Singkirkan Gengsi Demi Pemulihan

Renungan Keluarga Allah
Minggu, 31 Juli 2016

BACAAN HARI INI
Yakobus 5:12-20

RHEMA HARI INI
Yakobus 5:16 Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh. Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya.

Tubuh kita mempunyai berbagai macam sistem dan anggota tubuh. Sistem dalam tubuh kita antara lain sistem rangka, sistem saraf, sistem pernafasan, sistem sirkulasi, dsb. Anggota tubuh kita antara lain mata, tangan, kaki, perut dan organ-organ di dalamnya, dsb. Darah, sebagai bagian dari sistem sirkulasi dalam tubuh kita, tidak ayal lagi memegang peranan penting. Darah berfungsi untuk mengantar oksigen dan makanan ke sel-sel tubuh kita dan mengangkat limbah dari sel-sel tersebut. Tanpa darah, tubuh kita pasti mati karena nyawa (hidup) suatu makhluk ada di dalam darahnya (Imamat 17:11). Jika kita terus menerus makan makanan yang mengandung lemak jenuh, seperti gorengan, jeroan, dsb.dalam kadar yang tidak seimbang maka kolesterol jahat akan melekat pada dinding sel-sel dan pembuluh darah. Akibatnya darah tidak lagi bebas mengantar oksigen dan makanan karena terhambat, bahkan tersumbat oleh kolesterol jahat. Pada kasus yang parah, organ tubuh bisa mati karena tidak mendapat pasokan oksigen dan makanan melalui darah. Ketika kolesterol jahat disingkirkan, darah bisa mengalir bebas, dan anggota tubuh yang sakit akan berangsur-angsur pulih.

Tubuh melambangkan gereja. Anggota tubuh melambangkan kita sebagai anggota-anggota gereja. Darah melambangkan darah Kristus. Darah Kristus memberikan kehidupan bagi kita. Darah Kristus menyediakan kasih karunia dan pengampunan bagi kita. Tanpa darah Kristus, kita mati. Segala sesuatu yang kita lihat dan kita dengar “dari dunia ini” adalah seperti makanan yang mengandung lemak jenuh. Rasa gengsi yang kita miliki adalah seperti kolesterol jahat. Gengsi inilah yang menghalangi mengalirnya kasih karunia dan pengampunan Kristus dalam hidup kita. Gengsi inilah yang menghalangi pemulihan hubungan kita dengan orang lain.

Rasa gengsi adalah lawan dari rendah hati. Tuhan Yesus, yang tahtaNya ada di Sorga, tidak gengsi untuk turun ke dunia demi memulihkan hubungan kita dengan Allah. Marilah kita mengikuti contoh yang diberikan oleh Tuhan dan Juru Selamat kita. Singkirkan rasa gengsi kita, akui kesalahan kita dan minta maaf supaya kasih karunia dan pengampunan Kristus mengalir bebas kepada keluarga kita, teman kita, dan semua orang di sekeliling kita. Pemulihan hubungan dan pemulihan keluarga pasti terjadi ketika ada kasih Kristus di dalamnya.

RENUNGAN
Pemulihan keluarga akan terjadi ketika kita TIDAK GENGSI mengakui kesalahan dan meminta maaf.

APLIKASI
1. Apakah ada hubungan Anda dengan orang lain yang perlu dipulihkan? Mengapa?
2. Sudahkah Anda menyingkirkan rasa gengsi Anda dan minta maaf padanya? Bagaimana hasilnya ketika akhirnya Anda minta maaf padanya? Bagikan!

DOA UNTUK HARI INI
Bapa yang baik, syukur kami panjatkan ke Hadirat-Mu karena kasih karunia dan pengampunan-Mu yang besar untuk kami semua melalui Yesus Kristus. Bapa, mohon mampukan kami untuk menyingkirkan rasa gengsi kami. Mampukan kami untuk mengakui kesalahan dan meminta maaf. Ajari kami untuk hidup seturut kehendak-Mu. Di Dalam Nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN
1 Yohanes