Sikap Hati Untuk Bertumbuh Dalam Anugerah

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

2 Raja-Raja 19-21
Yohanes 4:1-30

BACAAN HARI INI
Yakobus 4:1-10

RHEMA HARI INI
Yakobus 4:6 Tetapi kasih karunia, yang dianugerahkan-Nya kepada kita, lebih besar dari pada itu. Karena itu Ia katakan: “Allah menentang orang yang congkak, tetapi mengasihani orang yang rendah hati.”

Bakmi Legendaris sudah berdiri lebih dari setengah abad. Sebagai pewaris merek dagang tersebut, Pak Han menganggap bakminya sebagai yang terbaik di seluruh bumi nusantara. Buktinya, cabang-cabang restorannya di berbagai tempat tidak pernah sepi pengunjung sehari pun juga. Sementara itu, Pak Joni membuka kios bakminya sendiri di depan rumahnya. Meski pembelinya tidak terlalu ramai, ia bersyukur hasil penjualannya cukup untuk membiayai semua kebutuhan keluarganya.

Lalu tibalah satu waktu saat aplikasi antar makanan mulai bermunculan. Saat ditawari kerja sama oleh berbagai aplikasi tersebut, Pak Han langsung menolak dengan kasar karena merasa rugi membagi keuntungannya. Berbeda dengan Pak Joni. Ia malah mencari cara untuk dapat bergabung dengan perusahaan aplikasi-aplikasi tersebut. Saat diberikan saran untuk membuat merek dan menambah variasi menu dari yang klasik sampai kekinian ia langsung mengerjakannya. Dua tahun kemudian, usaha Pak Han mengalami penurunan drastis. Ia terpaksa menutup beberapa cabang, meminimalisasi pegawai, dan akibatnya pelayanan serta kualitas makanannya juga menurun. Lain halnya dengan Pak Joni. Bakminya kini sangat populer dan banyak yang berlomba-lomba ingin membeli hak waralaba darinya.

Ada alasannya mengapa firman Tuhan berkata Allah menentang orang congkak dan mengasihani orang yang rendah hati. Orang congkak menempatkan dirinya di atas segalanya. Ia merasa sebagai yang terbaik dan paling benar. Karena itu ia pun merasa tak butuh Tuhan maupun orang lain, sehingga tak segan menginjak orang lain. Namun orang rendah hati mungkin tahu bahwa ia bisa, tetapi ia menyadari ia tak mampu melakukan segalanya seorang diri. Itu sebabnya, perkenanan Tuhan dan manusia pun datang dalam hidupnya. Benar, tak peduli di mana pun posisi hidup kita saat ini, rendahkanlah hati kita di hadapan Tuhan, maka dalam anugerah-Nya yang terus bertumbuh dalam hidup kita, kita akan selalu naik dan tidak pernah turun. (MV.L)

RENUNGAN
KERENDAHAN HATI membawa hidup kita BERTUMBUH DALAM ANUGERAH.

APLIKASI
1. Sudahkah Anda merendahkan hati Anda selama ini? Mengapa demikian?
2. Mengapa Anda perlu rendah hati dalam hidup Anda?
3. Bagaimana Anda bisa tetap rendah hati di mana pun Tuhan memposisikan Anda saat ini?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa yang baik, bantulah kami untuk menjaga hati kami, agar kami bisa merendahkan hati kami, terutama ketika Engkau mengangkat hidup kami. Biarlah di mana pun kami saat ini, Engkau bisa terus memakai kami untuk kemuliaan-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin”