mu Sempurna (KA Worship)
4. Berhembuslah Roh Kudus (KA Worship)

S2 = SUASANA/ICE BREAKER (10 Menit)

Setelah melakukan ice breaker, jangan lupa menjelaskan pelajaran yang bisa dipetik dari ice breaker yang sudah dilakukan.

Judul: ANDALKAN TUHAN
Petunjuk: Pemimpin atau Ketua Kelompok Sel menyediakan 2 botol air mineral 250 ml, yang satu kosong dan yang lain terisi penuh. Bagikan dan berputar dari satu peserta ke peserta yang lain. Beri aba-aba STOP. Tanyakan bagaimana rasanya memegang botol isi dan botol kosong. Yang kosong remas dengan kuat, bahkan kalau bisa remukkan dengan tangan. Bedakan dengan yang ada isinya. Maka coba renungkan, bagaimana jika hidup kita tidak dekat dengan Tuhan.
Tujuan: Seperti botol yang penuh dengan air, tidak mudah diremukkan karena berisi, demikian hidup kita yang terus ANDALKAN TUHAN, maka sepanjang tahun 2022 kita akan KUAT dan BERAKAR bahkan menghasilkan BUAH.

S3 = SHARING APLIKASI FIRMAN TUHAN (50-60 Menit)
GOL : Semua yang hadir melakukan dan mengalami kebenaran Firman Tuhan.
Pertanyaan : Apa tema kotbah dan pelajaran-pelajaran yang disampaikan minggu lalu?

2022: TAHUN BERAKAR DAN BERBUAH #1
RELY ON GOD – ANDALKAN TUHAN

I. MULAILAH TAHUN BARU DENGAN RHEMA YANG BARU!
a. START TERBAIK ADALAH KETIKA KITA MEMULAI SESUATU YANG BARU DENGAN RHEMA YANG SEGAR!
– Keluaran 33:13-15 13 Maka sekarang, JIKA AKU KIRANYA MENDAPAT KASIH KARUNIA DI HADAPAN-MU, BERITAHUKANLAH KIRANYA JALAN-MU KEPADAKU, sehingga aku mengenal Engkau, supaya aku tetap mendapat kasih karunia di hadapan-Mu. Ingatlah, bahwa bangsa ini umat-Mu.” 14 Lalu Ia berfirman: “Aku sendiri hendak membimbing engkau dan memberikan ketenteraman kepadamu.” 15 Berkatalah Musa kepada-Nya: “JIKA ENGKAU SENDIRI TIDAK MEMBIMBING KAMI, JANGANLAH SURUH KAMI BERANGKAT DARI SINI.
– Musa: Setiap kali dia mau memulai sesuatu, dia senantiasa meminta tuntunan Tuhan.
b. SETELAH MENERIMANYA, PEGANG KUAT-KUAT RHEMA ITU SEBAGAI PEGANGAN!

II. TAHUN 2022 ADALAH TAHUN BERAKAR DAN BERBUAH!
a. Yeremia 17:7-8 7 Diberkatilah orang yang mengandalkan TUHAN, yang menaruh harapannya pada TUHAN! 8 Ia akan seperti pohon yang ditanam di tepi air, yang merambatkan akar-akarnya ke tepi batang air, dan yang tidak mengalami datangnya panas terik, yang daunnya tetap hijau, yang tidak kuatir dalam tahun kering, dan yang tidak berhenti menghasilkan buah.
– Bahasa Indonesia Masa Kini: Yeremia 17:7-8 7 Tapi orang yang berharap kepada-Ku akan Kuberkati selalu. 8 Ia bagaikan pohon di tepi sungai yang mengalir; akarnya merambat sampai ke air. Ia tak takut musim kemarau, daun-daunnya selalu hijau. Sekalipun negeri dilanda kekeringan, ia tak gelisah sebab ia selalu menghasilkan buah.
b. KUNCINYA ADALAH MENGANDALKAN TUHAN!
c. Orang yang mengandalkan Tuhan, ibaratnya seperti ‘pohon yang ditanam di tepi air dan akarnya merambat sampai ke air’ – Tuhanlah Sumber Air Hidup!
d. Yeremia 17:13 Ya Pengharapan Israel, TUHAN, semua orang yang meninggalkan Engkau akan menjadi malu; orang-orang yang menyimpang dari pada-Mu akan dilenyapkan di negeri, SEBAB MEREKA TELAH MENINGGALKAN SUMBER AIR YANG HIDUP, YAKNI TUHAN.
– Yeremia 2:13 Sebab dua kali umat-Ku berbuat jahat: MEREKA MENINGGALKAN AKU, SUMBER AIR YANG HIDUP, UNTUK MENGGALI KOLAM BAGI MEREKA SENDIRI, YAKNI KOLAM YANG BOCOR, YANG TIDAK DAPAT MENAHAN AIR.
– Amsal 3:5-6 5 Percayalah kepada TUHAN dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri. 6 Akuilah Dia dalam segala lakumu, maka Ia akan meluruskan jalanmu.
– Bahasa Indonesia Masa Kini: Amsal 3:5-6 5 Percayalah kepada TUHAN dengan sepenuh hatimu, dan janganlah mengandalkan pengertianmu sendiri. 6 Ingatlah pada TUHAN dalam segala sesuatu yang kaulakukan, maka Ia akan menunjukkan kepadamu cara hidup yang baik.

III. PELAJARAN DARI RAJA ASA
a. 2 Tawarikh 14:2-5 2 Asa melakukan apa yang baik dan yang benar di mata TUHAN, Allahnya. 3 Ia menjauhkan mezbah-mezbah asing dan bukit-bukit pengorbanan, memecahkan tugu-tugu berhala, dan menghancurkan tiang-tiang berhala. 4 Ia memerintahkan orang Yehuda supaya mereka mencari TUHAN, Allah nenek moyang mereka, dan mematuhi hukum dan perintah. 5 Ia menjauhkan bukit-bukit pengorbanan dan pedupaan-pedupaan dari segala kota di Yehuda. Dan kerajaan pun aman di bawah pemerintahannya.
– 2 Tawarikh 14:9 Zerah, orang Etiopia itu, maju berperang melawan mereka dengan tentara sebanyak sejuta orang dan tiga ratus kereta. Ia sampai ke Maresa.
– 2 Tawarikh 14:10-11 10 LALU ASA MAJU MENGHADAPINYA. Mereka mengatur barisan perangnya di lembah Zefata dekat Maresa. 11 KEMUDIAN ASA BERSERU KEPADA TUHAN, ALLAHNYA: “YA TUHAN, SELAIN DARI PADA ENGKAU, TIDAK ADA YANG DAPAT MENOLONG YANG LEMAH TERHADAP YANG KUAT. TOLONGLAH KAMI YA TUHAN, ALLAH KAMI, KARENA KEPADA-MULAH KAMI BERSANDAR DAN DENGAN NAMA-MU KAMI MAJU MELAWAN PASUKAN YANG BESAR JUMLAHNYA INI. YA TUHAN, ENGKAU ALLAH KAMI, JANGAN BIARKAN SEORANG MANUSIA MEMPUNYAI KEKUATAN UNTUK MELAWAN ENGKAU!”
– Tetapi yang paling utama adalah Asa mengandalkan Tuhan dengan segenap hatinya.
– 12 Dan TUHAN memukul kalah orang-orang Etiopia itu di hadapan Asa dan Yehuda. Orang-orang Etiopia itu lari, 13 lalu dikejar oleh Asa dan laskarnya sampai ke Gerar. Dari orang-orang Etiopia itu amat banyak yang tewas, sehingga tidak ada yang tinggal hidup, karena mereka hancur di hadapan TUHAN dan tentaranya. Orang-orang Yehuda memperoleh jarahan yang sangat besar.
b. TETAP ANDALKAN TUHAN SAMPAI AKHIR!
– 2 Tawarikh 16:7-9 7 Pada waktu itu datanglah Hanani, pelihat itu, kepada Asa, raja Yehuda, katanya kepadanya: “Karena engkau bersandar kepada raja Aram dan tidak bersandar kepada TUHAN Allahmu, oleh karena itu terluputlah tentara raja Aram dari tanganmu. 8 Bukankah tentara orang Etiopia dan Libia besar jumlahnya, kereta dan orang berkudanya sangat banyak? Namun TUHAN telah menyerahkan mereka ke dalam tanganmu, karena engkau bersandar kepada-Nya. 9 Karena mata TUHAN menjelajah seluruh bumi untuk melimpahkan kekuatan-Nya kepada mereka yang bersungguh hati terhadap Dia. Dalam hal ini engkau telah berlaku bodoh, oleh sebab itu mulai sekarang ini engkau akan mengalami peperangan.”
– 2 Tawarikh 16:12 Pada tahun ketiga puluh sembilan pemerintahannya Asa menderita sakit pada kakinya yang kemudian menjadi semakin parah. Namun dalam kesakitannya itu ia tidak mencari pertolongan TUHAN, tetapi pertolongan tabib-tabib.

PERTANYAAN: Koreksi, siapakah yang menjadi andalan dalam hidup kita selama ini? Mengapa? Sharingkan!
APLIKASI: Saat kita hanya mengandalkan Tuhan sebagai satu-satunya sumber dalam hidup kita, maka faedah apakah yang kita terima? Lalu, apakah yang menjadi komitmen kita dalam hal mengandalkan Tuhan ini? Tulis dan sharingkan!

DOA PROFETIK SESUAI FIRMAN (5-10 Menit)
DOA SYAFAAT PROFETIK (10 Menit)
Pemimpin doa mengajak dan menggerakkan anggota kelompok sel untuk berdoa profetik;
1. Bagi bangsa dan negara kita Indonesia
2. Gereja kita, rhema Yesaya 60 digenapi, visi 1 juta jiwa diselamatkan
3. Gembala sidang dan hamba-hamba Tuhan serta pelayan Tuhan Keluarga Allah
4. Kesatuan dan kekudusan jemaat dan seluruh pelayan Tuhan
5. Semua kegiatan dan program yang sedang dijalankan di gereja kita
6. Permohonan doa jemaat

KESAKSIAN:

Shalom Pak Obaja, saya mengucapkan banyak-banyak terimakasih kepada Pak Obaja karena melalaui doa Pak Obaja, kami menerima mujizat Tuhan rumah saya telah laku terjual dengan harga yang terbaik diatas harga pasar, kami sangat bersyukur karena rumah yang sudah lama mau saya jual kurang lebih 5 tahun untuk bayar pinjaman saya ke Bank. Dimana usaha saya telah jatuh dan saya sudah tidak punya pemasukan sama sekali sehingga saya tidak sanggup untuk bayar bunga bank dan sudah menunggak 4-5 bulan dan pihak bank akan mengambil tindakan akan melelang rumah saya, walapun saya sangat kuatir, tetapi saya dikuatkan melalui rhema di bulan November 2021, bahwa “Pertolongan kita datangnya dari atas; bisa melalui orang lain, dan bisa melalui tangan kita sendiri. Saya imani dan percaya pertolongan Tuhan tidak pernah terlambat, dan kami lebih bersungguh-sungguh lagi mendekat kepada Tuhan. Seperti Ps Jonatan sampaikan; naik loteng atas dengan berdoa dan berpuasa. Dalam setiap doa kami juga selalu perkatakan perkataan profetik.
Kami percaya Tuhan; rhema yang telah Engkau berikan kepada hambaMu bapak Obaja bahwa tahun ini tahun Roh Kudus bekerja tanpa batas, Roh Kudus berkarya tanpa batas dalam hidup kami.
Waktu itu bulan Oktober 2021 saya memberanikan diri WA ke bapak Obaja untuk minta bantuan doa untuk rumah saya supaya rumah saya cepat laku terjual. Puji Tuhan setelah didoakan oleh bapak Obaja, 3 minggu ada yang menawar, tetapi masih di bawah harga pasar, rencana saya mau lepas dengan harga yang ditawar karena untuk melunasi hutang kami ke bank,tetapi kami berdoa lagi kalau rumah kami bisa laku terjual dengan harga yang lebih tinggi, Tuhan kirimkan pembeli yang tepat .
Tuhan sungguh Ajaib, hari Sabtu kami minta tanda dan di hari Minggu nya pas perjamuan Kudus Tuhan kirimkan pembeli dengan harga yang lebih tinggi di atas harga pasar. Mujizat yang Tuhan berikan Bukan hanya itu saja Pak Obaja, tapi bunga yang seharusnya kami bayar dihapuskan oleh bank, sehingga kami hanya membayar pokoknya saja.
Luar biasa Tuhan Yesus menolong kami, bukan hanya setengah-setengah tapi semuanya Tuhan selesaikan. Dan rhema di bulan Desember ini Dukacita Telah Tuhan Ubah Menjadi Sukacita sungguh-sungguh terjadi dalam hidup kami. Kami menerima Terang Tuhan dan Mujizat Tuhan.
Terima kasih banyak bapak Obaja atas bantuan doanya, kiranya Tuhan selalu memberi pengurapan dan pewahyuan bapak Obaja lebih lagi. Maaf baru sekarang saya memberi kesaksian ini, Tuhan Yesus Memberkati.

Narasumber Kesaksian : Jemaat GBI Keluarga Allah

S4 = SASARAN RENCANA (15 Menit)
KKS mengevaluasi dan merencanakan pertemuan komsel berikutnya. KKS mendorong setiap anggota untuk mensupport dan ambil bagian dalam kegiatan dan program yang sedang dijalankan di gereja kita.

DOA PENUTUP (5 MENIT)

Download PDF