SINYAL DARI ROH KUDUS

BACAAN HARI INI

Yoel 2:12-17

RHEMA HARI INI

Yoel 2:13 Koyakkanlah hatimu dan jangan pakaianmu, berbaliklah kepada TUHAN, Allahmu, sebab Ia pengasih dan penyayang, panjang sabar dan berlimpah kasih setia, dan Ia menyesal karena hukuman-Nya.

“Maaa….Riska sudah sering bilang kan kalau Riska nggak suka di telpon terus waktu Riska lagi sama temen-temen, malu ma. Riska sudah besar, jangan terlalu banyak mengatur hidup Riska”, ungkap Riska dengan nada jengkel kepada mamanya malam hari itu. Mama Riska hanya diam dan tersenyum, kemudian meninggalkan Riska sendirian di kamarnya. Dengan kesal, Riska membanting pintu kamarnya dengan keras dan memutuskan untuk tidur. Keesokan harinya, ketika bangun tidur, Riska mendengar puji-pujian dari kamar mamanya. Ternyata mamanya sedang memutar radio elshaday. Sayup-sayup Riska mendengar mamanya pun memuji Tuhan mengikuti alunan musik di radio.

Tiba-tiba saja Riska merasakan dalam hatinya rasa bersalah yang begitu mendalam karena semalam ia sudah membentak mamanya. Ada perasaan sedih dan menyesal karena tidak berpikir panjang terlebih dahulu sebelum bertindak. Pagi itu Riska menyadari bahwa mamanya begitu mengasihinya dan mengkhawatirkannya, sehingga mamanya terus menghubungi Riska ketika Riska belum pulang ke rumah hingga larut malam. Seketika Riska pun bergegas keluar dari kamarnya menuju kamar mamanya, memeluknya dan meminta maaf kepada mamanya atas sikapnya semalam. Mama Riska tersenyum dan memeluk putrinya sembari berkata “Tidak apa-apa Riska”.

Terkadang, kebanyakan dari kita tidak sadar ketika melakukan sebuah kesalahan atau berbuat dosa. Mungkin kita pernah menyakiti perasaan orang lain, mengecewakan orang lain atau mendukakan hati Tuhan tanpa sengaja. Rasa bersalah bisa saja timbul sesudahnya, tapi seringkali kita abaikan karena merasa kita dipihak yang benar. Namun, semakin kita abaikan, perasaan bersalah tersebut akan semakin besar dan memberi kita perasaan tertekan. Oleh karena itu, kita perlu menyadari bahwa perasaan bersalah dan menyesal bisa saja merupakan sinyal dari roh kudus, agar kita boleh mengalami pertobatan dan perubahan.

RENUNGAN

Perasaan bersalah bisa saja sebuah SINYAL DARI ROH KUDUS agar kita bisa BERTOBAT dan BERUBAH.

APLIKASI

1. Pernahkah Anda merasa bersalah dan menyesal setelah melakukan sesuatu kepada orang lain?
2. Mengapa Anda perlu menyadari bahwa perasaan bersalah yang kita rasakan adalah sinyal dari Roh Kudus?
3. Bagaimana Anda akan meresponi sinyal dari Roh Kudus itu?

DOA UNTUK HARI INI

“Tuhan Yesus, terima kasih untuk segala kebaikan dan kemurahan-Mu bagi kami, kami percaya Engkau selalu ada bagi kami. Kami mengucap syukur atas Roh Kudus yang Kau berikan bagi kami, sehingga hidup kami senantiasa di jalan yang benar dan seturut kehendak-Mu. Terima kasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami sudah berdoa dan mengucap syukur. Amin”

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!