Bahan Sharing Kelompok Sel Pekan #3 Januari 2022

S1 = SEMBAH PUJI
Sembah Puji (20 Menit)
2 lagu Pengagungan – 2 Lagu sesuai tema Firman Tuhan (silakan pilih 2 lagu berikut):
1. Api Kerasulan (KA Worship)
2. Great Harvest (KA Worship)
3. Mengerjakan Mujizat (KA Worship)
4. KekuatanMu Sempurna (KA Worship)

S2 = SUASANA/ICE BREAKER (10 Menit)
Setelah melakukan ice breaker, jangan lupa menjelaskan pelajaran yang bisa dipetik dari ice breaker yang sudah dilakukan.
Judul: BUAH YANG MANIS
Petunjuk: Pemimpin yang memandu acara ice breaker dimohon membawa 4 rasa jus yang beranekaragam buah. Semua diminta melihat warna,rasa dan meminumnya pelan-pelan. Setelah itu saling berbagi berkat dalam bentuk SHARING. Bagaimana proses dari BENIH sampai jadi BUAH lanjut dengan bagaimana menjadi minuman. Renungkan peran Petani dan Pembuat JUS.
Tujuan: Semua buah asal tumbuhan/tanaman yang hidup/ciptaan Tuhan. Hidupnya dari BENIH di sebuah lading. Demikian hidup kita agar BERBUAH maka kita harus banyak Memahami bahwa kita ini adalah LADANGNYA TUHAN yang pada musimnya akan BERBUAH. ADA BENIH YANG DITABUR DAN HUJAN YANG DICURAHKAN OLEH TUHAN.

S3 = SHARING APLIKASI FIRMAN TUHAN (50-60 Menit)
GOL : Semua yang hadir melakukan dan mengalami kebenaran Firman Tuhan.
Pertanyaan : Apa tema kotbah dan pelajaran-pelajaran yang disampaikan minggu lalu?

2022: TAHUN BERAKAR DAN BERBUAH #3
THE SECRETS OF ABUNDANCE – RAHASIA KELIMPAHAN

I. HIDUP KITA ADALAH LADANG ALLAH.
a. 1 Korintus 3:9 Karena kami adalah kawan sekerja Allah; KAMU ADALAH LADANG ALLAH, bangunan Allah.
b. Kenapa Tuhan menyebut kita sebagai ladang Allah?
– Karena di dalam kita, Tuhan sudah menanam potensi atau sumber daya yang sangat hebat.
c. TUHAN MAU LADANG ALLAH HIDUP KITA MENGHASILKAN HASIL YANG BAIK.
– Yesaya 5:1-2 1 Aku hendak menyanyikan nyanyian tentang kekasihku, nyanyian kekasihku tentang kebun anggurnya: Kekasihku itu mempunyai kebun anggur di lereng bukit yang subur. 2 Ia mencangkulnya dan membuang batu-batunya, dan menanaminya dengan pokok anggur pilihan; ia mendirikan sebuah menara jaga di tengah-tengahnya dan menggali lobang tempat memeras anggur; lalu dinantinya supaya kebun itu menghasilkan buah anggur yang baik, tetapi yang dihasilkannya ialah buah anggur yang asam.

II. 3 PRINSIP MENJADI LADANG ALLAH YANG BERBUAH LEBAT.
1. SADARI BAHWA TUHANLAH PEMILIK LADANG HIDUP KITA.
– Matius 21:33-35,41 33 “Dengarkanlah suatu perumpamaan yang lain. Adalah seorang tuan tanah membuka kebun anggur dan menanam pagar sekelilingnya. Ia menggali lobang tempat memeras anggur dan mendirikan menara jaga di dalam kebun itu. Kemudian ia menyewakan kebun itu kepada penggarap-penggarap lalu berangkat ke negeri lain. 34 Ketika hampir tiba musim petik, ia menyuruh hamba-hambanya kepada penggarap-penggarap itu untuk menerima hasil yang menjadi bagiannya. 35 Tetapi penggarap-penggarap itu menangkap hamba-hambanya itu: mereka memukul yang seorang, membunuh yang lain dan melempari yang lain pula dengan batu.
– 41 Kata mereka kepada-Nya: “Ia akan membinasakan orang-orang jahat itu dan kebun anggurnya akan disewakannya kepada penggarap-penggarap lain, YANG AKAN MENYERAHKAN HASILNYA KEPADANYA PADA WAKTUNYA.”
2. JADILAH PENGGARAP LADANG TUHAN YANG RAJIN.
– Amsal 24:30-31 30 Aku melalui ladang seorang pemalas dan kebun anggur orang yang tidak berakal budi. 31 Lihatlah, semua itu ditumbuhi onak, tanahnya tertutup dengan jeruju, dan temboknya sudah roboh.
a. Pertama adalah ONAK: Onak adalah tanaman liar yang penuh dengan duri.
– Kekecewaan atau trauma masa lalu yang selalu menyakitkan
b. Yang kedua adalah JERUJU: Jeruju adalah rumput liar.
– Rumput liar adalah segala sesuatu yang bisa menggeser dan mengacaukan skala prioritas dalam hidup anda.
c. Yang ketiga adalah TEMBOK YANG ROBOH.
– Tembok yang Roboh adalah tembok sekeliling atau menara penjagaan untuk menjaga, melindungi, dan mengamankan ladang atau Kebun anggur.
3. MENABURLAH YANG BANYAK.
– Yesaya 30:23 Lalu TUHAN akan memberi hujan bagi benih yang baru kamu taburkan di ladangmu, dan dari hasil tanah itu kamu akan makan roti yang lezat dan berlimpah-limpah. Pada waktu itu ternakmu akan makan rumput di padang rumput yang luas;

PERTANYAAN: Sadarkah Anda bahwa hidup kita ini adalah LADANG ALLAH? Lalu buah apa saja yang sudah Anda berikan bagi Tuhan? Sharingkan!
APLIKASI: Setelah merenungkan dan mengerti firman Tuhan hari ini, maka langkah dan komitmen apakah yang akan Anda lakukan, sehingga hidupmu bisa sungguh-sungguh berbuah lebat bagi kemuliaan Tuhan? Tulis dan sharingkan!

DOA PROFETIK SESUAI FIRMAN (5-10 Menit)
DOA SYAFAAT PROFETIK (10 Menit)
Pemimpin doa mengajak dan menggerakkan anggota kelompok sel untuk berdoa profetik;
1. Bagi bangsa dan negara kita Indonesia
2. Gereja kita, rhema Yesaya 60 digenapi, visi 1 juta jiwa diselamatkan
3. Gembala sidang dan hamba-hamba Tuhan serta pelayan Tuhan Keluarga Allah
4. Kesatuan dan kekudusan jemaat dan seluruh pelayan Tuhan
5. Semua kegiatan dan program yang sedang dijalankan di gereja kita
6. Permohonan doa jemaat

KESAKSIAN:

Pada bulan Agustus 2021 saya mengalami masalah yaitu;
Saya tidak diterima di perguruan tinggi negeri, walaupun saya tahu nilai raport dan skor SBMPTN saya tidak buruk.
Uang tabungan dan motor saya juga diambil oleh ayah saya, dan setiap ditagih ayah saya malah marah-marah. Saya dari kecil diurus oleh mamah saja.
Bulan September 2021, tabungan saya hanya tinggal 9 juta. Saya bertanya kepada Tuhan “Tuhan uangku tinggal 9 juta, padahal Desember saya harus ke Bandung untuk melanjutkan kuliah, apa yang harus saya lakukan Tuhan?”
Dan pas itu Tuhan berbicara kepada saya “Nicho, kamu Desember harus sudah punya uang 100 juta dari usaha keringatmu sendiri, Aku menyertaimu”
Saya berpikir “mana bisaaa Tuhan??? September-Desember saya bisa ngumpulin uang segitu.. umur saya saja masih 18 tahun, dan juga modal saya saja terbatas banget”, bahkan saat saya ceritakan itu ke mamah saya, malah mamah saya berkata “itu ekspektasimu atau beneran dari Tuhan ?“.. Tetapi saya bercaya Yesaya 60:22 pasti tergenapi di hidup saya.. “Yang paling kecil akan menjadi kaum yang besar, dan yang paling lemah akan menjadi bangsa yang kuat; Aku, Tuhan, akan melaksanakannya dengan segera pada waktunya.”
Dan kemudian saya mulai berusaha cari uang melalui usaha online dan berkat penyertaan Tuhan, bulan Desember saya memiliki saldo ratusan juta, dan saya bisa membeli iphone 13 promax, saya juga bisa membeli vespa limited edition, serta membawa liburan keluarga kecil ke Bandung, dan itu semua berkat dari Tuhan.
Bagi Tuhan tidak ada yang mustahil, milikilah iman yang teguh kepada Tuhan dan jangan dengarkan apa kata dunia, tapi dengarkan apa kata Tuhan.

Narasumber Kesaksian : Nicholas – KA Bandung

S4 = SASARAN RENCANA (15 Menit)
KKS mengevaluasi dan merencanakan pertemuan komsel berikutnya. KKS mendorong setiap anggota untuk mensupport dan ambil bagian dalam kegiatan dan program yang sedang dijalankan di gereja kita.

DOA PENUTUP (5 MENIT)

Download PDF