Bahan Sharing Kelompok Sel Pekan #3 Maret 2022

S1 = SEMBAH PUJI
Sembah Puji (20 Menit)
2 lagu Pengagungan – 2 Lagu sesuai tema Firman Tuhan (silakan pilih 2 lagu berikut):
1. Tak Ada Tandingannya (KA Worship)
2. Ku Kan Terbang
3. Berkaryalah Roh Kudus (KA Worship)
4. Hidup ini adalah Kesempatan

S2 = SUASANA/ICE BREAKER (10 Menit)
Setelah melakukan ice breaker, jangan lupa menjelaskan pelajaran yang bisa dipetik dari ice breaker yang sudah dilakukan.
Judul: BERSINAR BAGI TUHAN
Petunjuk: Sediakan 3 batang lilin, sebatang kapur tulis, tiga buah kursi. Pemimpin permainan membagi para anggotanya menjadi 3 kelompok dengan jumlah yang sama banyaknya. Kemudian ia memberikan sebatang lilin kepada setiap kelompok. Setelah itu pemimpin membuat sebuah garis lurus menuju ke kursi dan pada ujung yang lain setiap kelompok berdiri dengan berbaris. Peserta pertama dari setiap kelompok diminta untuk membawa lilin yang sedang menyala menuju kursi. Lalu mereka berjalan mengelilingi kursi itu dan kembali lagi ke tempat semula. Setelah itu mereka memberikan lilin kepada orang kedua dari masing-masing kelompok. Demikianlah seterusnya sampai semua orang mendapat giliran. Jika pada waktu berjalan lilin itu mati, maka mereka harus mulai lagi dari orang yang pertama. Kelompok yang paling cepat menyelesaikan tugasnya dan membawa kembali lilin tersebut dengan tidak mati, itulah yang menjadi pemenangnya.
Tujuan: Mengajarkan kepada setiap kita agar menerapkan Matius 5:16: “Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan semua orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang disurga.”

S3 = SHARING APLIKASI FIRMAN TUHAN (50-60 Menit)
GOL : Semua yang hadir melakukan dan mengalami kebenaran Firman Tuhan.
Pertanyaan : Apa tema kotbah dan pelajaran-pelajaran yang disampaikan minggu lalu?

HOW TO HAVE A MEANINGFUL LIFE #3
BAGAIMANA HIDUP YANG BERARTI #3
LIFE WORTH REMEMBERING – HIDUP YANG LAYAK DIINGAT

I. HIDUP KITA HANYA SATU KALI, PERGUNAKANLAH SEBAIK MUNGKIN.
a. 2 Samuel 18:18 Sewaktu hidupnya Absalom telah mendirikan bagi dirinya sendiri tugu yang sekarang ada di Lembah Raja, sebab katanya: “Aku tidak ada anak laki-laki untuk melanjutkan ingatan kepada namaku.” Dan ia telah menamai tugu itu menurut namanya sendiri; sebab itu sampai hari ini tugu itu dinamai orang: tugu peringatan Absalom.
b. KISAH TENTANG SEORANG PEREMPUAN MEMBAWA SUATU BULI-BULI PUALAM BERISI MINYAK NARWASTU MURNI YANG MAHAL HARGANYA BAGI YESUS?!
– Markus 14: 8-9 8 IA TELAH MELAKUKAN APA YANG DAPAT DILAKUKANNYA. Tubuh-Ku telah diminyakinya sebagai persiapan untuk penguburan-Ku. 9 Aku berkata kepadamu: SESUNGGUHNYA DI MANA SAJA INJIL DIBERITAKAN DI SELURUH DUNIA, APA YANG DILAKUKANNYA INI AKAN DISEBUT JUGA UNTUK MENGINGAT DIA.”
– A LIFE WORTH REMEMBERING/HIDUP YANG LAYAK DIINGAT!

II. APA YANG SUDAH KITA LAKUKAN UNTUK TUHAN?
a. KUNCINYA ADALAH LAKUKAN SEMUANYA BAGI TUHAN, BUKAN BAGI DIRI KITA SENDIRI!
b. APA YANG KITA LAKUKAN UNTUK TUHAN, ITULAH YANG AKAN TUHAN INGAT.
– 2 Raja-raja 20:3 “AH TUHAN, INGATLAH KIRANYA, BAHWA AKU TELAH HIDUP DI HADAPAN-MU DENGAN SETIA DAN DENGAN TULUS HATI DAN BAHWA AKU TELAH MELAKUKAN APA YANG BAIK DI MATA-MU.” Kemudian menangislah Hizkia dengan sangat.
– Hizkia punya a life worth remembering di hadapan Tuhan.
– ORANG YANG HIDUPNYA DIINGAT TUHAN, PASTI AKAN TERIMA ANUGRAH BESAR!

III. RAHASIA A LIFE WORTH REMEMBERING (DARI HIDUP HIZKIA DAN PEREMPUAN YANG MEMECAHKAN MINYAK NARWASTU UNTUK YESUS)
1. HIDUP YANG BERPUSAT KEPADA TUHAN.
– 2 Raja-raja 18:5-6 5 Ia percaya kepada TUHAN, Allah Israel, dan di antara semua raja-raja Yehuda, baik yang sesudah dia maupun yang sebelumnya, tidak ada lagi yang sama seperti dia. 6 Ia berpaut kepada TUHAN, tidak menyimpang dari pada mengikuti Dia dan ia berpegang pada perintah-perintah TUHAN yang telah diperintahkan-Nya kepada Musa.
2. BERANI MELAKUKAN GEBRAKAN POSITIF.
3. SETIA SAMPAI AKHIR.
– APAPUN YANG SAUDARA ALAMI, TETAPLAH SETIA!

PERTANYAAN: Menurut Anda, sudahkah Anda meninggalkan pesan hidup yang baik yang bisa diingat oleh orang-orang di sekitarmu? Mengapa? Sharingkan!
APLIKASI: Setelah mendengarkan firman Tuhan minggu ini, maka langkah dan komitmen seperti apakah yang akan Anda lakukan, sehingga hidupmu bisa menjadi teladan dan memberikan kebaikan yang akan selalu diingat oleh orang lain di sekitarmu? Tulis dan sharingkan!

DOA PROFETIK SESUAI FIRMAN (5-10 Menit)
DOA SYAFAAT PROFETIK (10 Menit)
Pemimpin doa mengajak dan menggerakkan anggota kelompok sel untuk berdoa profetik;
1. Bagi bangsa dan negara kita Indonesia
2. Gereja kita, rhema Yesaya 60 digenapi, visi 1 juta jiwa diselamatkan
3. Gembala sidang dan hamba-hamba Tuhan serta pelayan Tuhan Keluarga Allah
4. Kesatuan dan kekudusan jemaat dan seluruh pelayan Tuhan
5. Semua kegiatan dan program yang sedang dijalankan di gereja kita
6. Berdoa untuk persiapan dan rangkaian ibadah PASKAH bulan April
7. Permohonan doa jemaat

KESAKSIAN:

Shalom, dalam kesempatan ini saya mau bersaksi. Setelah berjalan memenuhi visi penginjilan dengan salah satu langkah bergabung dalam divisi komsel dibawah bu Guntur, saya semakin hari sibuk dengan menyediakan setiap kebutuhan pembuatan dokumen, kegiatan divisi komsel dibawah bu Guntur yang kegerakannya sangat aktif dan cepat dan juga mengurusi komsel saya. Padahal disisi lain saya adalah direktur utama sebuah perusahaan yang tentunya sangat sibuk juga dengan berbagai acc, kegiatan, membuat forecast/planning-planning kemajuan perusahaan, meeting-meeting, kunjungan ke kantor cabang di luar pulau. Namun disitulah Roh Kudus memberikan hikmat bagaimana berjalan dengan seimbang.
Saya dilatih tetap rendah hati, penuh kasih, semangat, tidak mengeluh dan selalu bersukacita, efisiensi dengan waktu, namun tetap bisa menikmati hidup dengan keluarga saya. Namun anehnya dengan kesibukan untuk kerajaan Tuhan sambil tetap seimbang menjalankan pekerjaan kantor, justru Tuhan menaikkan pendapatan saya menjadi 5x lipat dan pendapatan pabrik saya menjadi 2x lipat, walaupun di tengah-tengah pandemik. Sungguh-sungguh hasil yang diluar ekspetasi saya dan membuat mulut saya tercengang menyaksikan perbuatan Tuhan.
Didalam hati saya, saya tidak mengejar berkat duniawi, tidak memprioritaskan pekerjaan duniawi, namun saya memprioritaskan Tuhan, mengatur waktu dengan excellent, bahkan bayar harga sampai larut malam bersama bu Guntur dan tim menyelesaikan outline-outline, SOP, materi-materi pelatihan untuk mensupport kegerakan-kegerakan dari Tuhan lewat bu Guntur untuk jemaatnya, untuk para pelayan Tuhan, para KKS yang menjadi ujung tombak gereja dan semua dokumen selesai tepat waktu. Dan luarbiasanya, hasilnya bukannya semakin turun, namun Tuhan membuat semakin naik. Saya malah dikasih bonus berkat income dari Tuhan dengan tidak perlu bersusah payah. Bekerja sungguh-sungguh dengan hati yang mengasihi Tuhan, gerejaNya dan jemaatNya, ternyata justru menarik berkat Tuhan masuk ke perbendaharaan kita.
Intinya: Bagi teman-teman yang ikut pelayanan, namun bekerja sekuler, mari di dalam hati kita tetap prioritaskan Tuhan, tetap layani Dia tanpa melepaskan tanggungjawab pekerjaan sekuler kita. Bukan dibalik. Karena pekerjaan sekuler dianggap besar, kemudian melayani Tuhan menjadi prioritas terakhir kalau ada waktu/angina-anginan/suam-suam kuku. Sebab ini waktunya kegerakan akhir jaman yang dasyat sudah berjalan, gereja-gereja Tuhan sedang dibangkitkan, mari libatkan dirimu, bakar rohmu sampai mendidih dan berbuahlah! Jangan kalah hanya karena kesibukan pekerjaan kantormu, ada harga yang harus kita bayar. Be excellent!
Dimana pada akhirnya, saat kita suatu saat dipanggil Tuhan, hanya ada satu pertanyaan “APAKAH YANG SUDAH KAMU LAKUKAN UNTUK KERAJAAN TUHAN?” Bukan berapa banyak uang yang sudah kamu hasilkan. Harta materi juga tidak kita bawa saat meninggal kelak, namun yang tertinggal adalah buah-buah pekerjaan pelayananmu untuk Tuhan, imanmu dan berapa banyak jiwa yang sudah kamu persembahkan untuk kemuliaanNya. Mari yang belum tergabung dalam melayani, ikutlah pelayanan. Ambil peranlah sampai cinta akan rumah Tuhan menghanguskanku!
Jangan menyerah. Menjadi sibuklah mengejar visi profetik Tuhan atas hidupmu, mengutamakan kerajaan Tuhan dan kebenarannya, maka semuanya akan ditambahkan bagimu. Tuhan memberkati.

Narasumber Kesaksian: Ibu Ningrum Hapsari

S4 = SASARAN RENCANA (15 Menit)
KKS mengevaluasi dan merencanakan pertemuan komsel berikutnya. KKS mendorong setiap anggota untuk mensupport dan ambil bagian dalam kegiatan dan program yang sedang dijalankan di gereja kita.

DOA PENUTUP (5 MENIT)

Download PDF