Sikap Melayani

BACAAN HARI INI
1 Petrus 4:7-11

RHEMA HARI INI
1 Petrus 4:10 “Layanilah seorang akan yang lain, sesuai dengan karunia yang telah diperoleh tiap-tiap orang sebagai pengurus yang baik dari kasih karunia Allah.”

“Apakah kau siap, Jeannie?”

Aku merasa dengan kuat bahwa Tuhan akan memberiku sebuah tugas istimewa di perjalanan kali ini. “Tuhan, tolonglah aku agar tetap terjaga,” bisikku dalam doaku.

Aku memilih tidak meminum pil anti mabuk yang biasa kuminum sebelum perjalanan. Aku memaksa diriku tetap terjaga sambil meminta Tuhan menjagaku agar tidak mabuk di tengah perjalanan. Tiba-tiba seorang wanita tua dengan wajah yang lesu meletakkan tasnya tepat di sampingku dan selama beberapa waktu kami mulai berkenalan dan berbincang.

“Kenapa kamu tetap terlihat semangat dan ceria padahal katamu tadi kamu biasanya mabuk di tengah perjalanan, Jeannie?” tanya wanita tua itu dengan penasaran. “Haha..mungkin karena Yesus, Bu,” ujarku dengan riang. Selama tiga jam berikutnya, aku terlibat percakapan yang menyenangkan dengan wanita tua tersebut. Kami saling berbagi cerita hidup, aku dengan kesaksian hidupku, wanita tua itu dengan pergumulan hidupnya. Dapat kulihat perubahan di raut wajah wanita itu sebelum dan sesudah perjalanan. “Terima kasih, Tuhan,” bisikku lembut.
Action speaks louder than words. Ada orang-orang tertentu yang memiliki bahasa kasih jenis ini, mereka membutuhkan tindakan kasih yang nyata, tidak hanya sekadar perkataan. Sikap melayani dengan tulus inilah yang menjadi salah satu kunci membangun hubungan yang sukses dan bahagia. Memang ada hal yang harus Anda korbankan seperti waktu, tenaga, terlebih ego Anda. Namun demikian, belajarlah dari pribadi Yesus, seorang pribadi yang selalu memberikan tindakan melayani penuh kasih yang nyata untuk Anda dan saya. Tuhan Yesus memberkati.

RENUNGAN
Dimanapun Anda berada, milikilah SIKAP YANG MELAYANI, sikap yang akan MEMBANGUN HUBUNGAN yang sukses dan bahagia.

APLIKASI
1. Apakah selama ini Anda sudah memiliki sikap melayani terhadap orang-orang di sekitar Anda ?

2. Apa dampak yang Anda rasakan saat Anda melakukan tindakan melayani dengan penuh kasih tersebut ?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa, kami bersyukur memiliki Allah yang selalu memberi teladan kasih yang melayani kepada kami. Kami mau belajar untuk selalu memiliki sikap yang melayani, Tuhan, agar hubungan yang bahagia terus tercipta di sekitar kami.
Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN
1 Raja-Raja 12-13
1 Korintus 9