SIGAP MENGERJAKAN PETUNJUK DARI TUHAN

RHEMA HARI INI

Amsal 22:29 Pernahkah engkau melihat orang yang cakap dalam pekerjaannya? Di hadapan raja-raja ia akan berdiri, bukan di hadapan orang-orang yang hina.

Berbicara soal ketaatan, Abraham adalah seorang tokoh Alkitab yang patut untuk kita teladani. Tanpa banyak berpikir dan mengajukan bantahan, setelah menerima firman Tuhan, Abraham segera berangkat bersama keluarganya. Tanpa mengetahui tempat yang akan ia tuju, Abraham hanya berjalan menuruti tuntunan Tuhan (Ibrani 11:8). Karena ketaatannya itulah, Tuhan memberikan tanah Kanaan yang subur kepada Abraham. Bertahun kemudian, Tuhan kembali meminta Abraham untuk mempersembahkan anaknya Ishak. Anak yang lahir dari kandungan Sara, yang telah begitu lama dinanti-nantikan. Meskipun sangat mungkin Abraham merasa bingung atas permintaan Tuhan, juga pasti sangat berat memberikan anaknya sebagai korban persembahan, tetapi Abraham memutuskan untuk taat. Tanpa menunda-nunda, pagi-pagi sekali Abraham berangkat bersama Ishak ke tempat yang Tuhan tunjukkan. Tuhan yang dibuat kagum dengan ketaatan Abraham, bukan saja memberikan domba sebagai ganti Ishak untuk dikorbankan, Tuhan juga memberkati Abraham dan seluruh keturunannya. Menjadikan Abraham sebagai bapa banyak bangsa yang keturunannya memenuhi seluruh bumi.

Ketaatan Abraham yang membuatnya mengalami penggenapan janji Tuhan yang luar biasa. Kita pun sebagai anak-anak rohani bapa Abraham, bisa mengalaminya. Kuncinya adalah ketaatan. Banyak dari kita yang sebenarnya telah mendapat rhema, atau petunjuk dari Tuhan untuk mengerjakan sesuatu. Tetapi dengan berbagai alasan, selalu menunda-nunda dan berlama-lama meresponi. Inilah yang membuat banyak orang tidak mengalami penggenapan janji Tuhan dalam hidupnya.

Ingatlah bahwa ketika Tuhan meminta sesuatu dari kita, itu berarti Dia telah menyediakan sesuatu yang jauh lebih berharga untuk kita. Karena itu, janganlah menunda apa yang telah Tuhan tunjukkan pada kita, sebab janji Tuhan nyata bagi mereka yang selalu sigap mengerjakan petunjuk-Nya tanpa berlama-lama. Meski terkadang berat, tetapi percayalah, Tuhan tak akan meminta kita melakukan sesuatu diluar kemampuan kita. Tetaplah percaya, tetap berjuang, tetap semangat, tetap melakukan yang terbaik, maka semua yang baik yang telah Tuhan janjikan pasti akan tergenapi. Amin.

RENUNGAN

Janji Tuhan nyata bagi mereka yang selalu SIGAP MENGERJAKAN petunjuk-Nya tanpa berlama-lama.

APLIKASI

1. Pernahkah Anda menerima rhema atau petunjuk dari Tuhan untuk melakukan sesuatu?
2. Jika ada, sudahkah Anda melakukannya? Apa alasan Anda?
3. Apa komitmen Anda setelah mengetahui bahwa janji Tuhan nyata bagi mereka yang selalu sigap mengerjakan petunjuk-Nya tanpa berlama-lama?

DOA UNTUK HARI INI

“Tuhan Yesus, kami bersyukur karena memiliki Allah yang kuat, hebat, penuh kuasa dan besar kasih setia-Mu. Ampuni kami jika kami seringkali menunda bahkan menolak dan melanggar perintah-Mu. Mampukan kami agar selalu sigap dan taat meresponi kehendak-Mu, sehingga janji-Mu dapat Kau nyatakan dalam hidup kami. Terimakasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!