Bahan Sharing Pekan #2 Januari 2022

S1 = SEMBAH PUJI
Sembah Puji (20 Menit)

2 lagu Pengagungan – 2 Lagu sesuai tema Firman Tuhan (silakan pilih 2 lagu berikut):
1. Api Kerasulan (KA Worship)
2. Great Harvest (KA Worship)
3. Terlalu Sedikit (KA Worship)
4. Great Revival (KA Worship)

S2 = SUASANA/ICE BREAKER (10 Menit)
Setelah melakukan ice breaker, jangan lupa menjelaskan pelajaran yang bisa dipetik dari ice breaker yang sudah dilakukan.

Judul: IDOLAKU

Petunjuk: Pemimpin Kelompok Sel menanyakan kepada semua anggota apakah punya IDOLA dalam hidupnya? Kalau artis coba gambarkan wajahnya atau tuangkan dalam TULISAN apa yang jadi favoritnya artis itu atau hobby atau kegemarannya. Pemimpin membagikan kertas dan alat tulis. Kalau sulit menggambarkan wajah, boleh dalam bentuk tulisan.

Tujuan: Seperti yang kita lukiskan siapa tokoh IDOLA kita dan kenal secara mendalam demikian pula dengan VISI yang Tuhan taruh dalam hidup kita; KITA TULIS, DOAKAN SETIAP HARI KITA JADIKAN SATU MOTIVASI KUAT BUAT KEMAJUAN BAIK DALAM PELAYANAN MAUPUN MEMBANGUN Hidup yang berhasil.

S3 = SHARING APLIKASI FIRMAN TUHAN (50-60 Menit)
GOL : Semua yang hadir melakukan dan mengalami kebenaran Firman Tuhan.
Pertanyaan : Apa tema kotbah dan pelajaran-pelajaran yang disampaikan minggu lalu?

2022: TAHUN BERAKAR DAN BERBUAH #2
VISI PROFETIK

I. BERAKAR DALAM VISI PROFETIK TUHAN.
a. Amsal 29:18 Bila tidak ada WAHYU, menjadi liarlah rakyat. Berbahagialah orang yang berpegang pada hukum.
– King James: where there is no vision, the people perish.
– English Standard Version (ESV), dikatakan: Where there is no prophetic vision the people cast off restraint.
– Wahyu bukan visi biasa tetapi visi profetik.
– Wahyu adalah petunjuk dari Allah yang diturunkan hanya kepada para nabi (prophet) dan rasul melalui mimpi dan sebagainya.
– Visi profetik adalah visi yang berasal dari Tuhan.

Matius 15:14 Biarkanlah mereka itu. Mereka orang buta yang menuntun orang buta. Jika orang buta menuntun orang buta, pasti keduanya jatuh ke dalam lobang.”
b. SALAH SATU PELAYANAN UTAMA TUHAN YESUS ADALAH MEMBERI VISI.
– Lukas 7:21 Pada saat itu Yesus menyembuhkan banyak orang dari segala penyakit dan penderitaan dan dari roh-roh jahat, dan Ia mengaruniakan penglihatan kepada banyak orang buta.
– Mazmur 146:8 TUHAN membuka mata orang-orang buta, TUHAN menegakkan orang yang tertunduk, TUHAN mengasihi orang-orang benar.
– Tangkap VISI PROFETIK untuk tahun 2022 ini:
c. SETELAH MELIHAT VISI PROFETIK DARI TUHAN, MAKA BERIKUTNYA KITA PERLU UNTUK BERAKAR DARI VISI TERSEBUT.
– Matius 13:5-6 5 Sebagian jatuh di tanah yang berbatu-batu, yang tidak banyak tanahnya, lalu benih itu pun segera tumbuh, karena tanahnya tipis. 6 TETAPI SESUDAH MATAHARI TERBIT, layulah ia dan menjadi kering karena tidak berakar.
– BERAKARLAH DALAM VISI DAN JANGAN BIARKAN VISI ITU LAYU!
– Yosua 14:9-12 9 Pada waktu itu Musa bersumpah, katanya: Sesungguhnya tanah yang diinjak oleh kakimu itu akan menjadi milik pusakamu dan anak-anakmu sampai selama-lamanya, sebab engkau tetap mengikuti TUHAN, Allahku, dengan sepenuh hati. 10 Jadi sekarang, sesungguhnya TUHAN telah memelihara hidupku, seperti yang dijanjikan-Nya. Kini sudah empat puluh lima tahun lamanya, sejak diucapkan TUHAN firman itu kepada Musa, dan selama itu orang Israel mengembara di padang gurun. Jadi sekarang, telah berumur delapan puluh lima tahun aku hari ini; 11 pada waktu ini aku masih sama kuat seperti pada waktu aku disuruh Musa; seperti kekuatanku pada waktu itu demikianlah kekuatanku sekarang untuk berperang dan untuk keluar masuk. 12 Oleh sebab itu, berikanlah kepadaku pegunungan, yang dijanjikan TUHAN pada waktu itu, sebab engkau sendiri mendengar pada waktu itu, bahwa di sana ada orang Enak dengan kota-kota yang besar dan berkubu. Mungkin TUHAN menyertai aku, sehingga aku menghalau mereka, seperti yang difirmankan TUHAN.”

II. BAGAIMANA CARA BERAKAR DI DALAM VISI?
1. JADIKAN VISI ITU SEBAGAI FOKUS PERJUANGAN SETIAP HARI!
– Habakuk 2:2-3 2 Lalu TUHAN menjawab aku, demikian: “Tuliskanlah penglihatan itu dan ukirkanlah itu pada loh-loh, SUPAYA ORANG SAMBIL LALU DAPAT MEMBACANYA. 3 Sebab penglihatan itu masih menanti saatnya, tetapi ia bersegera menuju kesudahannya dengan tidak menipu; apabila berlambat-lambat, nantikanlah itu, sebab itu sungguh-sungguh akan datang dan tidak akan bertangguh.
– Alkitab terjemahan Masa Kini: Habakuk 2:2-3 2 TUHAN menjawab aku begini, “Ukirlah dengan jelas pada kepingan tanah liat, apa yang Kunyatakan kepadamu, SUPAYA DAPAT DIBACA DENGAN MUDAH. 3 Catatlah itu, sebab sekarang belum waktunya. Tetapi saat itu segera tiba, dan apa yang Kunyatakan kepadamu pasti akan terjadi. Meskipun tampaknya masih lama, tetapi tunggu saja! Saat itu pasti akan datang dan tak akan ditunda.
– Visi, harus dituliskan, harus diukur dalam loh hati kita, harus dapat dibaca dengan mudah, harus terus-menerus diperhatikan dan harus jadi fokus perjuangan setiap hari!
– 1 Raja-raja 20:39-40 39 Pada waktu raja lewat, ia mengadukan halnya kepada raja, katanya: “Ketika hambamu ini maju ke tengah pertempuran, tiba-tiba ada seorang meninggalkan barisan dan membawa seorang kepadaku sambil berkata: Jagalah orang ini, jika ia hilang dengan cara bagaimanapun juga, maka nyawamu adalah ganti nyawanya, atau engkau harus membayar setalenta perak. 40 Ketika hambamu ini repot sana sini, orang itu menghilang.” Kemudian raja Israel itu berkata kepadanya: “Begitu jugalah hukumanmu, engkau sendiri telah menetapkannya.”
2. JANGAN TUKARKAN VISI PROFETIK DARI TUHAN DENGAN VISI PALSU DUNIAWI DARI IBLIS.
– Matius 4:8-10 8 Dan Iblis membawa-Nya pula ke atas gunung yang sangat tinggi dan memperlihatkan kepada-Nya semua kerajaan dunia dengan kemegahannya, 9 dan berkata kepada-Nya: “Semua itu akan kuberikan kepada-Mu, jika Engkau sujud menyembah aku.” 4:10 Maka berkatalah Yesus kepadanya: “Enyahlah, Iblis! Sebab ada tertulis: Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu, dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti!”
– Iblis melancarkan godaannya saat seseorang mulai ‘lelah’.
– Pastikan Roh anda tetap menyala dan tegas tidak mau kompromi dengan godaan apapun!
3. JANGAN PERNAH MENYERAH SEKALIPUN TANTANGANNYA BERAT SEKALI!
– LAWAN SEMUA GODAAN UNTUK MENYERAH, DAN TETAPKAN DIRI UNTUK PANTANG MENYERAH APAPUN YANG TERJADI!

PERTANYAAN: Visi apa yang Tuhan berikan bagi hidupmu di tahun 2022 ini? Jelaskan!
APLIKASI: Setelah mendengarkan firman Tuhan minggu ini, maka komitmen apa yang akan Anda lakukan sehingga visi Tuhan atas hidupmu itu sungguh-sungguh digenapi tahun ini? Tulis dan sharingkan!

DOA PROFETIK SESUAI FIRMAN (5-10 Menit)
DOA SYAFAAT PROFETIK (10 Menit)
Pemimpin doa mengajak dan menggerakkan anggota kelompok sel untuk berdoa profetik;
1. Bagi bangsa dan negara kita Indonesia
2. Gereja kita, rhema Yesaya 60 digenapi, visi 1 juta jiwa diselamatkan
3. Gembala sidang dan hamba-hamba Tuhan serta pelayan Tuhan Keluarga Allah
4. Kesatuan dan kekudusan jemaat dan seluruh pelayan Tuhan
5. Semua kegiatan dan program yang sedang dijalankan di gereja kita
6. Permohonan doa jemaat

KESAKSIAN:
Shalom, saya mau bersaksi begitu besar kasih Allah Tuhan Yesus Kristus yang begitu dahsyat dan ajaib.
Di tahun 2012 saya diterima lulus di universitas Sumatera Utara jurusan hukum, kemudian setelah lulus tetangga dan yang lain mempertanyakan kalau lulus nanti mau jadi apa, karena banyak jurusan hukum yang pengangguran.

hal itu malah membuat saya drop dan bingung harus kemana sebenarnya tujuan saya nantinya. Sambil saya cari-cari di internet pekerjaan lulusan hukum bisa jadi pengacara, dosen, jaksa dll. Namun ayah saya bilang ” ya didoakan saja” ayah ku bercerita bahwa ketika ayah saya berdoa, ayah saya mendapat penglihatan kalau saya memakai baju jubah warna merah dan hitam, lalu menanyakan ke saya kalau pakaian itu lagi ngapain. Lalu saya menjawab mungkin menjadi hakim. Jadi dari doa itu menguatkan kami untuk rencana Tuhan.

di tahun 2016 saya lulus, ternyata mencari pekerjaan itu tidak mudah, saya merantau ke jakarta dan akhirnya bekerja contact center dan merupakan karyawan kontrak

di tahun 2017 terdapat pembukaan seleksi calon hakim, akhirnya saya mencoba mengikuti test tersebut. Test pertama saya coba, saya lulus lanjut ke tahap berikutnya. setelah ke tahap selanjutnya saya ikutin, ternyata hasil akhir menyatakan saya tidak lulus. Saya sempat menjauh dari Tuhan, tidak mau ke gereja dan berdoa. Berpikir “dimana janji Tuhan, bukankah ini jalanNya, kenapa tidak dinyatakan lulus”

Lalu saya tetap bekerja di perusahaan yang sama, kemudian saya terus berdoa supaya pekerjaan saya dipulihkan oleh Tuhan. Di Jakarta jabatan saya terus naik, dan sempat berdoa, akhirnya saya dipromosikan dan pindah ke Solo dengan status Asisten Manager. Gaji yang terbilang lumayan, sesuai dengan harapan doa saya. Namun sempat beberapa kali saya tidak mempersembahkan persepuluhan. Lalu belum sampai 1 tahun akhirnya saya di down grade menjadi SPV. Hari-hari saya semakin berat, begitu banyak tekanan pekerjaan, dan terus mencari kemana arah pekerjaan saya selanjutnya.

Di tahun 2019 saya mencoba tes CPNS namun gagal. Di Solo saya pun menemukan jodoh saya dan menikah di tahun 2020, di dalam pernikahan saya dan istri belajar taat untuk selalu mempersembahkan persepuluhan, kami terus berdoa untuk masa depan keluarga kami. Di hari pekerjaan yang sudah mulai membosankan, dan berpikir apa ini tujuan Tuhan, kemudian teringat ada perkaataan pelayan Tuhan ketika saya di Malaysia menyampaikan “kamu jurusan hukum, kenapa kerja di perbankan, kamu jangan lari dari jurusan kamu, ada rencana Tuhan, kenapa kamu lulusan hukum”. Lalu saya berpikir mungkin di tahun 2017 saya tidak lulus, supaya bisa menemukan jodoh saya, menyelamatkan jiwa yang terhilang yang sebelumnya juga belum mengenal Kristus.

Di tahun 2021 ketika ada tes CPNS saya pun ikut mencoba bagian analisis perkara peradilan di Mahkamah Agung yang nantinya akan dialokasikan ke calon hakim. Kami terus berdoa kalau memang ini jalan Tuhan, biar saya bisa lulus dan dipermudahkan untuk prosesnya. Proses administrasi saya harus mempersiapkan tes toefl, dan saya harus les dan tes untuk mendapatkannya, semua berjalan dengan mudah. Ketika tes 1 yaitu tes seleksi kemampuan dasar selalu saya dinyatakan lulus dan lanjut ke tahap selanjutnya yaitu tes seleksi kemampuan bidang.
Di seleksi kemampuan bidang ini saya sedikit down, karena melihat begitu banyak pesaing yang berasal dari lawyer, yang masih freshgraduate, S2, dll, sementara saya sudah lama tidak belajar dan tidak bekerja sesuai bidang hukum
Saya dan istri terus berdoa, pondok daud supaya semua dipermudah, karena sudah 5 tahun tidak pernah belajar hukum membuat tidak percaya diri untuk melaluinya.
Ketika tes seleksi kompetensi bidang saya membeli buku, dll, saya belajar sampai malam hari, terkadang ketika mandi pun seperti ada yang berbisik, baca materi tentang ini… hafal tentang materi ini, lalu saya mencoba membaca, dan mencatat yang belum saya pelajari, dan mujizat lagi apa yang saya baca dan diingatkan itu benar-benar keluar ketika tes tertulis.

Lanjut ke tes wawancara hakim tinggi, sebelum wawancara saya sambil diskusi dengan peserta yang akan di tes, ketika sambil diskusi dengan peserta lain, salah satu peserta menanyakan sebuah materi ke saya dan saya tidak bisa jawab, akhirnya peserta tersebut saling sharing. Mujizat lagi, ternyata pertanyaan dari interviewer hakim tinggi itu menanyakan hal yang sama dengan peserta/teman saya berdiskusi. Hal itu benar-benar mujizat menurut saya. Semua dipermudah oleh Tuhan. Tes kemampuan Bahasa Inggris dengan hakim tinggi, walaupun bahasa inggris saya tidak terlalu lancar, namun Puji Tuhan semua saya bisa lewati
Ketika pengumuman tanggal 24 Desember 2021 kemarin di malam hari, Puji Tuhan Yesus Kristus. Allah yang hidup yang menjawab semua doa-doa saya, saya melihat di pengumuman saya dinyatakan Lulus. Tuhan kita dahsyat!!!

Narasumber Kesaksian : Jeremia Sipahutar

S4 = SASARAN RENCANA (15 Menit)
KKS mengevaluasi dan merencanakan pertemuan komsel berikutnya. KKS mendorong setiap anggota untuk mensupport dan ambil bagian dalam kegiatan dan program yang sedang dijalankan di gereja kita.

DOA PENUTUP (5 MENIT)

Download PDF