Bahan Sharing Kelompok Sel Pekan #4 Maret 2022

S1 = SEMBAH PUJI
Sembah Puji (20 Menit)
2 lagu Pengagungan – 2 Lagu sesuai tema Firman Tuhan (silakan pilih 2 lagu berikut):
1. Diberkati untuk menjadi berkat (KA Worship)
2. Ku Kan Terbang
3. Berkaryalah Roh Kudus (KA Worship)
4. Tuhan Inilah Hidupku

S2 = SUASANA/ICE BREAKER (10 Menit)
Setelah melakukan ice breaker, jangan lupa menjelaskan pelajaran yang bisa dipetik dari ice breaker yang sudah dilakukan.
Judul: BERLAKULAH BAIK KEPADA SEMUA ORANG
Petunjuk: Sediakan alat-alat yang praktis, misalnya: sapu, kemucing, kain lap, ember, sendok garpu, piring, buku tulis, pena, bunga dll. Permainan ini dapat diadakan di dalam atau diluar ruangan sesuai dengan jumlah anggota. Seorang diantara para anggota ditunjuk sebagai pemimpin permainan. Pemimpin permainan membentuk sebuah kelompok yang terdiri dari sepuluh pasangan yang sejenis. Sepuluh orang diantara mereka diminta berbaris dan sepuluh orang lagi dimita ke luar ruangan terebih dahulu. Lalu pemimpin memberitahukan kepada kesepuluh orang yang berbaris itu bahwa mereka akan dibentuk menjadi “sebuah patung yang indah”, karena itu mereka tidak boleh membantah apa yang dikehendaki oleh si pembuat patung. Kemudian kesepuluh orang yang sedang bersembunyi atau yang berada di luar ruangan dipanggil masuk, dan mereka diminta untuk membuat sebuah “patung orang seindah-indahnya” dengan menggunakan alat-alat yang sudah disediakan. Mereka boleh membentuk “patung” itu kelihatan sungguh-sungguh indah. Setelah kesepuluh orang itu merasa puas dengan “patung” mereka, maka sekarang giliran mereka menjadi patung dengan gaya atau posisi seperti kesepuluh “patung” yang telah dibentuk dan dihiasi tadi. Kesepuluh orang yang menjadi “patung” tadi boleh membantu mereka.
Tujuan: Mengajarkan kepada peserta yang lain bahwa jika kita ingin diperlakukan dengan baik oleh orang lain, kita juga tidak boleh memperlakukan mereka dengan tidak baik. “Dan sebagaimana kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah juga demikian kepada mereka” (Lukas 6:31).

S3 = SHARING APLIKASI FIRMAN TUHAN (50-60 Menit)
GOL : Semua yang hadir melakukan dan mengalami kebenaran Firman Tuhan.
Pertanyaan : Apa tema kotbah dan pelajaran-pelajaran yang disampaikan minggu lalu?

HOW TO HAVE A MEANINGFUL LIFE #4
BAGAIMANA HIDUP YANG BERARTI #4
THE BEST THING TO DO IN LIFE
HAL TERBAIK YANG BISA KITA LAKUKAN DALAM HIDUP

I. HIDUP MANUSIA DI DUNIA INI BEGITU SINGKAT.
a. Mazmur 90:3-12 3 Engkau mengembalikan manusia kepada debu, dan berkata: “Kembalilah, hai anak-anak manusia!” 4 Sebab di mata-Mu seribu tahun sama seperti hari kemarin, apabila berlalu, atau seperti suatu giliran jaga di waktu malam.
– Mazmur 90:5 Engkau menghanyutkan manusia; mereka seperti mimpi, seperti rumput yang bertumbuh,
– Mazmur 90:6 di waktu pagi berkembang dan bertumbuh, di waktu petang lisut dan layu.
– Mazmur 90:7-9 7 Sungguh, kami habis lenyap karena murka-Mu, dan karena kehangatan amarah-Mu kami terkejut. 8 Engkau menaruh kesalahan kami di hadapan-Mu, dan dosa kami yang tersembunyi dalam cahaya wajah-Mu. 9 Sungguh, segala hari kami berlalu karena gemas-Mu, kami menghabiskan tahun-tahun kami seperti keluh.
– Mazmur 90:10 Masa hidup kami tujuh puluh tahun dan jika kami kuat, delapan puluh tahun, dan kebanggaannya adalah kesukaran dan penderitaan; sebab berlalunya buru-buru, dan kami melayang lenyap.
– Mazmur 90:11-12 11 Siapakah yang mengenal kekuatan murka-Mu dan takut kepada gemas-Mu? 12 Ajarlah kami menghitung hari-hari kami sedemikian, hingga kami beroleh hati yang bijaksana.
b. Efesus 5:15 Karena itu, perhatikanlah dengan saksama, bagaimana kamu hidup, janganlah seperti orang bebal, tetapi seperti orang arif,
– Petunjuk Firman Tuhan: perhatikan dengan saksama bagaimana kita hidup!
– Yakobus 4:14 sedang kamu tidak tahu apa yang akan terjadi besok. Apakah arti hidupmu? Hidupmu itu sama seperti uap yang sebentar saja kelihatan lalu lenyap.
– Efesus 5:17 Sebab itu janganlah kamu bodoh, tetapi usahakanlah supaya kamu mengerti kehendak Tuhan.
– Ulangan 34:7 Musa berumur seratus dua puluh tahun, ketika ia mati; matanya belum kabur dan kekuatannya belum hilang.
c. BAGAIMANA CARA MENGERTI KEHENDAK TUHAN?
– Efesus 5:17-18 ditulis: Jangan bodoh, tetapi SELIDIKILAH apa yang dikehendaki Tuhan. Janganlah kalian mabuk oleh anggur, sebab itu akan merusakkan kalian. Sebaliknya, hendaklah kalian DIKUASAI OLEH ROH ALLAH.
– MAU TAHU KEHENDAK TUHAN? RAHASIA MENDASARNYA ADA DI 2
1. SELIDIKI FIRMAN TUHAN!
2. HIDUPMU HARUS DIKUASAI ROH ALLAH!

II. 3 KEHENDAK TUHAN DALAM HIDUP KITA
1. TUHAN MAU KITA BERANAK CUCU DAN BERTAMBAH BANYAK
– Kejadian 1:28 Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka: “Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi.”
2. TUHAN MAU KITA MENERUSKAN WARISAN SPIRITUAL.
– Hakim-hakim 2:10-11. 10 SETELAH SELURUH ANGKATAN ITU DIKUMPULKAN KEPADA NENEK MOYANGNYA, BANGKITLAH SESUDAH MEREKA ITU ANGKATAN YANG LAIN, YANG TIDAK MENGENAL TUHAN ATAUPUN PERBUATAN YANG DILAKUKAN-NYA BAGI ORANG ISRAEL. 11 Lalu orang Israel melakukan apa yang jahat di mata TUHAN dan mereka beribadah kepada para Baal.
3. KUMPULKAN HARTA KEKAYAAN YANG SEJATI.
– Pengkhotbah 2:18,20: 18 Aku membenci segala usaha yang kulakukan dengan jerih payah di bawah matahari, sebab aku harus meninggalkannya kepada orang yang datang sesudah aku. 20 Dengan demikian aku mulai putus asa terhadap segala usaha yang kulakukan dengan jerih payah di bawah matahari.
– Kumpulkanlah harta bagimu dalam Kerajaan Surga!
– Matius 6:19-20 19 “Janganlah kamu mengumpulkan harta di bumi; di bumi ngengat dan karat merusakkannya dan pencuri membongkar serta mencurinya. 20 Tetapi kumpulkanlah bagimu harta di sorga; di sorga ngengat dan karat tidak merusakkannya dan pencuri tidak membongkar serta mencurinya.

PERTANYAAN: Apakah hal terbaik yang bisa Anda lakukan dalam hidupmu untuk Tuhan, keluarga, pekerjaan, pelayanan dan orang-orang di sekitarmu? Dan sudahkah Anda melakukannya? Mengapa? Sharingkan!
APLIKASI: Setelah Anda mengerti kehendak Tuhan atas hidupmu, maka langkah dan komitmen apakah yang akan Anda lakukan sehingga hal terbaik itu bisa Anda lakukan dalam hidupmu? Tulis dan sharingkan!

DOA PROFETIK SESUAI FIRMAN (5-10 Menit)
DOA SYAFAAT PROFETIK (10 Menit)
Pemimpin doa mengajak dan menggerakkan anggota kelompok sel untuk berdoa profetik;
1. Bagi bangsa dan negara kita Indonesia
2. Gereja kita, rhema Yesaya 60 digenapi, visi 1 juta jiwa diselamatkan
3. Gembala sidang dan hamba-hamba Tuhan serta pelayan Tuhan Keluarga Allah
4. Kesatuan dan kekudusan jemaat dan seluruh pelayan Tuhan
5. Semua kegiatan dan program yang sedang dijalankan di gereja kita
6. Berdoa untuk persiapan dan rangkaian ibadah PASKAH bulan April
7. Permohonan doa jemaat

KESAKSIAN:

Shalom, saya Monika, jemaat GBI Keluarga Allah Semarang.
Saya begitu bersyukur karena dari awal saya bergereja di Keluarga Allah, nyata sekali tuntunan Roh Kudus dalam hidup saya. Mulai dari saya tahu gereja Keluarga Allah hingga sekarang boleh bergabung dalam kelompok sel dan pelayanan, semua itu sungguh karena anugerah Tuhan. Suatu ketika saya tergerak untuk membuka youtube Jonathan Setiawan Ministries dan saat itu saya mendapat sebuah rhema yang sangat sederhana yang disampaikan oleh Ps. Jonathan. Inti pesan yang saya tangkap adalah “apapun pekerjaan kita, usahakan untuk bangun pagi untuk menyapa Tuhan.” Setelah menangkap rhema itu saya memiliki keinginan untuk melakukannya dan sungguh pagi harinya saya mulai bangun jam 04.00 untuk saat teduh. Mulai dari situlah tuntunan demi tuntunan Tuhan nyata dan tepat dalam hidup saya. Sekitar bulan Oktober saya diingatkan Roh Kudus melalui Ps Jonathan kembali mengenai baptisan. Keinginan saya untuk dibabtis sudah cukup lama tetapi karena satu dan lain hal, baptisan tidak kunjung terlaksana. Karena merasa sudah “disindir” Tuhan melalui hambaNya, Ps. Jonathan, akhirnya saya mengambil langkah serius dan sungguh-sungguh dibaptis pada tanggal 31 Oktober 2021.
Setelah melaksanakan tuntunan Tuhan untuk dibabtis, Kembali Tuhan menunjukkan tuntunannnya kepada saya. Pada kebaktian tanggal 14 November 2021, Ps. Jonathan mengatakan “akhir tahun ini akan ada yang mendapatkan mujizat besar!” saya pun mengamini nubuatan tersebut. Senin, 15 November 2021 saya dipanggil oleh sekolah swasta yang saya lamar dan saya dinyatakan diterima. Penantian saya untuk mendapat pekerjaan selama 3 tahun akhirnya dijawab Tuhan. Dalam logika pada umumnya, sekolah merekrut tenaga pendidik pada saat awal semester atau awal tahun ajaran. Namun, dalam hal ini Tuhan menyatakan bahwa tidak ada yang tidak mungkin bagi Tuhan. Jika Tuhan sudah membuka pintu maka tidak ada yang dapat menutupnya!
Dalam segi kesehatan saya, Tuhan pun menyatakan kuasaNya. Selama bulan Januari, Bapak Gembala Sidang kita, Bapak Obaja Tanto Setiawan, selalu mendoakan setiap sakit penyakit disembuhkan. Itu selalu diperkatakan beliau di akhir khotbahnya. Dengan iman saya mengamini doa itu sambil memegang rahim saya karena sejak awal 2021 saya bergumul dengan kista yang ada di rahim saya. Saya percaya ada kuasa dalam doa. Awal Februari, saat saya melakukan USG rutin, dokter mengatakan “KISTA SUDAH TIDAK ADA. RAHIM SUDAH BERSIH!” Saya benar-benar bersyukur atas segala perbuatan ajaib Tuhan. Saya juga sangat bersyukur, tuntunan Roh Kudus itu dinyatakan dengan jelas melalui setiap hamba-hambaNya di Gereja Keluarga Allah. Saya percaya ada Roh Kudus dalam Gereja kita. Bahwa setiap Firman Tuhan dinyatakan melalui gerejaNya sehingga saya secara pribadi memperoleh tuntunan yang nyata dan jelas dalam perjalanan hidup saya.
Demikian kesaksian saya, semoga bisa menjadi berkat bagi setiap jemaat Keluarga Allah. Terima kasih. Tuhan Yesus memberkati.

Narasumber Kesaksian : Monika — GBI Keluarga Allah Semarang

S4 = SASARAN RENCANA (15 Menit)
KKS mengevaluasi dan merencanakan pertemuan komsel berikutnya. KKS mendorong setiap anggota untuk mensupport dan ambil bagian dalam kegiatan dan program yang sedang dijalankan di gereja kita.

DOA PENUTUP (5 MENIT)

 

Download PDF