Bahan Sharing Kelompok Sel Pekan #4 April 2022

24 APRIL 2022

S1 = SEMBAH PUJI
Sembah Puji (20 Menit)
2 lagu Pengagungan – 2 Lagu sesuai tema Firman Tuhan (silakan pilih 2 lagu berikut):
1. Kau Luarbiasa (KA Worship)
2. Ku kan memuji menari (KA Worship)
3. Ku Agungkan Rajaku (KA Worship)
4. Pondok Daud (KA Worship)

S2 = SUASANA/ICE BREAKER (10 Menit)
Setelah melakukan ice breaker, jangan lupa menjelaskan pelajaran yang bisa dipetik dari ice breaker yang sudah dilakukan.
Judul: SPECIAL GIFT
Petunjuk: Pemimpin mengajak anggota kelompok sel berdiskusi tentang kado istimewa bagi bagi KKS atau Orangtua Rohani. Atau boleh juga buat kado (sudah disiapkan dari rumah). Dikumpulkan dan masing-masing menceritakan tentang sulitnya memilih kado buat orang-orang yang kita cintai atau dekat di hati. Memberi pasti yang terbaik dan terpakai.
Tujuan: Ketika hati kita melekat pada Tuhan, intim, dan bergaul akrab dengan Tuhan, maka untuk ikut ambil bagian di Pondok Daud pasti sangat mudah. Seperti doa yang disampaikan bapak gembala, ketika training Pondok Daud, jadikan CINTA MULA-MULA terus berkobar. Bangun Pujian Penyembahan dalam Kekudusan dan Tuhan disenangkan seperti Daud. Tanpa disuruh, baginya memuji dan menyambah Tuhan adalah GAYA HIDUP.

S3 = SHARING APLIKASI FIRMAN TUHAN (50-60 Menit)
GOL : Semua yang hadir melakukan dan mengalami kebenaran Firman Tuhan.
Pertanyaan : Apa tema kotbah dan pelajaran-pelajaran yang disampaikan minggu lalu?

THE MIRACLE OF WORSHIP #3 – MUJIZAT PENYEMBAHAN #3
KESUKAAN TUHAN

I. MENJADI KESUKAAN TUHAN.
a. Mazmur 127:2 Sia-sialah kamu bangun pagi-pagi dan duduk-duduk sampai jauh malam, dan makan roti yang diperoleh dengan susah payah–sebab Ia memberikannya kepada yang dicintai-Nya pada waktu tidur.
b. Kisah Para Rasul 13:22 Setelah Saul disingkirkan, Allah mengangkat Daud menjadi raja mereka. Tentang Daud Allah telah menyatakan: Aku telah mendapat Daud bin Isai, seorang yang berkenan di hati-Ku dan yang melakukan segala kehendak-Ku.
c. MEMBANGUN KEMBALI PONDOK DAUD
– Kisah Para Rasul 15:16-18 16 Kemudian Aku akan kembali dan membangunkan kembali pondok Daud yang telah roboh, dan reruntuhannya akan Kubangun kembali dan akan Kuteguhkan, 17 supaya semua orang lain mencari Tuhan dan segala bangsa yang tidak mengenal Allah, yang Kusebut milik-Ku demikianlah firman Tuhan yang melakukan semuanya ini, 18 yang telah diketahui dari sejak semula.

II. 3 ALASAN PONDOK DAUD DISUKAI TUHAN (3 RAHASIA JADI KESUKAAN TUHAN)
1. DI PONDOK DAUD, TIDAK ADA PENYEKAT MENUJU TABUT PERJANJIAN (KEINTIMAN)
– Ini berbicara tentang KEINTIMAN DENGAN TUHAN.
– Mazmur 63: 1-9 1 Mazmur Daud, ketika ia ada di padang gurun Yehuda. 2 Ya Allah, Engkaulah Allahku, aku mencari Engkau, jiwaku haus kepada-Mu, tubuhku rindu kepada-Mu, seperti tanah yang kering dan tandus, tiada berair. 3 Demikianlah aku memandang kepada-Mu di tempat kudus, sambil melihat kekuatan-Mu dan kemuliaan-Mu. 4 Sebab kasih setia-Mu lebih baik dari pada hidup; bibirku akan memegahkan Engkau. 5 Demikianlah aku mau memuji Engkau seumur hidupku dan menaikkan tanganku demi nama-Mu. 6 Seperti dengan lemak dan sumsum jiwaku dikenyangkan, dan dengan bibir yang bersorak-sorai mulutku memuji-muji. 7 Apabila aku ingat kepada-Mu di tempat tidurku, merenungkan Engkau sepanjang kawal malam, — 8 sungguh Engkau telah menjadi pertolonganku, dan dalam naungan sayap-Mu aku bersorak-sorai. 9 Jiwaku melekat kepada-Mu, tangan kanan-Mu menopang aku.
2. PENUH DENGAN PUJIAN DAN PENYEMBAHAN.
3. TERGERAK SENDIRI HATINYA, TANPA DIPERINTAH OLEH TUHAN.
– Keluaran 35:21-22 21 Sesudah itu datanglah setiap orang yang tergerak hatinya, setiap orang yang terdorong jiwanya, membawa persembahan khusus kepada TUHAN untuk pekerjaan melengkapi Kemah Pertemuan dan untuk segala ibadah di dalamnya dan untuk pakaian kudus itu. 22 Maka datanglah mereka, baik laki-laki maupun perempuan, setiap orang yang terdorong hatinya, dengan membawa anting-anting hidung, anting-anting telinga, cincin meterai dan kerongsang, segala macam barang emas; demikian juga setiap orang yang mempersembahkan persembahan unjukan dari emas bagi TUHAN.

PERTANYAAN: Mengertikah Anda tentang apa yang menjadi kesukaan dan kerinduan hati Tuhan terhadap setiap kita? Mengapa? Sharingkan!
APLIKASI: Setelah mendengarkan firman Tuhan minggu ini, maka apakah yang menjadi komitmen Anda untuk senantiasa menyenangkan dan menyukakan hati Tuhan? Tulis dan sharingkan!

DOA PROFETIK SESUAI FIRMAN (5-10 Menit)
DOA SYAFAAT PROFETIK (10 Menit)
Pemimpin doa mengajak dan menggerakkan anggota kelompok sel untuk berdoa profetik;
1. Bagi bangsa dan negara kita Indonesia
2. Gereja kita, rhema Yesaya 60 digenapi, visi 1 juta jiwa diselamatkan
3. Gembala sidang dan hamba-hamba Tuhan serta pelayan Tuhan Keluarga Allah
4. Kesatuan dan kekudusan jemaat dan seluruh pelayan Tuhan
5. Semua kegiatan dan program yang sedang dijalankan di gereja kita
6. Persiapan Doa Puasa Massal 40 Hari 9 Mei – 17 Juni dan KKR 10 Hari Pencurahan Roh Kudus
7. Permohonan doa jemaat

KESAKSIAN:

Shalom semuanya. Aku mau cerita pengalamanku, menyaksikan kebaikan Tuhan dan dahsyatnya kegerakan Pondok Daud digereja kita. Mungkin cukup panjang tapi semoga memberkati.
Jadi, aku dari SMP sudah terjun dalam kegiatan sosial (tergabung di PMI, forum sosial, ke panti asuhan, anak anak jalanan, dll yang berbau sosial itu aku banget). Konsep “Diberkati Untuk Jadi Berkat” benar-benar me-rhema dikehidupanku.
Sampai pernah satu titik dimana aku dan teman-teman adakan galang dana untuk kakak kelasku yang dua tangannya diamputasi dan Puji Tuhan galang dana tersebut terkumpul Rp 606.684.406 untuk pembelian tangan robotik. 3 hari setelah selesai penggalangan dana tangan robotik tersebut ada salah satu organisasi sosial DM aku untuk mengajak kerjasama membangun sumur di desa yang puluhan tahun kesusahan dapat air bersih dan target dananya itu Rp. 50.000.000 (ketika tahu nominal targetnya, muncul sedikit kesombongan dalam hatiku “Wahh gampanglahh ini, orang galang dana 600 juta aja bisa masak ini yang 50 juta gak bisa?!?! yaaa bisalahh, kecil kecil”.
Eitsss ternyata kesombongan itu Tuhan dengar dan saat aku galang dana pembangunan sumur ini buat nambah Rp. 1.000 saja susah sekali, terus aku evaluasi apa yang salah ya? aku kurang dimana ya? dan sampai Tuhan bilang “udah-udah sekarang ambil waktu buat Pondok Daud aja, sini cerita sama Aku nanti Aku kasih jalan setelah kamu pujian penyembahan” terus ya udah aku langsung Pondok Daud online, aku benar-benar masuk penyembahan yang lebih dalam lagi, nangis di hadapan Tuhan, tanya aku salah apa Tuhan?, terus aku harus gimana Tuhan? dan pertanyaan-pertanyaan lainnya.
Terus Tuhan ingatkan ternyata dulu aku pernah sombong perihal nominal, setelah aku sadar ya aku minta maaf ke Tuhan, aku berlutut pas Pondok Daud mohon ampun dan aku minta Tuhan saja yang bekerja atas kegiatanku, atas kekuranganku, atas semualah. Aku percaya apa yang kita taruh dalam Tuhan tidak akan kembali dengan sia-sia, aku percaya kalau Tuhan yang buka pintu, tidak ada satupun yang bisa menutupnya.
Dan setelah Pondok Daud (benar-benar setelah banget ini), tiba-tiba ada DM masuk dari orang yang sama sekali tidak aku kenal, dia gak follow instagramku atau follow temen-temen ku tapi dia bisa tahu aku lagi galang dana untuk bangun sumur dan yang bikin aku kaget ini orang tanya “kekurangannya projek yang ini berapa mbak?” terus aku jawab 20 juta kak, ehhhhh gak lama transferan masuk 35 juta astaga kagetttt terus di link donasi yang satunya nambah 5jt, total 40 juta. Tuhan kasih melebihi apa yang diperlukan, Tuhan sedikan berlimpah dan Tuhan jawab “secepat itu”. Pujian penyembahan/Pondok Daud benar-benar luar biasa banget kuasanya.
Puji Tuhan juga setelah melalui proses yang begitu panjang sumur itu sudah terbangun dan menjadi berkat bagi desa tersebut, sekarang sudah tidak ada warga yang malam-malam harus cari air bersih, sudah tidak ada yang namanya minum pakai air kotor, pokoknya segala penderitaan yang puluhan tahun terjadi saat ini sudah bebas, Haleluya! GOD IS GOOD!
Ini ayat penguatku : Mazmur 121:1-5 Nyanyian ziarah. Aku melayangkan mataku ke gunung-gunung; dari manakah akan datang pertolonganku? Pertolonganku ialah dari Tuhan, yang menjadikan langit dan bumi. Ia takkan membiarkan kakimu goyah, Penjagamu tidak akan terlelap. Sesungguhnya tidak terlelap dan tidak tertidur Penjaga Israel. Tuhanlah Penjagamu, Tuhanlah naunganmu di sebelah tangan kananmu.
Ini ayat reminderku : Matius 6:33 Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.
Kolose 3:23 Apa pun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia.
Roma 12:12 Bersukacitalah dalam pengharapan, bersabarlah dalam kesesakan, dan bertekunlah dalam doa!
Dari kesaksian ini aku mau bilang ayo mengandalkan Tuhan lebih dari apapun! Bawa masalah/perkaramu di hadapan Tuhan dan Tuhan pasti yang buka jalan. Tetap naikkan pujian penyembahan dalam segala situasi kondisi, bukan hanya untuk melegakan hati tapi lewat pujian penyembahan yang diangkat hati kita bisa sungguh-sungguh terkoneksi sama Tuhan. SEMANGAT TERUS SEMUA! Tuhan Yesus memberkati.

Narasumber Kesaksian : Zefanya Putri – GBI Keluarga Allah Jogjakarta

S4 = SASARAN RENCANA (15 Menit)
KKS mengevaluasi dan merencanakan pertemuan komsel berikutnya. KKS mendorong setiap anggota untuk mensupport dan ambil bagian dalam kegiatan dan program yang sedang dijalankan di gereja kita.

DOA PENUTUP (5 MENIT)

Download PDF