SIKAP KOOPERATIF MEMBUAT MASA PRUNING AKAN LEBIH CEPAT

RHEMA HARI INI

2 Korintus 3:5 Dengan diri kami sendiri kami tidak sanggup untuk memperhitungkan sesuatu seolah-olah pekerjaan kami sendiri; tidak, kesanggupan kami adalah pekerjaan Allah

Percayakah kita, bahwa segala sesuatu yang diijinkan Tuhan terjadi pasti merupakan sesuatu yang baik bagi kita? Adakalanya memang seolah tanpa alasan Tuhan mengijinkan sesuatu yang tidak mengenakkan terjadi dalam hidup kita. Tekanan yang datang bertubi-tubi, kehilangan, gesekan dengan teman, konflik keluarga dan lain sebagainya. Terlebih di saat krisis seperti sekarang ini, pekerjaan atau bisnis kita seperti berada di ujung tanduk, sementara kita sama sekali tidak melihat jalan keluar. Hal serupa terjadi pada Yusuf dan Ayub. Tuhan ijinkan mereka berada sampai titik yang terendah. Mereka mungkin tidak mengerti mengapa Tuhan ijinkan semua ini terjadi, tetapi mereka tetap saja kehilangan kenyamanan dan semua yang mereka miliki. Inilah yang disebut dengan masa pruning atau pemangkasan, yang harus dilalui oleh semua anak Tuhan yang ingin hidupnya diangkat lebih tinggi lagi dan berbuah semakin lebat.

Satu hal yang sama-sama mereka miliki, yaitu mereka memiliki hati yang TETAP PERCAYA KEPADA TUHAN. Berbeda dengan bangsa Israel yang marah dan bersungut-sungut. Sungut-sungut mereka tidak mempercepat perjalanan mereka, malah Tuhan ijinkan mereka lebih lama ada di padang gurun dengan tujuan melembutkan hati mereka. Sama seperti seseorang yang sedang memurnikan emas dalam tungku perapian. Selama emas itu tidak berusaha keluar dari tungku itu ataupun sengaja mengeraskan dirinya, tentu saja akan jauh lebih mudah kotoran-kotoran dari dalam diri emas itu akan keluar. Dan setelah dirasa cukup murni, maka emas itu akan keluar dengan nilai yang lebih tinggi dari sebelumnya.

Mari kita juga belajar menjadi seperti mereka. Tuhan adalah Allah yang sangat mengasihi kita. Tidak mungkin Dia ijinkan hal yang buruk terjadi tanpa ada tujuan baik disana. Bagian kita adalah taat dan tetap menjaga iman percaya kita. Tetaplah bersyukur, tetap memuji Tuhan, tetap layani Tuhan, tetap setia dan tetap berharap kepada Tuhan. Saat kita kooperatif dengan Tuhan, maka masa pruning akan terlewati dengan lebih cepat. Percayalah, jika saatnya tiba, kita akan sangat bersukacita karena kita melihat hidup kita semakin diangkat dan berbuah semakin lebat bagi kemuliaan nama Tuhan. Haleluya!

RENUNGAN

Saat kita KOOPERATIF dengan TUHAN, masa pruning akan TERLEWATI DENGAN LEBIH CEPAT.

APLIKASI

1. Setelah Anda membaca renungan malam hari ini, adakah Anda merasa Tuhan sedang memangkas hal-hal tertentu dalam hidup Anda?
2. Selama ini bagaimana sikap Anda dalam menghadapi proses pruning dari Tuhan?
3. Jika Anda lulus dalam proses ini menurut cara Tuhan, hal apa yang akan Anda dapatkan? Mari tuliskan komitmen Anda untuk tetap percaya kepada-Nya.

DOA UNTUK HARI INI

“Roh Kudus, terimakasih atas segala yang Kau ijinkan terjadi dalam hidup kami. Seringkali kami memang tidak bisa memahami, tetapi kami tetap percaya bahwa Engkau memegang kendali dan ada bersama kami, sampai kami bisa memenangkan proses ini. Didalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!