Sikap Yang Menghantarkan Kita Pada Favor Tuhan

Renungan Keluarga Allah
Kamis, 05 Januari 2017

BACAAN HARI INI

2 Korintus 9:6-11

RHEMA HARI INI

2 Korintus 9:6 Camkanlah ini: Orang yang menabur sedikit, akan menuai sedikit juga, dan orang yang menabur banyak, akan menuai banyak juga.

Tuhan memperhatikan bagaimana kita menyikapi hidup ini. Itulah yang selalu diulang-ulang oleh seorang pemuda setiap paginya sebelum ia mulai bekerja di pabrik susu. Karena tidak lulus SMA, pemuda ini hanya mendapatkan pekerjaan sebagai pembersih sisa susu yang dikemas. Meski tampaknya remeh, ia selalu bersungguh-sungguh. Suatu hari, ia mendapatkan kabar bahwa ayahnya yang sedang sakit-sakitan di rumah terjatuh dari tangga dan mengalami patah tulang. Ia pun kebingungan karena tidak memiliki uang untuk biaya operasi. Namun, seorang petinggi di tempatnya bekerja, yang diam-diam mengawasi pekerjaan setiap karyawannya, mendengarkan kabar tentang kesulitannya. Akhirnya, perusahaan menurunkan sejumlah dana untuknya. Dua tahun kemudian, ia mendatangi petinggi itu dan berniat untuk mengembalikan pinjamannya. Petinggi itu terharu melihat sikap pemuda tersebut, lalu ia mengatakan bahwa pemuda itu tidak perlu mengembalikannya. Bukan hanya itu, pemuda itu juga diberikan kesempatan untuk menjadi operator mesin pengemas susu. Saat diadakan evaluasi kerja, ternyata hasil kerja pemuda ini sangat baik, bahkan jumlah kantong susu yang dikemasnya dua kali lipat banyaknya dari rata-rata. Setahun setelahnya, walaupun banyak operator yang jauh lebih senior, ia dipilih menjadi supervisor.

Apa pun kondisi hidup dan permasalahan yang Anda alami, teruslah bersikap positif. Percayalah bahwa Tuhan adalah Tuhan yang adil. Tidak akan selamanya Dia membiarkan Anda dalam kesusahan. Jika saat ini Dia mengizinkan sesuatu terjadi atau tidak terjadi dalam hidup Anda, itu semua ada tujuannya. Ketahuilah, Tuhan berjanji bahwa jika ada musim menabur, maka musim menuai pasti akan tiba. Tetap berikan yang terbaik dari diri Anda untuk setiap hal yang dipercayakan kepada Anda. Dengan melakukan bagian Anda yang terbaik, itu juga berarti bahwa Anda sedang menabur. Bila saatnya tiba, Tuhan pun akan melakukan bagian-Nya. Semakin banyak Anda menabur, maka semakin banyak pula Anda akan menuai favor-Nya.

RENUNGAN

Sikap yang selalu MELAKUKAN YANG TERBAIK akan menghantarkan kita pada FAVOR TUHAN

APLIKASI

  1. Bagaimana Anda menyikapi hidup dan permasalahan Anda selama ini? Sudahkah Anda melakukan yang terbaik dalam setiap hal?
  2. Menurut Anda, mengapa Tuhan menginginkan Anda untuk selalu melakukan yang terbaik dalam segala hal?
  3. Komitmen apa yang dapat Anda buat di hadapan Tuhan untuk terus berjuang melakukan yang terbaik atas setiap hal yang Tuhan percayakan kepada Anda?

DOA UNTUK HARI INI

“Tuhan yang terkasih, ampuni kami apabila selama ini kami masih sering mengeluh dalam hidup kami. Perbaharui hati kami, ya, Bapa, agar kami dapat memiliki sikap hati yang benar di hadapan-Mu. Agar kami dapat selalu melakukan yang terbaik dalam segala sesuatunya. Biarlah semua itu menghantarkan kami kepada favor-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Kidung