Bahan Sharing Kelompok Sel Pekan #2 Maret 2022

S1 = SEMBAH PUJI
Sembah Puji (20 Menit)
2 lagu Pengagungan – 2 Lagu sesuai tema Firman Tuhan (silakan pilih 2 lagu berikut):
1. Ku Punya Visi
2. Ku Kan Terbang
3. Berkaryalah Roh Kudus (KA Worship)
4. Iman Tak Pernah Gagal (KA Worship)

S2 = SUASANA/ICE BREAKER (10 Menit)
Setelah melakukan ice breaker, jangan lupa menjelaskan pelajaran yang bisa dipetik dari ice breaker yang sudah dilakukan.
Judul: FOKUS PADA TUJUAN TUHAN DAN JAUHI GODAAN
Petunjuk: Sebuah sapu tangan yang cukup besar dan berwarna gelap. Sebuah kelapa yang sudah dikupas tempurungnya tetapi jangan sampai bocor, atau balon yang berisi air. Sebatang tongkat atau kayu yang sudah dibersihkan.
Mula-mula pemimpin permainan meletakkan kelapa/ balon yang berisi air ditengah-tengah lapangan, kemudian ia memilih salah seorang dari antara anggota komsel untuk bersedia ditutup matanya dengan sapu tangan. Anggota yang lain duduk atau berdiri berjalan mengelilingi anggota yang ditutup matanya tadi. Ia diberi tongkat dan dibawa berkeliling beberapa kali, kemudian dilepaskan (tetap didalam lingkaran). Para anggota yang duduk atau berdiri tadi dibagi menjadi dua kelompok, satu kelompok memihak kepada orang yang ditutup matanya, sedangkan yang satu lagi menjadi kelompok yang menentang. Orang yang ditutup matanya itu harus mencari kelapa atau balon yang disembunyikan dan memukulnya sampai hancur atau pecah. Sementara ia berjalan,kelompok yang memihak kepadanya harus berseru bila ia hampir mendekati kelapa atau balon atau bila ia membelok ke kiri dan ke kanan sampai ia dapat memecahkan kelapa atau balon dengan tongkat yang dipegangnya. Sementara kelompok yang menentangnya akan mengacau kelompok yang memihak kepadanya dengan memberitahukan arah lain yang menyebabkannya menjauhi kelapa atau balon itu.
Tujuan: Mengajarkan kepada kita agar mendengarkan Firman Tuhan dan segera melakukannya sehingga kita tidak mudah dikacaukan oleh godaan para penyesat yang hanya bertujuan untuk menjauhkan kita dari kehendak dan Tujuan Tuhan atas hidup kita.

S3 = SHARING APLIKASI FIRMAN TUHAN (50-60 Menit)
GOL : Semua yang hadir melakukan dan mengalami kebenaran Firman Tuhan.
Pertanyaan : Apa tema kotbah dan pelajaran-pelajaran yang disampaikan minggu lalu?

HOW TO HAVE A MEANINGFUL LIFE #2
BAGAIMANA HIDUP YANG BERARTI #2
WINNING OVER TEMPTATIONS – MENANG ATAS GODAAN

I. TUHAN MAU KITA SUKSES KEKAL, SEDANGKAN IBLIS INGIN KITA GAGAL!
a. Salah satu cara yang dipakai iblis untuk menghancurkan hidup manusia adalah melalui GODAAN.
– GODAAN MEMBUAT AKHIRNYA KITA TERPIKAT DAN MENGIKUTI MUSUH KITA DAN AKHIRNYA KITA DIBUAT MELENCENG DARI VISI KEKAL DARI TUHAN.
b. Amsal 7:21-27 21 IA MERAYU orang muda itu dengan BERBAGAI-BAGAI BUJUKAN, dengan kelicinan bibir IA MENGGODANYA. 22 Maka tiba-tiba orang muda itu mengikuti dia SEPERTI LEMBU YANG DIBAWA KE PEJAGALAN, dan seperti orang bodoh yang terbelenggu untuk dihukum, 23 sampai anak panah menembus hatinya; seperti burung dengan cepat menuju perangkap, dengan TIDAK SADAR, BAHWA HIDUPNYA TERANCAM. 24 Oleh sebab itu, hai anak-anak, dengarkanlah aku, PERHATIKANLAH PERKATAAN MULUTKU. 25 Janganlah hatimu membelok ke jalan-jalan perempuan itu, dan janganlah menyesatkan dirimu di jalan-jalannya. 26 KARENA BANYAKLAH ORANG YANG GUGUR DITEWASKANNYA, SANGAT BESARLAH JUMLAH ORANG YANG DIBUNUHNYA. 27 RUMAHNYA ADALAH JALAN KE DUNIA ORANG MATI, YANG MENURUN KE RUANGAN-RUANGAN MAUT.
– TUJUAN UTAMA GODAAN ADALAH UNTUK MENGALIHKAN PANDANGAN KITA DARI VISI TUHAN.
c. SINGKIRKAN GODAAN SUPAYA KITA BISA TETAP MELIHAT VISI TUHAN DENGAN JELAS!

II. BERSAMA YESUS, KITA BISA MENANG MELAWAN GODAAN.
a. Matius 4:2-11 2 Dan setelah berpuasa empat puluh hari dan empat puluh malam, akhirnya laparlah Yesus. 3 Lalu datanglah si pencoba itu dan berkata kepada-Nya: “Jika Engkau Anak Allah, perintahkanlah supaya batu-batu ini menjadi roti.” 4 Tetapi Yesus menjawab: “Ada tertulis: Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah.” 5 Kemudian Iblis membawa-Nya ke Kota Suci dan menempatkan Dia di bubungan Bait Allah, 6 lalu berkata kepada-Nya: “Jika Engkau Anak Allah, jatuhkanlah diri-Mu ke bawah, sebab ada tertulis: Mengenai Engkau Ia akan memerintahkan malaikat-malaikat-Nya dan mereka akan menatang Engkau di atas tangannya, supaya kaki-Mu jangan terantuk kepada batu.” 7 Yesus berkata kepadanya: “Ada pula tertulis: Janganlah engkau mencobai Tuhan, Allahmu!” 8 Dan Iblis membawa-Nya pula ke atas gunung yang sangat tinggi dan memperlihatkan kepada-Nya semua kerajaan dunia dengan kemegahannya, 9 dan berkata kepada-Nya: “Semua itu akan kuberikan kepada-Mu, jika Engkau sujud menyembah aku.” 10 Maka berkatalah Yesus kepadanya: “Enyahlah, Iblis! Sebab ada tertulis: Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu, dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti!” 11 Lalu Iblis meninggalkan Dia, dan lihatlah, malaikat-malaikat datang melayani Yesus.
b. 3 MACAM GODAAN YANG DIALAMI OLEH YESUS
1. GODAAN KEBUTUHAN!
2. GODAAN KESOMBONGAN DAN PEMBUKTIAN DIRI.
– ITU SEBABNYA, BUANG KESOMBONGAN, DAN BELAJAR MERENDAHKAN HATI.
3. GODAAN KEINGINAN AKAN HARTA DAN KEKAYAAN.
c. RAHASIA MENANG ATAS GODAAN
1. BERJALANLAH LEBIH ERAT BERSAMA YESUS.
– Ibrani 4:15 Sebab Imam Besar yang kita punya, bukanlah imam besar yang tidak dapat turut merasakan kelemahan-kelemahan kita, sebaliknya SAMA DENGAN KITA, IA TELAH DICOBAI, HANYA TIDAK BERBUAT DOSA.
2. JADIKAN FIRMAN SEBAGAI KIBLAT DAN KOMPAS HIDUP KITA.
– Amsal 7:1-5 1 Hai anakku, berpeganglah pada perkataanku, dan simpanlah perintahku dalam hatimu. 2 Berpeganglah pada perintahku, dan engkau akan hidup; simpanlah ajaranku seperti biji matamu. 3 Tambatkanlah semuanya itu pada jarimu, dan tulislah itu pada loh hatimu. 4 Katakanlah kepada hikmat: “Engkaulah saudaraku” dan sebutkanlah pengertian itu sanakmu, 5 supaya engkau dilindunginya terhadap perempuan jalang, terhadap perempuan asing, yang licin perkataannya.
3. LAWANLAH IBLIS DENGAN IMAN YANG TEGUH.

PERTANYAAN: Godaan apa sajakah yang hari-hari ini mungkin sempat melemahkanmu? Mengapa? Lalu langkah apakah yang Anda lakukan untuk mengatasi godaan tersebut? Sharingkan!
APLIKASI: Setelah mendengarkan firman Tuhan minggu ini, maka komitmen apakah yang akan Anda lakukan sehingga janji Tuhan dalam firmanNya minggu ini dinyatakan atas hidupmu? Tulis dan sharingkan!

DOA PROFETIK SESUAI FIRMAN (5-10 Menit)
DOA SYAFAAT PROFETIK (10 Menit)
Pemimpin doa mengajak dan menggerakkan anggota kelompok sel untuk berdoa profetik;
1. Bagi bangsa dan negara kita Indonesia
2. Gereja kita, rhema Yesaya 60 digenapi, visi 1 juta jiwa diselamatkan
3. Gembala sidang dan hamba-hamba Tuhan serta pelayan Tuhan Keluarga Allah
4. Kesatuan dan kekudusan jemaat dan seluruh pelayan Tuhan
5. Semua kegiatan dan program yang sedang dijalankan di gereja kita
6. Berdoa untuk persiapan dan rangkaian ibadah PASKAH bulan April
7. Permohonan doa jemaat

KESAKSIAN:

Shalom, saya mau bersaksi bahwa Tuhan kita itu sama dari dulu sampai selamanya. Berawal dari 11 Januari, saya mulai masuk bekerja setelah cuti lahiran, saya masuk kerja seperti biasa. Saya terkejut karena sudah ada anak baru yang gantikan saya, semua account kelolaan saya, user saya bahkan meja kerja dan komputer saya pun dipakai. Saya tidak punya fasilitas apapun selain motor dan HP kantor. Seminggu kemudian saya dipanggil cabang dengan alasan saya tidak target. Singkat cerita, saya tanggal 10 Februari kemarin dapat SK (Surat Keputusan) saya harus dimutasi ke Surabaya karena dinilai tidak produktif dari angka Desember, padahal karena saya cuti dan diambil anak baru itu. Bukan anak baru yang dipindah, justru saya yang dipindah. Jujur, saya kecewa dan terkejut waktu itu, biasanya yang dipindah keluar kota karena dia benar-benar berbuat ulah atau karena mau diangkat ke jabatan yang lebih tinggi, tapi saya tanpa alasan yang jelas, tiba-tiba SK itu turun dan tidak bisa diubah.. Saya tahu, saya sedang dijebak oleh beberapa teman saya karena selama saya bekerja, berulangkali mereka jebak saya dengan kasus yang aneh-aneh tapi tidak pernah berhasil, tetapi firman hari minggu yang saya dapat “jangan takut”, karena ada Bapa di surga yang ikut bekerja. Saya mulai percaya ini campur tangan Tuhan. Saya berpikir positif yang pertama tempat kerja saya dekat gereja, jadi saya tidak bingung cari tempat buat pondok Daud waktu istirahat. Kedua, kebetulan kontrakan saya bulan Maret habis, jadi saya berencana pindah sekalian. Ketiga, kalau saya pindah ada daycare dan RS rujukan asuransi di Surabaya. Keempat, kalau saya tinggal di Surabaya, harga ojek online lebih murah. Ternyata Tuhan itu benar-benar bekerja di luar pemikiran saya. Beberapa hari sebelum pindah, saya dapat info, saya dikasih motor kantor baru dan atas nama saya sendiri. Tidak berhenti sampai disitu ternyata saya dapat uang saku. Masih ada lagi yang Tuhan kasih, saya dapat uang sewa rumah selama 1 tahun pertama dari cabang lama dan 1 tahun kedua dari cabang baru. Belum berhenti saudara, ternyata saya ada tabungan di koperasi, dikembalikan ke saya juga per hari ini itu saya pindah dan hari itu juga saya dapat souvenir banyak sekali yang memang barang itu saya inginkan dalam hati, tapi saya tidak pernah bilang ke suami atau beli karena kondisi keuangan keluarga, dan itu Tuhan kasih gratis. Memang saya direncanakan sama teman-teman saya untuk jatuh, tapi saya punya Tuhan yang berkuasa membalikkan keadaan saya, bukan hal buruk yang saya dapat, tapi anugerah yang berkelanjutan seperti di Kejadian 50:20 (TB) Memang kamu telah mereka-rekakan yang jahat terhadap aku, tetapi Allah telah mereka-rekakannya untuk kebaikan,…
aSaya juga masih percaya, ini belum berhenti karya Tuhan dalam hidup saya ketika nanti saya bekerja di unit kerja yang baru. Itu kesaksian saya atas mujizat yang Tuhan nyatakan. Tuhan Yesus memberkati.

Narasumber Kesaksian : Mitha- SGB Usher KA Surabaya

S4 = SASARAN RENCANA (15 Menit)
KKS mengevaluasi dan merencanakan pertemuan komsel berikutnya. KKS mendorong setiap anggota untuk mensupport dan ambil bagian dalam kegiatan dan program yang sedang dijalankan di gereja kita.

DOA PENUTUP (5 MENIT)

Download PDF