Kelompok Sel Pekan #2 Mei 2020

S1 = SEMBAH PUJI

Sembah Puji (20 Menit)
2 lagu Pengagungan – 2 Lagu sesuai tema Firman Tuhan (Silahkan pilih 2 lagu berikut):
1. Kami T’rima Kuasa-Mu (KA Worship)
2. Perjanjian Ajaib-Praise (KA Worship)
3. Yesaya 60 (KA Worship)
4. Kemuliaan Besar (KA Woship)

S2 = SUASANA/ICE BREAKER (10 Menit)

Setelah melakukan ice breaker, jangan lupa menjelaskan pelajaran yang bisa dipetik dari ice breaker yang sudah dilakukan.

Petunjuk: Pemimpin ice breaker menyiapkan sebuah gelas yang diisi air setengah, beberapa potongan kertas yang bertuliskan sebuah perintah untuk ditirukan. Potongan-potongan kertas itu dilipat agar tidak kelihatan tulisannya, setelah itu ditempelkan pada gelas dengan selotip (kertas itu berisi 3 sampai 5 pertanyaan yang diambil dari Alkitab). Sebuah alat musik/mp3 lagu rohani. Para anggota duduk membentuk lingkaran dan pemimpin berada di tengah-tengah untuk memimpin jalannya permainan. Bila musik berbunyi, gelas itu dijalankan secara berantai (dari satu orang kepada orang lain).Tetapi bila musik berhenti, gelas itu juga berhenti. Orang yang terakhir memegang gelas itu diminta untuk membuka salah satu kertas yang tertempel pada gelas tersebut dan melakukan apa yang diperintahkan disitu. Setelah ia selesai melakukan isi perintah itu, ia boleh duduk kembali dan permainan dilanjutkan seperti semula sampai kertas perintah itu habis. Selama permainan gelas ini berlangsung, air dalam gelas itu tidak tidak boleh tumpah, dan jalannya itu juga harus berurutan, tidak boleh melompat-lompat.

Tujuan: Mengajarkan kepada kita bahwa setiap perintah yang telah difirmankan Tuhan harus diterapkan dalam kehidupan kita setiap hari. Melalui permainan ini kita juga diajar utuk bertanggung jawab atas setiap hal yang sudah dipercayakan kepada kita dan berdisiplin dalam bertindak walaupun hal itu mungkin tidak menyenangkan atau tidak kita sukai.

S3 = SHARING APLIKASI FIRMAN TUHAN (50-60 Menit)

GOL : Semua yang hadir melakukan dan mengalami kebenaran Firman Tuhan.
Pertanyaan : Apa tema kotbah dan pelajaran-pelajaran yang disampaikan minggu lalu?

BUILDING RESILIENCE #2 – MEMBANGUN KETAHANAN #2
FINANCIAL RESILIENCE – KETAHANAN KEUANGAN

PEMBUKAAN:
Hari ini kita akan mensharingkan aplikasi firman Tuhan yang sudah kita dengar pada hari Minggu, yaitu tentang ‘BUILDING RESILIENCE #2 – MEMBANGUN KETAHANAN #2’ dengan tema ‘FINANCIAL RESILIENCE – KETAHANAN KEUANGAN’

I. PERSIAPKAN DIRI TANGGUH MENGHADAPI MASA SUKAR.
a. DALAM KEHIDUPAN, ADA WAKTUNYA MASA SUKAR AKAN DATANG.
Kejadian 12:10
Kejadian 26:1 — Artinya, masa kelaparan, masa sukar, masa kekeringan adalah bagian dari kehidupan.
Tetapi berita baiknya adalah, kalau manusia masih bisa hidup sampai hari ini dan bumi belum musnah sampai hari ini, artinya seburuk-buruknya masa sukar yang pernah terjadi, semua masa krisis itu pasti berlalu!
b. SIKAP KITA MENGHADAPI MASA YANG SUKAR:
Di satu sisi, SEBAGAI ANAK TUHAN, KITA TIDAK PERLU KETAKUTAN BERLEBIHAN MENGHADAPI MASA SUKAR — Mazmur 33:18-19
Amsal 11:8: ORANG BENAR DISELAMATKAN DARI KESUKARAN, lalu orang fasik menggantikannya.
Amsal 12:13 — Itu sebabnya PASTIKAN TETAP HIDUP BENAR DI HADAPAN TUHAN!
TETAPI IMAN JUGA HARUS DISERTAI DENGAN PERBUATAN. IMAN JUGA HARUS DISERTAI DENGAN USAHA. IMAN JUGA HARUS DISERTAI DENGAN PERSIAPAN! — Amsal 31:19,21,25; Amsal 6:6-11

II. RAHASIA MEMBANGUN KETAHANAN FINANSIAL.

1. RAHASIA BERKAT PALING UTAMA ADA TAAT PADA PETUNJUK TUHAN.
Yang menjadi ketakutan banyak orang hari-hari ini adalah KRISIS EKONOMI. Dan saya perlu katakan bahwa yang bisa menyelamatkan keuangan anda hari-hari ini adalah PETUNJUK TUHAN.
DALAM MOMEN KRISIS INI SAYA BERDOA TELINGA ROH KITA DIBUKAKAN OLEH TUHAN.
BAGAIMANA KITA BISA PEKA MENDENGARKAN SUARA TUHAN?
– BANGUN SENANTIASA HUBUNGAN YANG SANGAT ERAT DENGAN TUHAN.
– TETAPLAH TINGGAL DI GEREJA LOKAL DI MANA TUHAN TEMPATKAN ANDA!
2. PELAJARI SUNGGUH-SUNGGUH KEBENARAN FIRMAN TUHAN.
Firman Tuhan bukan hanya akan menyelamatkan hidup anda, tetapi juga semua aspek hidup anda, termasuk keuangan anda!
– 2 Timotius 3:16 — Ayub 5:17-22. 17
Jangan lupa ayat tadi yang sudah kita baca: ORANG BENAR akan diselamatkan dari kesukaran dan keluar dari kesukaran.
3. MILIKI STRATEGI UNTUK MELEWATI MASA SUKAR.
– Kejadian 47:13-17
a. Strategi Yusuf yang pertama adalah BERHEMAT SEHINGGA BISA MENABUNG.
b. Strategi Yusuf yang kedua adalah BEKERJA SUPAYA MENGHASILKAN.
– Kejadian 47:18-19
c. Strategi Yusuf yang ketiga adalah MENGUPGRADE DIRI TERUS-MENERUS.
Strategi Yusuf yang keempat adalah JANGAN BERHENTI MENABUR BENIH DI MASA KRISIS.

PERTANYAAN: Apakah yang dimaksud ‘Masa Sukar’ bagi Anda? Masa sukar seperti apakah yang pernah atau bahkan sedang Anda hadapi hari-hari ini? Mengapa?
APLIKASI: Lalu komitmen dan langkah seperti apakah yang akan Anda lakukan untuk Anda bisa membangun dan memperkuat Ketahanan dalam masa sukar ini, khususnya dalam hal keuangan? Sharingkan!

DOA PROFETIK SESUAI FIRMAN (5-10 Menit)
DOA SYAFAAT PROFETIK (10 Menit)
Pemimpin doa mengajak dan menggerakkan anggota kelompok sel untuk berdoa profetik.
1. Tuaian jiwa-jiwa dan 1 Juta Pahlawan.
2. Berdoa bagi bangsa Indonesia, kesatuan dan kesejahteraan bangsa.
3. Ada lawatan Tuhan yang dahsyat, dan kesatuan yang solid dalam gereja kita.
4. Urapan Tuhan, hikmat dan tuntunan Tuhan atas Gembala Sidang; Pdt. Obaja TS dan keluarga beserta hamba-hamba Tuhan yang melayani di gereja kita.
5. Pergumulan jemaat dijawab Tuhan dan nama-nama yang ditulis di Kartu Penuai dijamah serta diselamatkan

KESAKSIAN:

TSUNAMI MUJIZAT & JIWA-JIWA DISELAMATKAN DI KELUARGA ALLAH!

Shalom, Saya adalah salah satu dari sekian orang yang mengalami dampak dari resesi ekomoni hari-hari ini. Tidak mudah bagi saya yang sendirian harus bisa survive dengan satu anak, masih harus membayar kontrakan setiap bulan dan memenuhi kebutuhan kami sehari-hari. Selama masa resesi ini, penghasilan saya di G*Massage hampir dikatakan mati. Terakhir hanya ada 1-2 orang di bulan kemarin yang masih memakai jasa saya. Selebihnya saya bingung harus nenambah penghasilan dari mana. Sementara anak saya masih kecil, tidak mungkin jika saya harus pergi bekerja meninggalkannya di kontrakan sendiri. Saya berdoa dan mencoba untuk ikut berjualan masker, dll seperti banyak orang, tapi hasilnya nihil. Jual antiseptic, nihil juga. Jual alat kesehatan, juga nihil. Apa yang saya bisa lakukan, saya terus berfikir dan hanya melakukan apa yang bisa saya lakukan. Sampai akhirnya saya benar-benar tidak punya penghasilan apa-apa. Saya pernah mengajukan bantuan, tapi saya merasa Tuhan ingin berperkara sendiri dengan pribadi saya. Sampai di detik-detik terakhir saya benar-benar butuh uang, saya hanya bisa berdoa. Kebetulan waktu itu hari minggu. Saya ikuti ibadah online dan berdoa, tanya Tuhan apa yang harus saya lakukan, saya minta hikmat dan petunjuk Tuhan. Dan setelah selesai ibadah online, TUHAN MENJAWAB DOA SAYA! Tiba-tiba ada teman kawan kerja saya menawari untuk membuat masker sebanyak 1000pcs. Dan tidak hanya itu saja, saya bisa membuatnya di rumah sambil menjaga anak saya. Sungguh Tuhan luar biasa menjawab doa. Dia tidak pernah terlambat dan tidak pernah membiarkan anak-anak yang berharap kepada-Nya terpuruk. Saat ini saya hanya bisa bersyukur dan semakin bisa melihat bagaimana kasih dan nyata penyertaan-Nya dalam hidup saya. Sungguh ajaib! Bagi siapa saja yang sedang mengalami hal yang sama dengan saya, jangan menyerah. Terus berusaha, berjuang dan yang terpenting adalah: andalkan Tuhan, minta petunjuk Tuhan! Dia akan menjawab kita dengan cara-Nya yang ajaib. Asal kita tidak menyerah dan mau bersungguh hati terhadap Dia. Haleluya!
Dengan kepak-Nya Ia akan menudungi engkau, di bawah sayap-Nya engkau akan berlindung, kesetiaan-Nya ialah perisai dan pagar tembok. (Mazmur 91:4)

Narasumber Kesaksian : Bu Ellis, Yogyakarta (Komsel Online 33 – Gereja Internet GBIKA)

S4 = SASARAN RENCANA (15 Menit)
Dilakukan oleh KKS tujuannya untuk mengevaluasi dan merencanakan pertemuan kelompok sel yang akan datang.

DOA PENUTUP (5 MENIT)

DOWNLOAD PDF